Ribuan pendemo dari Gerakan Darurat Indonesia memadati halaman depan Gedung DPR RI. Massa yang mengenakan atribut dan membawa spanduk ini terdiri dari berbagai elemen masyarakat sipil, termasuk buruh, mahasiswa, dan aktivis. Mereka menggelar aksi untuk menolak pengesahan Revisi UU Pilkada. Demonstrasi ini merupakan bagian dari gerakan 'peringatan darurat Indonesia' yang viral di media sosial setelah DPR dianggap mengabaikan putusan Mahkamah Konstitusi.

Bahkan artis Tanah Air juga turut melakukan protes dan terjun bersama masyarakat lainnya. Salah satunya aktor ternama Tanah Air, Reza Rahadian yang juga turut menyampaikan orasi. Selain itu, sejumlah komedian juga terlihat menyampaikan tuntutan kepada DPR. Mereka termasuk Abdel Achrian, Abdur Arsyad, Gusti Muhammad Abdurrahman Bintang Mahaputra atau Bintang Emon, Andovi Da Lopez, Ahmad Najmi Hidayat atau Ebel Cobra, Muhammad Rizki Rakelna atau Rigen, Arie Kriting, dan Mamat Alkatiri.

Di hari yang sama, DPR RI membatalkan rapat pengesahan RUU Pilkada yang dijadwalkan pada hari ini Kamis (22/8). Hal tersebut diputuskan karena peserta rapat yang hadir tidak memenuhi kuorum.

Selain di Jakarta, elemen masyarakat juga melakukan demonstrasi dengan tuntutan serupa di berbagai kota. Namun ada beberapa yang berakhir ricuh, seperti di Jakarta dan Semarang. Berikut merupakan kumpulan potret kericuhan demo kawal putusan MK, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (22/8).