Pada Kamis (22/8), berbagai kelompok, termasuk akademisi, mahasiswa, buruh, dan selebriti, mengadakan demonstrasi di depan Gedung DPR RI. Aksi ini dipicu oleh revisi cepat RUU Pilkada yang dilakukan DPR, yang dianggap mengabaikan putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Para pengunjuk rasa menilai RUU tersebut adalah bentuk pembegalan demokrasi.

Namun di tengah ramainya aksi massa di depan gedung DPR yang diikuti sejumlah artis, Raffi Ahmad justru bertolak ke Bandung. Ia menemani putra sulung Joko Widodo atau wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming untuk blusukan ke Bandung. Saat itu, agenda yang dilakukan Gibran adalah meninjau Pasar Baru.

Diketahui, Raffi Ahmad dan Gibran mendatangi wilayah Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Selain itu, mantan Walikota Solo ini juga berkunjung di Kota Bandung. Gibran melihat-lihat sejumlah toko di Pasar Baru, yaitu toko pakaian hingga toko lain.

Meski tampak disambut baik oleh masyarakat sekitar, momen tersebut langsung menuai kecaman netizen. Banyak yang mengatakan bahwa tindakannya itu menunjukkan ketidakpedulian dengan situasi yang ada di negeri ini. Terlebih sejumlah elemen masyarakat lain sedang berdemo di depan gedung DPR.

"Di Jakarta depan gedung DPR yg terhormat adik adik mahasiswa dan rakyat sedang berjuang pak !!" kata salah seorang netizen.

Berikut merupakan kumpulan momen Raffi Ahmad saat mendampingi Gibran blusukan ke Bandung di tengah maraknya demo. Semuanya dihimpun brilio.net dari akun Instagram @zul.hasan pada Kamis (22/8).