Begini skenario final Piala Dunia agar Ronaldo dan Messi bertemu

Begini skenario final Piala Dunia agar Ronaldo dan Messi bertemu

Brilio.net - Piala Dunia 2022 akan segera digelar kurang dari sebulan lagi di Qatar. 32 negara peserta sudah siap berangkat ke negeri Timur Tengah itu pada November nanti. Mereka akan menjalani babak grup yang akan dibuka dengan pertandingan tim tuan rumah Qatar vs Ekuador pada tanggal 20 November nanti.

Begini skenario final Piala Dunia agar Ronaldo dan Messi bertemu

foto: Twitter/@ETHtrain18

Ada banyak alur cerita dan narasi yang keluar dari undian Piala Dunia 2022 ketika dilakukan di Doha April lalu. Namun satu yang menarik ada pada bagaimana skenario agar dua superstar yang akan memainkan Piala Dunia terakhirnya, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Ronaldo kini berusia 37 dan Messi 35. Masing-masing, ketika mereka turun ke lapangan di Timur Tengah, dan sangat mungkin ini akan menjadi kesempatan terakhir bagi mereka berdua untuk memenangkan turnamen olahraga terbesar sebelum mereka pensiun.

Begini skenario final Piala Dunia agar Ronaldo dan Messi bertemu

foto: Twitter/@talksport

Faktanya, Messi telah mengonfirmasi bahwa ini akan menjadi turnamen global terakhirnya, mengatakan kepada jurnalis Sebastian Vignolo di acaranya 'In First Person' di layanan streaming Amerika Selatan Star+ pada 6 Oktober lalu.

"Ini akan menjadi Piala Dunia terakhir saya - pasti," jelas Messi.

Tapi bagaimana peluang keduanya bertemu di Qatar 2022? Bisakah Argentina dari Grup C menghadapi Portugal dari Grup H? Mari kita menyusun skenarionya.

Pertemuan mereka terbilang mungkin. Mereka tidak akan pernah bertemu di babak penyisihan grup, mengingat Argentina dan Portugal sama-sama ditempatkan sebagai unggulan teratas untuk undian, tetapi ada kemungkinan bentrokan Argentina vs Portugal ada di babak sistem gugur.

Begini skenario final Piala Dunia agar Ronaldo dan Messi bertemu

foto: sportingnews.com

Jika Portugal menjadi juara Grup H dan Argentina adalah runner-up Grup C, maka kedua tim akan berjumpa pada 14 Desember 2022 pada babak semifinal. Itu pun dengan syarat mereka selalu menang pada babak gugur.

Skenario lain, jika Portugal adalah runner-up Grup H dan Argentina menjadi juara Grup C, maka keduanya akan bersua pada babak semifinal yang digelar pada 13 Desember 2022. Seperti skenario pertama, syaratnya mereka harus menang pada babak gugur.

Begini skenario final Piala Dunia agar Ronaldo dan Messi bertemu

foto: Twitter/@squawka

Skenario lainnya juga bisa begini, Portugal dan Argentina baru akan berjumpa pada babak final. Skenario ini akan terjadi jika kedua tim sama-sama menjadi juara grup dan terus menang hingga melaju ke babak final Piala Dunia 2022.

Portugal dan Argentina akan berada pada bagan yang berbeda pada babak gugur jika sama-sama menjadi juara grup. Tentu ini akan menjadi skenario yang menarik jika Portugal dan Argentina berjumpa di final.

Final Piala Dunia 2022 akan digelar pada 18 Desember 2022. Walau ada potensi terjadi duel Portugal lawan Argentina, jalan menuju final tidak akan mudah. Portugal sendiri belum pernah melaju ke final Piala Dunia sepanjang sejarah mereka.

Begini skenario final Piala Dunia agar Ronaldo dan Messi bertemu

foto: Twitter/@waqar_uvas

Perjumpaan Portugal dan Argentina akan jadi momen yang penting. Bukan hanya soal gelar untuk kedua negara, tetapi juga untuk Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Ronaldo sudah punya banyak gelar pada level klub. Pemain 37 tahun telah meraih gelar Euro dan UEFA Nations League bersama Portugal. Gelar Piala Dunia 2022 akan membuat karier Ronaldo sempurna, pada level klub, timnas, dan personal.


Hal yang sama akan terjadi pada Lionel Messi. Setelah memberikan gelar Copa America 2021, publik Argentina mulai kembali berharap pada Messi. Dengan gelar Piala Dunia 2022, Messi tidak akan lagi dibandingkan dengan Diego Maradona yang juga pernah meraih trofi Piala Dunia. Pencapaiannya sebagai pesepak bola pun akan sempurna.

Gelar Piala Dunia 2022 akan membuat Ronaldo dan Messi pensiun dengan hati yang tenang.



(brl/lin)