Brilio.net - Timnas Indonesia harus mengakui kekalahannya dari China pada pertandingan keempat kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde 3, Selasa malam (15/10). Bertandang di Stadion Qingdao, China, pasukan Garuda takluk 1-2 dari The Dragons.

Di babak pertama, Indonesia kecolongan dua gol lebih dulu di babak pertama lewat pencetak gol Behram Abduwali menit ke-21 dan Zhang Yuning di menit ke-44. Skor 0-2 pun bertahan sampai turun minum.

Masuk ke babak kedua, pasukan Garuda mengubah taktik, sayangnya mereka hanya mampu mencetak satu gol lewat bola muntah yang dimanfaatkan Thom Haye pada menit ke-86.

Usai pertandingan, pelatih Shin Tae-yong (STY) memberikan keterangannya di hadapan awak media. Pelatih asal Korea Selatan ini membeberkan penyebab skuad asuhannya bisa keok. Menurutnya, di babak pertama Jay Idzes dkk kehilangan konsentrasi. Hal ini lah yang dimanfaatkan pasukan China untuk mencuri gol.

“Dalam pertandingan ini China mencetak dua gol. Timnas Indonesia mengalami beberapa penurunan konsentrasi," ujar STY dalam konferensi pers usai laga.

Shin Tae-yong beberkan alasan Timnas bisa kalah Berbagai sumber

Shin Tae-yong beberkan alasan Timnas bisa kalah
Instagram/@shintaeyong7777

Selain itu, STY juga mengungkapkan alasan Timnas Indonesia bisa kebobolan gol kedua. Kata pria 54 tahun itu, anak asuhnya banyak melakukan kesalahan dalam penguasaan dan kontrol bola.

"Dan gol kedua terjadi karena Indonesia membuat beberapa kesalahan dalam penguasaan bola, kehilangan kendali," jelas STY.

Meski begitu, STY tetap mengapresiasi kinerja Timnas. Menurutnya anak-anak Garuda sudah memberikan penampilan yang terbaik meski hasilnya kurang mengenakkan.

“Walaupun kalah, Timnas Indonesia telah menunjukkan penampilan terbaiknya,” kata Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers seusai pertandingan.

Kata STY, anak asuhnya sudah sekuat tenaga berusaha memenangkan pertandingan. Namun China nampak lebih termotivasi sebab tampil di hadapan pendukungnya sendiri. STY pun memberi selamat pada Timnas China.

“Selamat kepada Tiongkok yang telah memenangkan pertandingan ini. Baik Tiongkok maupun Indonesia sebetulnya sama-sama menunjukkan keinginan untuk menang. Akan tetapi, keinginan Tiongkok jauh lebih besar,” tambah pelatih berusia 54 tahun tersebut.

Shin Tae-yong beberkan alasan Timnas bisa kalah Berbagai sumber

Shin Tae-yong beberkan alasan Timnas bisa kalah
Instagram/@erickthohir

Meski begitu, Shin berharap timnya tak larut dalam kekalahan malam itu. Menurut STY kekalahan ini bukan akhir dari segalanya. Dia pun berusaha membawa Garuda bangkit di pertandingan-pertandingan selanjutnya yang akan digelar pada November 2024 mendatang.

"Tapi ini bukan akhir dari segalanya. Timnas Indonesia bakal mempersiapkan diri lebih baik untuk pertandingan berikutnya dengan kondisi yang jauh lebih baik,” ucapnya.

Timnas sendiri akan kembali melakoni pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 pada November mendatang. Indonesia akan menjamu Jepang dan Arab Saudi di Stadion Utama Gelora Bung Karno.