Brilio.net - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong belum lama ini menjalani operasi pleuritis, yang dilakukan di rumah sakit Korea Selatan pada 17 Juni 2024. Sebelumnya, Shin Tae-yong harus meninggalkan Indonesia pada 14 Juni 2024 untuk menjalani operasi penyakit peradangan selaput paru.

Pria berusia 53 tahun ini harus menjalani perawatan di rumah sakit selama dua hari sebelum operasi dilakukan. Meski harus memakan waktu lama yakni sekitar 6 jam, untungnya operasi tersebut berjalan lancar.

Pada Senin (15/7), ia membagikan kondisi barunya setelah menjalani operasi beberapa waktu lalu. Mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu terlihat lebih kurus dengan pakaian rumah sakit.

shin tae-yong operasi pleuritis © 2024 berbagai sumber

foto: Instagram/@shintaeyong7777

"Sudah lama sekali saya tidak menyapa. Saya masuk rumah sakit pada tanggal 15 Juni dan dioperasi pada tanggal 17 Juni selama 6 jam," tulisnya dalam akun Instagram @shintaeyong7777, dikutip brilio.net pada Selasa (16/7).

Dalam unggahan tersebut, ia memperlihatkan bekas jahitan operasi di bawah ketiak. Dua selang berukuran besar terpasang pada tubuhnya, dan dibalut dengan perban putih.

Kini, Shin Tae-yong telah pulih dari operasi tersebut. Ia mengatakan telah siap pulang ke Indonesia untuk melatih Timnas Indonesia dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran ketiga.

shin tae-yong operasi pleuritis © 2024 Instagram

foto: Instagram/@shintaeyong7777

"Sekarang saya sudah pulih dan bersiap lagi untuk Kualifikasi Piala Dunia ronde ketiga dan terakhir. Sampai bertemu dan sehat-sehat selalu," pungkasnya.

Kembalinya Shin Tae-yong menjadi kabar baik bagi Timnas Indonesia yang akan segera berlaga di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Dalam kualifikasi ini, Indonesia tergabung bersama Jepang, Arab Saudi, Australia, Bahrain, dan China di Grup C.

Pertandingan pertama Timnas Indonesia akan berlangsung pada 5 September 2024 di kandang Arab Saudi. Lima hari kemudian, mereka akan bertanding dengan Australia di Stadion Gelora Bung Karno.

shin tae-yong operasi pleuritis © 2024 berbagai sumber

foto: Instagram/@shintaeyong7777

Postingan Shin Tae-yong usai melakukan operasi mendapat atensi, baik dari para publik figur maupun penggemar sepak bola Indonesia. Tidak sedikit juga yang menyampaikan harapan agar Pelatih Shin segera sembuh dan kembali ke Indonesia.

"Get Well Soon Coach Shin Speedy Recovery," ujar penyanyi Fitri Carlina.

"Kuat dan sehat selalu coach karena kami semua selalu berdoa yg terbaik untuk kesehatan Coach." kata pelatih Nova Rianto.

"GET WELL A.S.A.P God bless @shintaeyong7777 for a speedy recovery, Indonesians are praying for your health and we all love you Coach nim!" ungkap @dian.luwia.

"Comeback in Indonesia coach ." timpal @bungujixs.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by (@shintaeyong7777)