Brilio.net - Presiden Joko Widodo resmi melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri ESDM menggantikan Arifin Tasrif pada Senin (20/8). Sebelumnya, Bahlil menjabat sebagai Menteri Investasi dan Kepala BKPM. Kariernya di kabinet Jokowi berjalan mulus, ia bisa menduduki dua posisi menteri dalam periode kedua pemerintahan.

Sebelum menjadi menteri, Bahlil adalah pengusaha dan pernah menjabat Ketua Umum HIPMI. Pada Pilpres 2019, ia mendukung Jokowi-Ma'ruf, yang kemudian membawanya diangkat sebagai Kepala BKPM. Pada 2021, ia diangkat menjadi Menteri Investasi pertama Indonesia.

Namun, di balik keberhasilannya, ada sosok perempuan yang selalu setia menemani, yaitu istrinya Sri Suparni. Ia merupakan wanita yang berasal dari Pungkruk Sidoharjo Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Diketahui, Sri Suparni memeluk agama Islam.

Dalam sebuah kesempatan, Sri Suparni pernah menceritakan terkait pertemuannya dengan Bahlil. Ia mengaku bahwa Kota Sorong merupakan kota bersejarah bagi kisah cintanya dengan suami. Mereka bertemu, menikah bahkan membesarkan anak di Kota Sorong.

Sosok Sri Suparni istri Bahlil © Instagram

foto: Instagram/@bahlillahadalia

Bukan tanpa alasan, wanita Jawa ini merantau ke Papua untuk berkuliah. Saat menjalani masa studi. Suparni sempat bertemu dengan Bahlil di Sorong. Keduanya adalah orang-orang yang tergabung dalam aktivis mahasiswa. Diketahui, Suparni aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Mereka bertemu saat Bahlil menjadi pemateri di sebuah acara yang dihadiri oleh Sri Suparni sebagai peserta. Setelah acara tersebut, komunikasi di antara mereka berlanjut dan semakin intens hingga akhirnya menikah.

Sosok Sri Suparni istri Bahlil © Instagram

foto: Instagram/@bahlillahadalia

Sri Suparni merupakan sosok ibu yang dikaruniai lima orang anak. Menjadi istri seorang menteri, rupanya ia tidak sekadar ibu rumah tangga biasa. Diketahui, wanita yang dikenal selalu berpenampilan stylish dan bersahaja ini menjadi sebagai ketua Bidang Manajemen Usaha (BMU) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Pusat.

Dalam beberapa momen, Sri Suparni tak pernah absen dalam menemani suami di berbagai acara kenegaraan. Pada tahun lalu, ia bersama sang suami bersama-sama memakai pakaian adat asal Papua.

Sosok Sri Suparni istri Bahlil © Instagram

foto: Instagram/@bahlillahadalia

Suparni menemani Bahlil saat ia belum sesukses sekarang. Bahlil memulai kariernya dari bawah. Di masa remaja, ia pernah berjualan kue, menjadi kondektur bus, dan sopir angkot saat SMA. Setelah lulus dari Port Numbay, ia bekerja di Sucofindo sebelum mendirikan beberapa perusahaan dengan teman-temannya. Sebagai pengusaha dan mantan Ketua HIPMI, Bahlil bertemu Presiden Jokowi dan keduanya menjadi sahabat dekat seperti saudara.

Kini, Sri Suparni menjadi istri seorang Menteri ESDM. Di akun Instagram pribadi Bahlil Lahadalia, mereka sering membagikan konten kebersamaan. Dalam berbagai kesempatan, Sri Suparni, sang istri, tampak selalu setia mendampinginya.