Brilio.net - Di sekolah, para siswa nggak cuma sepaneng belajar. Mereka juga bermain bersama teman-teman sekelasnya. Biasanya mereka akan bermain di halaman sekolah, ataupun lapangan olahraga. Namun jika waktunya sempit, biasanya para siswa akan memanfaatkan waktu bermain di dalam kelas.

Seringkali, para siswa ini menciptakan wahana permainan dari hasil kreatifitasnya. Kerennya, mereka hanya memanfaatkan benda yang ada di sekitar kelas, namun bisa disulap menjadi permainan yang mengasyikkan.

Salah satunya ada pada Unggahan video Instagram berikut ini. Dilansir brilio.net dari akun Instagram @unconditionaldesign, Selasa (4/6), unggahan video tersebut memperlihatkan para siswa yang membuat permainan bola biliar di dalam kelas.

Lifehack nyeleneh bikin biliar low budget Instagram

foto: Instagram/@unconditionaldesign

Dengan memanfaatkan barang seadanya, mereka terlihat asyik dengan permainannya ini. Tampak dalam video, permainan biliar ini menggunakan meja sebagai 'arena' permainan.

Meja berbentuk persegi tersebut didesain semirip mungkin dengan meja biliar sebenarnya. Pada setiap sisinya, dipasang pembatang kertas buku yang digulung membentuk tabung panjang. Dengan lakban, setiap tepi meja ini ditutup ditempel oleh kertas tersebut kecuali 6 bagian yang akan digunakan sebagai lubang bola.

Lifehack nyeleneh bikin biliar low budget Instagram

foto: Instagram/@unconditionaldesign

Setiap lubang bola, dipasang potongan botol plastik. Potongan botol itu berguna untuk menampung bola yang masuk lubang agar tidak jatuh ke lantai.

Adapun untuk bola biliar, para siswa ini menggunakan tutup botol bekas. Mereka mengumpulkan tutup botol plastik dengan berbagai warna, serta menuliskan nomor di atas tutup botol tersebut.

Lifehack nyeleneh bikin biliar low budget Instagram

foto: Instagram/@unconditionaldesign

Selanjutnya untuk stik biliar, mereka menggunakan gagang sapu. Bak pemain profesional, dalam video diperlihatkan seorang siswa menyodok bola dengan begitu serius.

"Bahan: Meja Guru, kertas, tutup Botol, gagang sapu, botol plastik air mineral, gaya jiwa main billiard," tulis caption unggahan video tersebut menerangkan barang-barang untuk lifehack nyeleneh tersebut.

Lifehack nyeleneh bikin biliar low budget Instagram

foto: Instagram/@unconditionaldesign

Tak lupa, diperlihatkan pula adegan mengasah ujung stik dengan benda yang dianggap billiard chalk agar stik semakin kesat dan tepat ketika digunakan untuk menembak bola.

Video ini pun ramai disorot warganet, beberapa bahkan menyebut kalau ide membuat permainan yang seru ini sama sekali tidak terpikirkan saat masih sekolah dulu.

"Asyik banget, kok kita nggak kepikiran ya dulu guys, @hamalrdiarma @andhikade @tri.nugraha.r," tulis pemilik akun @elogelust sambil menyematkan akun kawan-kawannya.

"Indonesia sebenarnya nggak kekurangan orang-orang kreatif. Beneran deh," kata akun @finestock_.

"Kreatif bener ya adek-adek ini," kata akun @rdho.sdhrma.

"Ini kalau ketahuan guru, mereka pada ikut main nggak ya?" kata akun @___mennn.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by UnconditionalDesign (@unconditionaldesign)