Brilio.net - Pebulutangkis tunggal putra China Zhang Zhi Jie dikabarkan meninggal dunia setelah pingsan di lapangan saat pertandingan BNI Badminton Asia Junior Championship 2024 di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Minggu (30/6). Saat itu, Zhang Zhi Jie sedang menjalani laga melawan Jepang, berhadapan dengan Kazuma Kawamono pada penyisihan Grup D.

Kabar duka meninggalnya Zhang Zhi Jie disampaikan melalui rilis resmi PBSI. Dalam keterangannya, PBSI menjelaskan Zhang pingsan saat bertanding di lapangan pada Minggu (30/6) malam. Ia kemudian dilarikan dari lapangan, sempat dirawat oleh dokter turnamen dan tim medis.

pebulutangkis china zhang zhi jie meninggal dunia © 2024 brilio.net

foto: TikTok/@kita.badminton

Atlet muda berusia 17 tahun tersebut dibawa dengan ambulans dalam waktu dua menit untuk dilarikan ke rumah sakit. Namun, ia mengembuskan napas terakhirnya pukul 23.30 WIB pada Minggu (30/6).

"Zhang Zhi Jie dari Tiongkok, pemain tunggal, pingsan di lapangan saat pertandingan malam hari lalu dilarikan ke rumah sakit dan meninggal dunia pada pukul 23.20 waktu setempat kemarin," demikian tulis pernyataan bersama Badminton Asia dan PBSI, dikutip brilio.net dari akun X @Badminton_Asia pada Senin (1/7).

pebulutangkis china zhang zhi jie meninggal dunia © 2024 brilio.net

foto: X/@Badminton_Asia

Dalam pernyataan bersama, Badminton Asia dan PBSI mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya wakil China di BNI Badminton Asia Junior Championship 2024.

"Badminton Asia, PBSI dan Panitia Penyelenggara turut berduka cita dan menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada orang tua Zhang, keluarga dan Asosiasi Bulutangkis China (CBA). Dunia bulutangkis kehilangan pemain berbakat," tulis pernyataan Badminton Asia dan PBSI.