Cetak gol salto dari jarak 29 meter, Ibrahimovic ternyata taekwondoin

Cetak gol salto dari jarak 29 meter, Ibrahimovic ternyata taekwondoin

Brilio.net - Salah satu pesepak bola hebat yang pernah dikenal sepanjang sejarah adalah Zlatan Ibrahimovic. Pemain timnas Swedia ini merupakan penyerang menakutkan yang selalu subur mencetak banyak gol di setiap klub yang ia bela.

Zlatan memulai karier sepak bolanya di klub kampung halamannya di Swedia yakni Malmo FF, kemudian dirinya hijrah ke klub Ajax Amsterdam pada 2001 dan berkembang menjadi penyerang yang begitu mematikan. Di klub ibu kota Belanda ini, Ibra berhasil mencetak 35 gol dari 74 pertandingan.

Cetak gol salto dari jarak 29 meter, Ibrahimovic ternyata taekwondoin

foto: Twitter/@footall_tweet

Ibra kemudian hijrah ke klub Serie A, Juventus pada 2004. Ibrahimovic dikenal sebagai pemain yang senang berpetualang dengan banyak menjajal klub-klub hebat untuk bermain di sana. Daftar klub yang pernah ia bela seperti Inter Milan, Barcelona, AC Milan, Paris Saint Germain, serta LA Galaxy.

Di timnas Swedia pun Ibrahimovic menjadi tulang punggung lini serang tim asal Skandinavia ini. Total, Ibra sudah bermain sebanyak 116 kali dengan torehan 62 gol sepanjang kariernya.

Ibrahimovic adalah penyerang yang kerap mencetak gol spektakuler. Tubuh yang menjulang setinggi 195 meter, fisik yang tangguh, dan insting mencetak golnya yang tajam, membuat setiap bek yang berhadapan dengannya dibuat kesulitan.

Salah satu gol spektakuler yang pernah ia cetak adalah saat pertandingan Swedia vs Inggris pada 5 April 2012 silam. Pada pertandingan uji coba tersebut, Swedia berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 4-2 atas Inggris. Empat gol kemenangan Swedia diborong semuanya oleh Ibrahimovic.

Cetak gol salto dari jarak 29 meter, Ibrahimovic ternyata taekwondoin

foto: Twitter/@utdarena

Gol keempatnya Ibra yang kemudian akan dikenang sebagai salah satu gol paling spektakuler yang pernah ada. Pada menit ke-90+2 kedua Inggris masih berjuang untuk menyamakan kedudukan. Skor saat itu 3-2 untuk keunggulan Swedia.

Cetak gol salto dari jarak 29 meter, Ibrahimovic ternyata taekwondoin

foto: Twitter/@utdarena

Asyik menyerang, Inggris seakan lupa untuk bertahan. Celah pertahanan Inggris yang kosong itu berhasil dimanfaatkan oleh pemain Swedia. Kronologinya seperti ini, pemain swedia berhasil menggagalkan serangan pemain Inggris dan langsung membuang bola tersebut ke area pertahanan Inggris dengan tendangan melambung.

Bola liar itu kemudian dihalau oleh kiper Inggris, Joe Hart. Namun, bukannya aman, bola tersebut melambung ke udara. Melihat masih ada peluang, Ibra langsung loncat dan melakukan sebuah tendang salto parabolic dengan sekali hentakan. Dikutip goal.com, Ibra mencetak gol dengan tendangan salto dari jarak sekitar 29 meter.

Bola yang salto tersebut kemudian melayang ke arah gawang Inggris dan berhasil masuk. Kedudukan berhasil bertambah dengan skor 4-2 untuk kemenangan Swedia.

Usai pertandingan, momen gol salto Ibra jadi perbincangan hangat publik. Semua orang tampak takjub dengan apa yang sudah dilakukan Ibrahimovic malam itu. Perbincangan kemudian melebar ke topik bahwa di balik semua aksi gol spektakuler yang pernah dicetak, ternyata Ibrahimovic punya latar belakang seorang atlet taekwondo.

Cetak gol salto dari jarak 29 meter, Ibrahimovic ternyata taekwondoin

foto: Twitter/@utdarena

Tak heran, gerakan-gerak salto tersebut memang berasal dari skill bela dirinya. Tak tanggung-tanggung, Ibrahimovic adalah seorang pemegang sabuk hitam taekwondo. Diketahui, dirinya sudah berlatih sejak muda, bahkan sebelum berkarir sebagai pemain sepak bola. Latar belakang seni bela dirinya ini yang memungkinkan dia untuk mencetak gol spektakuler dengan konsistensi yang luar biasa.

Taekwondo menempatkan banyak penekanan pada tendangan. Biasanya pemain untuk melakukan tendangan kapak, tendangan samping, atau tendangan lokomotif konvensional secara efektif ke arah target yang tinggi membutuhkan fleksibilitas dan kelincahan yang luar biasa. Ibrahimovic memiliki skill tersebut dengan kelincahan yang sangat tidak biasa.

Cetak gol salto dari jarak 29 meter, Ibrahimovic ternyata taekwondoin

foto: Twitter/@danielmondinho

Gol melawan Inggris tersebut adalah contoh lain dari perpaduan antara keterampilan sepak bola Ibrahimovic dan Taekwondo. Gerakan salto itu juga setara dengan gerakan Kung Fu tetapi tekniknya yang lebih baik. Sembilan puluh sembilan persen striker akan berusaha menyundul bola dalam situasi ini tetapi Ibrahimovic memutuskan untuk mengambil pendekatan yang jauh lebih ambisius dengan hasil yang spektakuler.

Ibrahimovic memang dikenal ahli dalam melakukan gaya mencetak gol tersebut. Jika hanya mencetak gol semacam itu sesekali, akan mudah untuk menghapus hubungan sebab akibat antara gelar sabuk hitam taekwondo dan trik mencetak golnya. Tapi pemain ini melakukannya berkali-kali. Hal yang memastikan Ibrahimovic kerap mempraktekkan jurus-jurus bela dirinya di lapangan hijau.

(brl/pep)