Brilio.net - Kabar bahagia datang dari Olimpiade Paris 2024. Atlet panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo berhasil meraih medali emas pada nomor speed. Pada partai final, Veddriq Leonardo mengalahkan atlet panjat tebing asal China dengan catatan waktu 4,75 detik.

Sebelumnya, Veddriq berhasil masuk ke babak perempat final speed climbing setelah mencatatkan waktu kedua tercepat di babak kualifikasi. Pada pertandingan tersebut, ia sempat mencatatkan rekor dunia baru speed climbing dengan waktu 4,79 detik. Tak lama kemudian rekor itu dipecahkan lagi oleh Samuel Watson asal Amerika Serikat dengan waktu 4,75 detik.

Sebelum meraih emas olimpiade, Veddriq memang mempunyai sederet prestasi mentereng. Ia berulang kali memenangkan pertandingan panjat tebing di level internasional. Berikut merupakan prestasi yang pernah diraih Veddriq Leonardo dilansir dari brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (8/8).

1. Prestasi nasional.

prestasi Veddriq Leonardo © Instagram

foto: Instagram/@veddriq

Atlet kelahiran 11 Maret 1997 itu baru masuk pelatnas pada 2018. Namun, sebelumnya ia sudah menorehkan prestasi di level nasional. Pada 2016, ia berhasil meraih perunggu saat Kejurnas Kelompok Umur.

Seakan belum puas, pada tahun selanjutnya, Veddriq kembali menambah koleksi medalinya. Ia berhasil meraih perunggu saat Kejurnas FPTI XVI 2017 Yogyakarta.

2. Prestasi internasional.

prestasi Veddriq Leonardo © Instagram

foto: Instagram/@veddriq

Empat bulan setelah dirinya dinyatakan bergabung dengan tim panjat tebing nasional, ia langsung mengukir prestasi di tahap internasional. Saat itu, Veddriq mempersembahkan medali perunggu di ajang IFSC Worldcup di Moscow pada April 2018.

Seakan tak pernah puas, Veddriq terus-terusan mengharumkan nama Indonesia. Ia berhasil meng-upgrade sejumlah prestasi pada 2019. Di antaranya adalah medali emas dalam kompetisi The Belt and Road ICMT Qinghai di China, medali emas dan perak saat Asian Championship 2019, serta medali emas saat PON XX Zona 3.

3. Catat rekor dunia.

prestasi Veddriq Leonardo © Instagram

foto: Instagram/@veddriq

Veddriq Leonardo sempat beberapa kali menobatkan diri sebagai pemegang rekor dunia. Dirinya bahkan dikenal sebagai manusia pertama di dunia yang mampu memanjat di bawah 5 detik. Hingga kini, Veddriq setidaknya sudah empat kali memecahkan rekor dunia.

Salah satu prestasi terbaiknya adalah saat memecahkan rekor dunia dalam kejuaraan dunia IFSC 2023 di Seoul, Korea Selatan. Saat itu Veddriq mempersembahkan medali emas untuk Indonesia. Sebelumnya, Veddriq juga pernah menjadi juara dunia pada 2021 di Amerika Serikat.

4. Enam kali juara dunia.

Sejak berkarier, Veddriq sudah menyabet enam gelar juara dunia. Dia menjadi pemenang di ajang Piala Dunia IFSC di Amerika Serikat pada 2021, di Swiss pada 2021, di Korea Selatan pada 2022, di Amerika Serikat pada 2022, Korsel 2023, dan di AS lagi pada 2023.

Kini, untuk pertama kalinya di pertandingan di Olimpiade, Veddriq berhasil meraih medali emas. Perlombaan tersebut berlangsung di Le Bourget Sport Climbing Venue pada Kamis (8/8/2024) sore WIB. Medali tersebut merupakan emas pertama yang diraih Indonesia di Olimpiade Paris 2024.