Mengungkap fakta trofi Piala Dunia yang terbuat dari emas

Mengungkap fakta trofi Piala Dunia yang terbuat dari emas

Brilio.net - Salah satu yang begitu ikonik di gelaran Piala Dunia adalah trofi atau piala yang akan diberikan kepada tim yang berhasil menjuarai turnamen sepak bola terbesar sejagat raya ini.

Piala ini bernama piala Jules Rimet atau lebih populer bernama Trofi FIFA World Cup. warnanya emas yang membentuk globe di posisi paling atas. Kemudian, ada sosok Dewi Nike atau dewi kemenangan dalam mitos bangsa Yunani di bawah globe atau bola dunia. Namun, apakah warna emas di trofi tersebut memang terbuat dari emas?

Jawabannya, ya! Betul sekali! Trofi asli FIFA World Cup terbuat seluruhnya dari emas 18 karat dengan dasar perunggu. Piala ini memiliki berat 6,142 kilogram dan tinggi 36,8 sentimeter.

Trofi tersebut diperkenalkan pada 1974 dan didesain oleh Silvio Gazzaniga, seorang seniman Italia yang berhasil memenangkan sayembara desain trofi Piala Dunia, mengalahkan 52 pesaing. Jika dilihat lebih detail, di trofi tersebut terlihat dua atlet tengah mengangkat bola dunia. Di bagian dasar terdapat tulisan FIFA World Cup.

Dilansir fifa.com, desainer trofi ini mengungkapkan ia ingin membuat trofi dengan desain yang universal. Inspirasinya dua hal, kemenangan atlet dan keberadaan dunia. Inspirasi ini yang menjadikan trofi yang bisa kamu lihat saat ini. diketahui di daerah Paderno Dugnano, Italia, setiap empat tahun sekali, trofi asli Piala Dunia dipoles ulang untuk ditampilkan pada final Piala Dunia.

Mengungkap fakta trofi Piala Dunia yang terbuat dari emas

foto: Instagram/worldcup.2022.qatar

(brl/lea)