Brilio.net - Veddriq Leonardo, seorang atlet panjat tebing Indonesia, telah mencapai puncak prestasinya di Olimpiade Paris 2024. Dengan kemampuan dan dedikasinya, Veddriq berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan menyumbangkan medali emas di cabang olahraga panjat tebing.

Di perempat final, Veddriq tampil mengesankan dengan mencatatkan waktu 4,88 detik, unggul dari wakil Prancis, Bassa Mawem, yang hanya mencatatkan waktu 5,26 detik.

Dengan catatan waktu ini, Veddriq berhasil maju ke semifinal untuk menghadapi wakil Iran, Reza Ali Pour. Pada babak ini, Veddriq kembali berhasil mengungguli lawannya dengan catatan waktu 4,78 detik.

Hasil ini mengantarkan Veddriq ke final untuk menantang wakil China, Wu Peng. Di final, Veddriq mengukir waktu 4,79 detik dan berhasil meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024.

Perjalanan menuju emas

Veddriq Leonardo dikenal sebagai salah satu atlet panjat tebing terbaik di dunia. Dia lahir di Pontianak, Kalimantan Barat, pada 11 Maret 1997. Veddriq memulai kariernya di dunia panjat tebing pada 2014, saat dia mengikuti kejuaraan nasional pertamanya di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. Pada 2016, dia meraih medali perunggu di kejuaraan nasional junior di Bangka Belitung.