Bagi penggemar sinetron Preman Pensiun, tokoh Emak tentu sudah tidak asing lagi. Dalam cerita, Emak adalah sosok yang disegani oleh Kang Mus karena ia merupakan mertuanya. Emak sendiri diperankan oleh aktris senior Isye Sumarni. Sosoknya tidak hanya dikenal lewat peran di layar kaca, tetapi juga pernah berkiprah di dunia politik.

Isye Sumarni merupakan mantan politikus yang pernah menjabat sebagai anggota DPRD Kota Bandung pada 1971 hingga 1978. Lahir dan besar di Bandung, Isye sempat memiliki sebuah rumah di daerah Kabupaten Sumedang. Namun, kondisi rumah tersebut kini menyisakan kisah yang miris.

Rumah Isye Sumarni yang dulunya menjadi tempat istirahat dan berkumpul bersama keluarga, kini terbengkalai selama lebih dari 15 tahun. Terletak di tengah kebun di atas bukit, bangunan tersebut tampak kurang terurus dan sebagian besar area di sekitarnya mulai ditutupi oleh semak belukar.

Berikut potret rumah Isye Sumarni yang sudah terbengkalai belasan tahun, dirangkum brilio.net dari YouTube Aziz Nurahman, Kamis (19/9).