Brilio.net - Masyarakat Indonesia masih berbunga-bunga dengan perolehan medali di ajang Olimpiade Paris 2024. Pasalnya, tidak sampai 24 jam, dua atlet Indonesia sukses mempersembahkan medali emas di cabang olahraga yang berbeda. Masing-masing medali tersebut didapatkan oleh Veddriq Leonardo di cabang olahraga panjat tebing nomor speed dan Rizki Juniansyah yang juga turut menyumbang medali emas di kelas 73 kg angkat besi.

Tidak cuma masyarakat, kabar ini juga turut menarik perhatian sejumlah politisi dan pejabat Tanah Air, termasuk Presiden Joko Widodo. Merasa bangga dengan prestasi para atlet ini, Jokowi pun menghubungi keduanya lewat video call.

Selama video call berlangsung, Jokowi tampak tidak bisa menyembunyikan rasa bahagia dan bangganya terhadap Veddriq dan Rizki. Tampak Jokowi tersenyum dan tertawa bahagia sejak awal menyapa dua atlet yang masih berada di Paris itu. Momen ini pun diunggah lewat akun Instagram resmi Presiden Jokowi.

Jokowi video call Veddriq dan Rizki © Instagram

Jokowi video call Veddriq dan Rizki
Instagram/@jokowi

Pada kesempatan video call tersebut, Jokowi menyampaikan ucapan selamat atas prestasi keduanya. Tak cuma dirinya, Jokowi mengaku perolehan medali tersebut turut membuat seluruh rakyat Indonesia bangga.

"Selamat atas perayaan emas untuk cabang panjat tebing dan juga angkat besi. Saya bangga, saya senang, seluruh rakyat juga bangga dan mengapresiasi capaian emas Veddriq dan Rizki," ucap Jokowi dilansir brilio.net pada Kamis (10/8).

Jokowi video call Veddriq dan Rizki © Instagram

Jokowi video call Veddriq dan Rizki
Instagram/@jokowi

Selain itu, kabar bahagia ini juga bertepatan dengan kemerdekaan Republik Indonesia. Lagu indonesia raya dua kali berkumandang di ajang olahraga internasional tersebut. Karena itu, Jokowi mengatakan bahwa momen ini menjadi kado Istimewa bagi perayaan Kemerdekaan Indonesia yang ke-79.

"Dan ini menjadi kado istimewa bagi Perayaan Kemerdekaan Indonesia yang ke-79. Sekali lagi, terima kasih," lanjut Jokowi.

Selain itu, Jokowi tentu tidak melupakan jasa dan peran besar pelatih dalam capaian dua atlet tersebut. Karena itu, dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pelatih ofisial dan juga kru yang bertugas mendampingi. Ucapan ini lantas dibalas dengan Veddriq dan juga Rizki dengan kembali mengucapkan terima kasih.

Jokowi video call Veddriq dan Rizki © Instagram

Jokowi video call Veddriq dan Rizki
Instagram/@jokowi

Jokowi meminta agar keduanya pulang secara bersamaan. Mereka akan ditunggu setibanya di Tanah Air. Jokowi sendiri yang akan menyambut mereka

"Rizky, Veddriq barengan pulang, ya. Ya sudah, saya tunggu kepulangannya di Tanah Air.  Nanti sampai ketemu," kata Jokowi.

Selain Veddriq dan Rizki, Indonesia masih berpotensi meraih medali di Olimpiade Paris 2024. Masih ada satu atlet yang belum bertanding. Yaitu Nurul Akmal, atlet angkat besi yang akan turun di kelas 81 kg. Dia dijadwalkan akan bertanding pada Minggu sore tanggal 11 Agustus.

Jokowi video call Veddriq dan Rizki © Instagram

Jokowi video call Veddriq dan Rizki
Instagram/@jokowi

Selain itu ada juga Gregoria Mariska Tunjung yang lebih dulu meraih medali perunggu. Momen video call ini lantas menjadi viral dan mengundang komentar netizen. Banyak yang menganggap Jokowi masih membeda-bedakan atlet karena Gregoria tidak mendapat kesempatan untuk video call

"Kasian Jorji, ga dipost, ga dicall, padahal sm2 dapat medali," kata akun @adhisappareng

"Jangan lupakan perjuangan yang dapat perunggu," tulis akun @fayoga21.

"Lha Paaaakkkkk, Grego divideo call juga donggggggggggggggg. Medali Perunggu tetep medali, dptnya juga sama susahnya sama berjuangnya," ujar akun @bungadesiarti.

"Semakin kesini semakin sedih keingat keping perunggu pertama kak Grego," komentar akun @alieenlien.