Pembangunan rumah pensiun Presiden Joko Widodo mulai digarap pada Juni 2024 di kawasan strategis Jalan Adi Sucipto, Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Fasilitas hunian ini merupakan amanat UU Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden Serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden RI.

Lokasi rumah pensiun tersebut terbilang istimewa karena berada di perbatasan Solo-Karanganyar dengan akses transportasi yang memadai. Kemensetneg telah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Karanganyar untuk perizinan penebangan pohon guna memperlancar mobilitas selama proses konstruksi.

Proses pembangunan terus dikebut dengan aktivitas pekerja yang tampak sibuk di berbagai titik lokasi proyek. Pengerjaan pondasi lantai atas dan pemasangan tembok di lantai dasar menjadi fokus utama para pekerja saat ini. Mobilitas kendaraan pengangkut material bangunan terlihat ramai di sekitar lokasi proyek pembangunan.

Letak strategis rumah pensiun ini semakin sempurna dengan keberadaan Bandara Adi Sumarmo yang hanya berjarak 5,4 kilometer atau sekitar 13 menit perjalanan. Berikut penampakan lahan untuk rumah pensiun Jokowi dihimpun brilio.net dari TikTok @sumatraland pada Kamis (24/10).