Brilio.net - Pilkada 2024 sudah di depan mata, dan sejumlah nama mulai mencuat sebagai calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) di berbagai provinsi, termasuk Jawa Tengah (Jateng). Pendaftaran pasangan calon kepala daerah untuk Pilkada 2024 akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 27 hingga 29 Agustus 2024. Pada tanggal 27 dan 28 Agustus, proses pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Namun, pada hari terakhir, yaitu tanggal 29 Agustus, waktu pendaftaran diperpanjang hingga pukul 23.59 WIB untuk memberikan kesempatan lebih luas kepada pasangan calon yang akan mendaftarkan diri.

Jadwal pendaftaran ini diatur oleh KPU untuk memastikan bahwa semua pasangan calon memiliki kesempatan yang sama untuk melengkapi dan menyerahkan berkas persyaratan. Dengan adanya jadwal yang jelas dan diperpanjang di hari terakhir, diharapkan proses pendaftaran dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan, sehingga seluruh tahapan Pilkada dapat dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Penasaran kan, siapa saja yang sudah terdaftar menjadi bakal calon cagub dan cawagub pada Pilkada 2024. Maka dari itu, brilio.net telah menyediakan sederat nama bakal calon cagub dan cawagub yang telah dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (29/8).

1. Pramono Anung-Rano Karno

Daftar cagub dan cawagub pada Pilkada 2024 dari berbagai sumber

foto: merdeka.com/Arie Basuki

Pasangan calon cagub cawagub Pramono Anung dan Rano Karno telah diusung dari partai PDI-P perjuangan untuk melaju di kontestasi gubernur Jakarta 2024. Pramono Anung mengaku dia dan pasangannya tidak perlu menggunakan slogan yang hebat untuk kontestasi kali ini. Diketahui Pramono menjabat sebagai Sekretaris Kabinet ini menyebut dirinya tahu daerah-daerah di Jakarta yang perlu diperbaiki.

Bukan tanpa alasan, pernyataan tersebut didasarkan dari pengalamannya bersepeda (gowes) dan jogging di area Gelora Bung Karno (GBK).

2. Ridwan Kamil-Suswono

Daftar cagub dan cawagub pada Pilkada 2024 dari berbagai sumber

foto: Liputan6.com/Angga Yuniar

Tidak hanya pasangan PDI-P saja yang maju di Pilkada Jakarta, lebih dulu mendeklarasikan dirinya maju di Pilkada kali ini adalah Ridwan Kamil-Suswono. pasangan ini maju diusung oleh koalisi KIM Plus. Perlu diketahui bahwasannya Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus dibentuk atas inisiasi Prabowo Subianto. Tujuannya untuk menggabungkan partai-partai politik yang sebelumnya saling bertarung di Pilpres 2024.

KIM Plus terdiri dari 9 partai politik anggota KIM dan beberapa parpol di luar koalisi tersebut. Anggota asli KIM adalah Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PSI, PBB, Gelora, Garuda, dan Prima. Koalisi bertambah dengan bergabungnya PKS, PKB, PPP, Perindo, dan Nasdem.

3. Ahmad Luthfi-Taj Yasin

Daftar cagub dan cawagub pada Pilkada 2024 dari berbagai sumber

foto: enamplus.liputan6.com

Ahmad Luthfi dan Taj Yasin merupakan salah satu pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang ikut serta dalam kontestasi Pilkada Jawa Tengah 2024. Pasangan ini mencoba peruntungan mereka untuk merebut kursi kepemimpinan di Jawa Tengah dengan mengusung berbagai program yang diyakini mampu membawa perubahan positif bagi provinsi tersebut.

Pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin didukung oleh koalisi besar yang terdiri dari sembilan partai, yaitu Golkar, PKS, Nasdem, PKB, PAN, PPP, Partai Demokrat, PSI, dan Gerindra. Dukungan dari berbagai partai besar ini menunjukkan betapa kuatnya basis politik yang mereka miliki, dan hal ini diharapkan mampu menjadi modal besar dalam meraih suara di Pilkada Jateng 2024.

4. Khofifah-Emil Dardak

Daftar cagub dan cawagub pada Pilkada 2024 dari berbagai sumber

foto: liputan6.com

Khofifah dan Emil Dardak juga telah mencalonkan dirinya untuk menjadi cagub cawagub Jawa Timur. Mereka berdua diusung oleh 15 partai politik yaitu Golkar, Demokrat, PAN, PPP, PSI, PKS, Perindo, NasDem, Partai Buruh, Partai Gelora, PBB, PKN, Partai Garuda hingga Partai Prima.

Kemudian, Khofifah berharap, apabila dirinya dan Emil terpilih sebagai pemenang, kehadiran mereka bisa membawa kemakmuran bagi masyarakat Jawa Timur.

5. Airin Rachmi-Ade Sumardi

Daftar cagub dan cawagub pada Pilkada 2024 dari berbagai sumber

foto: Yandhi Deslatama/Liputan6.com

Airin Rachmi dan Ade Sumardi menjadi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang turut serta dalam Pilkada Banten 2024. Dengan latar belakang pengalaman masing-masing di bidang pemerintahan, pasangan ini bertekad untuk membawa perubahan dan pembangunan yang berkelanjutan di Banten melalui berbagai program strategis yang mereka tawarkan.

Pasangan Airin Rachmi-Ade Sumardi didukung oleh koalisi partai yang cukup beragam, yakni PDIP, Golkar, PBB, PKN, Partai Buruh, Partai Ummat, dan Partai Gelora. Dukungan dari berbagai partai ini menjadi modal kuat bagi pasangan Airin-Ade dalam menghadapi persaingan yang ketat di Pilkada Banten 2024, serta meningkatkan peluang mereka untuk memenangkan hati para pemilih.

6. Andika Perkasa-Hendrar Prihadi

Daftar cagub dan cawagub pada Pilkada 2024 dari berbagai sumber

foto: liputan6.com/felek wahyu

Pada hari pertama pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) langsung memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mendaftarkan pasangan calon mereka. Dari ratusan pendukung dan simpatisan partai yang hadir, pasangan calon Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi (Perkasa-Hendi) menjadi yang pertama mendaftar.

7. Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan

Jateng jadi arena ‘perang bintang’ dari berbagai sumber

foto: liputan6.com

Paslon yang paling awal mendaftar cagub cawagub Jawa Barat adalah Dedi Mulyadi dan Erwan Setiawan pada Selasa, 27 Agustus 2024. Pasangan Dedi-Erwan diusung sejumlah partai yang diketahui tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, yaitu yang terdiri dari Gerindra, Demokrat, Golkar, PAN, Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Kemudian partai non parlemen yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat (Gelora), Partai Garuda, Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), Partai Ummat, Perindo, PKN, Hanura, dan Partai Buruh.

8. Syaikhu-Ilham Habibie

Jateng jadi arena ‘perang bintang’ dari berbagai sumber

foto: liputan6.com

Pasangan Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie, yang dikenal sebagai pasangan ASIH, mendaftarkan diri pada Kamis siang, 29 Agustus 2024. Mereka tiba di Kantor KPU Jabar sekitar pukul 10.30 WIB untuk menyerahkan dokumen pendaftaran, didampingi oleh rombongan mereka. Pasangan ASIH ini didukung oleh tiga partai, yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan NasDem.

9. Acep Adang Ruhiyat-Gitalis Dwi Natarina

Jateng jadi arena ‘perang bintang’ dari berbagai sumber

foto: liputan6.com

Pasangan Acep Adang Ruhiyat dan Gitalis Dwi Natarina menjadi pasangan ketiga yang mendaftarkan diri ke KPU Jabar. Mereka tiba di Kantor KPU pada Kamis malam. Acep dan Gita adalah kader dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Pasangan ini membawa slogan atau tagline "Jabar Bahagia Lahir-Batin."

10. Jeje Wiradinata-Ronald Surapradja

Jateng jadi arena ‘perang bintang’ dari berbagai sumber

foto: liputan6.com

Pasangan keempat, Jeje Wiradinata dan Ronald Surapradja, tidak hadir secara langsung di Kantor KPU Jawa Barat, melainkan mengikuti proses pendaftaran secara daring. Sementara itu, Ketua DPD PDIP Jawa Barat, Ono Surono, hadir sebagai salah satu perwakilan rombongan yang datang langsung ke lokasi.

11. Andra Soni-Dimyati Natakusuma

Jateng jadi arena ‘perang bintang’ dari berbagai sumber

foto: merdeka.com

Pasangan Andra Soni dan Dimyati Natakusuma menjadi lawan cagub dan cawagub Airin dan Ade. Diketahui mereka berdua mendatangi KPU Banten pada hari terakhir atau Kamis (29/8/2024). Pasangan Andra-Dimyati diusung oleh Koalisi Banten Maju, yang terdiri dari 10 partai politik. Koalisi ini meliputi Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Prima, dan Partai Garuda.

12. Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta

Jateng jadi arena ‘perang bintang’ dari berbagai sumber

foto: liputan6.com

PDI Perjuangan secara resmi mencalonkan pasangan Tri Rismaharini dan KH Zahrul Azhar Asumta, yang dikenal sebagai Risma-Gus Hans, untuk Pilgub Jatim 2024. Meskipun demikian, Gus Hans saat ini masih terdaftar sebagai kader Partai Golkar.

13. Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim

Jateng jadi arena ‘perang bintang’ dari berbagai sumber

foto: liputan6.com

Fauzan Fuadi, Bendahara Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jatim, optimistis bahwa kandidat yang diusung partainya dapat bersaing dengan petahana Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak serta pasangan lain dalam Pilkada Jatim 2024.

Dalam pernyataannya di Surabaya pada hari Rabu, Fauzan menyebutkan bahwa PKB mendukung kader internal mereka, Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Hakim, karena dianggap sebagai calon yang kompeten dan berpengalaman untuk memimpin Jawa Timur.

14. Dharma Pongrekun-Kun Wardana

Jateng jadi arena ‘perang bintang’ dari berbagai sumber

foto: liputan6.com

Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur jalur independen untuk Pilkada Jakarta 2024, Dharma Pongrekun dan Kun Wardana, telah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta pada Kamis malam, 29 Agustus 2024.