Brilio.net - Di antara model pengemasan, model vakum banyak dipilih karena relatif aman dan bikin makanan awet. Pengemasan vakum pada prinsipnya mengeluarkan semua udara dari dalam kemasan, kemudian ditutup rapat sampai tercipta kondisi tanpa oksigen di dalam kemasan tersebut.

Hal ini bisa mencegah pembusukan lebih dini akibat udara di dalam kemasan. Selain itu produk tidak akan tumpah karena ditutup rapat. Biasanya pengemasan model seperti ini dipakai untuk makanan yang mudah basi.

Alat vakum sendiri bisa dibeli di berbagai toko peralatan baik yang daring ataupun luring. Harganya cukup variatif mulai dari kisaran Rp200 ribuan, hingga Rp1 jutaan. Namun, kamu nggak perlu khawatir jika belum mampu membelinya. Ada cara lain memvakum makanan tanpa perlu beli alatnya.

Dilansir brilio.net dari akun Instagram @unconditionaldesign, Selasa (4/6), unggahan video ini memperlihatkan proses memvakum kemasan makanan bukan dengan alat vakum, melainkan benda yang tak diduga.

lifehack nyeleneh pengemasan vakum makanan Instagram

lifehack nyeleneh pengemasan vakum makanan
Instagram/@unconditionaldesign

Proses vakum makanan ini justru menggunakan pompa air galon elektrik. Alat yang biasanya dipakai untuk menyedot air dalam galon, justru dimanfaatkan untuk menyedot udara dari dalam kemasan makanan.

Dalam video ini diperlihatkan seseorang sedang membungkus dimsum dengan plastik bening. Sebelum bungkus, terlihat orang tersebut memasukkan selang pompa galon ke dalam plastik dimsum, lalu menyalakannya (menekan tombol on).

lifehack nyeleneh pengemasan vakum makanan Instagram

lifehack nyeleneh pengemasan vakum makanan
Instagram/@unconditionaldesign

Dengan menekan tombol on pada pompa galon elektrik, udara di dalam tersedot dan plastik dimsum ini pun semakin mengkerut, tanda kalau tidak ada oksigen lagi di dalamnya. Cara tersebut terlihat efektif, mengingat daya sedot dari alat pompa galon ini cukup maksimal.

"Fungsi tambahan selain untuk dispenser air minum, alat pompa galon elektrik yang digunakan atau dialih fungsikan sebagai penyedot udara, untuk kebutuhan membungkus makanan," tulis caption unggahan tersebut.

lifehack nyeleneh pengemasan vakum makanan Instagram

lifehack nyeleneh pengemasan vakum makanan
Instagram/@unconditionaldesign

Video ini pun diramaikan oleh berbagai respon warganet di kolom komentar. Beberapa menyebut kalau cara ini cukup keren meskipun cenderung nyeleneh. Banyak juga yang nggak pernah menyadari fungsi lain dari alat tersebut.

"Anj*r baru kepikiran bisa begini. Nyeleneh tapi keren," tulis akun @yusupbach.

"Baru ngeh, cobain ah," timpal akun @damaskecil.

"Ide cerdas!" kata akun @amandayonica.

"Definisi win win solution," kata akun @jafaaragil.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by UnconditionalDesign (@unconditionaldesign)