Terhitung 10 tahun sudah Iriana Jokowi menjadi ibu negara mendampingi suaminya, Presiden Joko Widodo memimpin Indonesia. Wanita kelahiran 1 Oktober 1963 ini mengemban jabatan sebagai ibu negara sejak 20 Oktober 2014. Selain sebagai ibu negara, sejak dulu, Iriana juga sudah memegang beberapa jabatan, salah satunya ketua tim penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Surakarta dari tahun 2005 hingga 2012.

Iriana selalu setia menemani sang suami dalam berbagai kondisi, baik suka maupun duka. Ia dikenal sebagai pribadi yang cepat beradaptasi dengan lingkungan baru. Dari mendampingi suaminya sebagai pegawai, pengusaha, hingga pejabat publik, hingga akhirnya mencapai posisi sebagai ibu negara. Ibu tiga anak ini menjalani perannya dengan penuh dedikasi.

Sebagai ibu negara, kehidupan Iriana Jokowi tak pernah lepas dari sorotan. Termasuk soal penampilannya sejak dulu hingga sudah dua periode menjadi ibu negara Republik Indonesia. Iriana Jokowi dikenal sebagai sosok yang sederhana dengan penampilan yang nggak neko-neko. Iriana lebih memilih tampil sederhana, dengan riasan dan tatanan rambut yang tidak mencolok seperti istri pejabat lainnya. Dia sangat menyayangi keluarganya dan tetap merasa nyaman melakukan pekerjaan rumah sendiri meskipun ada asisten rumah tangga yang siap membantu.

Namun di akhir masa jabatan sang suami, perubahan pada penampilan Iriana Jokowi menuai sorotan. Dulunya, tak ada aksesori mewah yang mengalung di lehernya, maupun deretan gelang di lengannya. Kini, sang ibu negara tampil lebih stylish dan modis dengan busana rancangan hingga aksesori dan makeup yang lebih berani. Hal ini pun bikin publik menilai penampilan Iriana Jokowi berubah dari yang dulunya lebih sederhana dan natural, menjadi lebih tertata dan elegan.

Berikut merupakan kumpulan transformasi dari Iriana Jokowi yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (24/8).