Kisah Pele, legenda sepak bola Brasil yang juara Piala Dunia 3 kali

Kisah Pele, legenda sepak bola Brasil yang juara Piala Dunia 3 kali

Brilio.net - Lebih akrab disapa Pele, pesepak bola ini memiliki nama lengkap Edson Arantes do Nascimento. Ia adalah pemain fenomenal pada eranya. Sebuah bakat alami sebagai seorang pemain sepak bola, yang tak ada habis-habisnya membuat orang takjub akan kepiawaiannya mengolah si kulit bundar.

Ketika berhasil mengantarkan timnas Brasil juara di Piala Dunia 1958 Swedia, saat itu Pele masih berusia 17 tahun. Dia merupakan pemain muda pertama yang berhasil menyabet gelar bergengsi tersebut.

Kisah Pele, legenda sepak bola Brasil yang juara Piala Dunia 3 kali

foto: Instagram/@pele

Bakatnya begitu luar biasa. Pele berhasil promosi di tim utama Santos sejak umurnya masih 16 tahun. Pel seperti punya keterampilan menyihir dan membuat setiap orang terpaku melihat pergerakannya dengan bola yang kemudian dimasukkan ke gawang lawan.

Brasil memang tidak pernah kekurangan stok pemain menyerang dengan keterampilan luar biasa, seperti Garrincha yang legendaris dalam mencetak gol. Tetapi Pele mungkin akan lebih menjadi paket komplet karena dirinya mampu mempertontonkan permainan yang sangat menghibur.

Piala Dunia 1958 Swedia mungkin menjadi Piala Dunia harapan bagi Brasil. Setelah selalu gagal pada edisi-edisi sebelumnya sejak 1930, negara yang sangat kental akan sepak bola ini berharap mereka bisa memenangkan trofi Jules Rimet untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Jadi, pada saat Pel berangkat ke Swedia, Brasil benar-benar menanamkan mimpi itu kepada para anak muda yang menyeberang benua kala itu. Namun, asa untuk bisa berbicara banyak di ajang tersebut harus terbenam lebih awal ketika Brasil mendapat undian "sial" kala itu. Tim Samba harus satu grup dengan Austria tim Eropa yang cukup menakutkan, Inggris negara tempat lahirnya sepak bola, serta Uni Soviet yang terkenal dengan tim yang punya kekuatan fisik yang begitu kuat.

Kisah Pele, legenda sepak bola Brasil yang juara Piala Dunia 3 kali

foto: Instagram/@pele

Namun, Brasil tak menyangka dirinya mampu keluar menjadi pemuncak grup setelah berhasil menaklukkan Austria, bermain imbang versus Inggris, dan menghantam Uni Soviet yang katanya diisi pemain-pemain kuat.

Lolos ke fase gugur membuat asa Brasil terbuka kembali. Bertemu dengan Wales yang terkenal dengan permainan alotnya, Brasil berhasil menang dengan gol semata wayang Pele pada menit ke-66.

(brl/jad)