Paus Fransiskus memulai misa akbar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Kamis (5/9). Sebelum misa dimulai, Paus sempat berkeliling stadion menggunakan mobil Maung yang diproduksi oleh PT Pindad.

Saat Paus Fransiskus memasuki stadion sekitar pukul 16.30 WIB, seluruh umat Katolik yang hadir berdiri menyambut kedatangannya. Saat berkeliling menggunakan mobil Maung, Paus dikawal oleh Garda Swiss, pasukan pengawal khusus yang setia menemani sepanjang acara.

Kehangatan acara semakin terasa ketika Paus Fransiskus memberkati bayi dan anak-anak yang berada di sekitar altar. Mobil yang ditumpanginya bergerak perlahan menuju altar, diiringi sorakan “Viva Il Papa” dari para jemaah.

Setibanya di altar, suasana stadion berubah menjadi tenang dengan alunan lagu Ave Maria yang dilantunkan oleh paduan suara. Misa kemudian dimulai pukul 16.30 WIB dengan ritual silentium, menciptakan suasana khidmat.

Misa yang mengusung tema kebhinekaan ini menampilkan berbagai unsur budaya Nusantara, termasuk doa yang dibacakan dalam berbagai bahasa daerah. Menariknya lagi, patung Bunda Maria yang mengenakan kebaya serta rok batik.

Berikut brilio.net himpun misa akbar Paus Fransiskus di GBK dari YouTube KEMSOS KWI pada Kamis (5/9).