Brilio.net - Kurang dari 24 jam, drawing babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia bakal digelar. Dilansir laman AFC, drawing babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan digelar pada Kamis (27/6) jam 14.00 WIB. Adapun lokasi yang menjadi tempat diselenggarakannya prosesi drawing tersebut yakni di Kuala Lumpur, Malaysia.

Timnas Indonesia dipastikan menjadi salah satu negara yang berpartisipasi dalam agenda drawing babak ketiga edisi kali ini. Kepastian tersebut didapat usai membekuk Filipina dengan skor 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Selasa (11/6).

Skuad besutan Shin Tae-yong itu berhasil finis di peringkat kedua klasemen Grup F, tepat di bawah Irak. Hasil tersebut membawa Indonesia menjadi salah satu tim yang bertahan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus lolos ke Piala Asia 2027.

AFC akan drawing ronde ketiga  © Instagram

foto: Instagram/@idextratime

Lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 otomatis membuat Timnas Indonesia harus bersiap menghadapi lawan yang lebih kuat. Dengan peringkat FIFA Indonesia yang merupakan paling rendah kedua dari 18 tim yang lolos, Timnas Indonesia bakal ditempatkan di pot 6 bersama Korea Utara dan Kuwait.

Itu berarti, Timnas Indonesia bakal menghadapi tim mapan Asia seperti Jepang, Iran atau Korea Selatan hingga Australia, Arab Saudi dan Qatar. Tim tersebut merupakan tim-tim langganan Piala Dunia, dan tim-tim yang merupakan penghuni peringkat atas raking FIFA.

Hasil drawing nanti akan menentukan tiga grup yang yang akan diisi masing-masing enam tim. Format pertandingan kurang lebih sama ketika putaran kedua lalu.

Hanya kali ini setiap tim akan bertanding sebanyak 10 kali, terdiri dari lima partai kandang dan lima partai tandang. Satu kemenangan bernilai tiga poin dan imbang 1 poin. Tim dengan perolehan tertinggi atau menempati juara grup dan runner up berhak langsung lolos ke Piala Dunia 2026 yang akan berlangsung di USA dan Canada.

Kendati demikian, skuad Garuda tak perlu khawatir karena telah mendapat amunisi tambahan yang bermain di posisi sayap. Adalah Calvin Verdonk yang menjalani debutnya bersama timnas Indonesia dalam laga melawan Filipina kemarin.