Brilio.net - Seleksi CPNS 2024 semakin dekat. Kabar terbaru, beberapa instansi pemerintah pusat telah mengumumkan jumlah formasi yang mereka buka dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024. Diketahui, formasi yang dibuka tahun ini terbilang lebih besar ketimbang tahun-tahun sebelumnya.

Jumlah instansi pusat yang akan mengumumkan jumlah formasi dan jabatan yang dibuka kemungkinan akan terus bertambah. Mengingat proses pendaftarannya masih dibuka hingga 6 September 2024 nanti.

Nah, buat kamu para pejuang CPNS 2024, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (22/8), berikut ini merupakan daftar 11 kementerian dan lembaga pemerintahan pusat yang telah mengumumkan formasinya.

daftar formasi CPNS 2024 Berbagai sumber

foto: liputan6.com

1. Kementerian Luar Negeri

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mengumumkan akan membuka 100 formasi dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024. Formasi tidak hanya dibuka untuk para lulusan jurusan Hubungan Internasional (HI).

Kemenlu membuka formasi CPNS untuk 10 unit kerja yang ada di kementerian itu. Di antaranya, Sekretariat Jenderal; Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika; Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa; Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN; Direktorat Jenderal Kerja Sama Multilateral; dan Direktorat Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional.

Lowongan juga dibuka untuk unit kerja Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik; Direktorat Jenderal Protokol dan Konsuler; Inspektorat Jenderal; dan Badan Strategi Kebijakan Luar Negeri.

2. Pemerintah DKI Jakarta

Pemerintah DKI Jakarta membuka 4.413 formasi untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024. Formasi dibuka untuk lulusan S1 hingga SLTA sederajat. Salah satu formasi yang dibuka untuk SLTA adalah lowongan untuk petugas pemadam kebakaran sebanyak 215 formasi.

Persyaratan khusus yang harus dimiliki calon pelamar adalah berjenis kelamin laki-laki dan tidak memiliki fobia terhadap api, ruang gelap dan ketinggian. Tinggi badan minimal 165 Centimeter.

3. Kementerian Hukum dan HAM

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) membuka 9.070 formasi untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024. Formasi yang dibuka dibuka untuk lulusan SMA, D3, S1 dan S2.

Formasi dibuka kebutuhan umum dan juga kebutuhan khusus. Kebutuhan umum dibuka untuk 8.864 formasi. Sementara kebutuhan khusus terdiri dari 24 formasi untuk putra-putri Kalimantan dan 182 formasi khusus disabilitas.

4. Kementerian Komunikasi dan Informatika

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI membuka 4.215 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024. Rinciannya sebanyak 669 formasi dibuka untuk Kementerian Kominfo, 1.093 formasi di Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI), dan 2.453 formasi di LPP TVRI.

Kominfo membuka dua jenis formasi, yaitu untuk umum dan khusus. Formasi khusus dibuka untuk pelamar yang lulus dari perguruan tinggi dalam negeri dengan predikat cumlaude; dan lulusan perguruan tinggi luar negeri. Selain itu, kebutuhan khusus juga dibuka untuk kaum disabilitas; putra-putri Kalimantan; serta putra-putri Papua.

5. Badan Kepegawaian Negara

Badan Kepegawaian Negara (BKN) membuka 529 formasi dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024. Gaji yang ditawarkan untuk para pelamar rata-rata sebesar Rp 7 juta sampai lebih dari Rp 8 juta.

Formasi yang dibuka oleh BKN terdiri dari kebutuhan umum dan kebutuhan khusus. Kebutuhan khusus dibuka bagi para lulusan S1 dan DIV dengan predikat cumlaude, serta penyandang disabilitas, putra-putri Papua, serta putra-putri Kalimantan. Kebutuhan khusus putra-putri Kalimantan dibuka untuk penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Gaji yang ditawarkan oleh BKN untuk calon pelamar cukup beragam. Untuk analis hukum ahli pertama gaji yang ditawarkan minimal Rp 7.920.850 sampai Rp 9.159.850. Sementara untuk jabatan analis pengelolaan keuangan APBN, gaji yang ditawarkan sebesar Rp 7.920.850 sampai Rp 9.159.850.

6. Kejaksaan Agung

Kejaksaan Agung membuka ribuan formasi pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024. Formasi yang paling banyak dibuka adalah Jaksa Ahli Pertama.

Dikutip dari Pengumuman Nomor PENG-11 /C/Cp.2/08/2024, Kejagung membuka total 9.694 formasi pada CPNS 2024. Sebanyak 8.995 formasi dibuka untuk kebutuhan umum. Sementara itu, untuk kebutuhan khusus disabilitas dibuka sebanyak 194 formasi; untuk putra-putri Papua sebanyak 215 formasi; untuk putra-putri Kalimantan 19 formasi; dan cumlaude 271 formasi.

Kejaksaan membuka total 2.000 formasi untuk jabatan Jaksa Ahli Pertama. Sebanyak 1.773 formasi dibuka untuk kebutuhan umum. Sedangkan 27 formasi dibuka khusus untuk putra-putri Papua dan 200 formasi untuk lulusan cumlaude.

7. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) atau Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional membuka 751 formasi pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024.

Formasi yang dibuka terdiri dari kebutuhan khusus, yakni warga negara Indonesia yang memenuhi syarat perundang-undang. Ada pula kebutuhan khusus yang diperuntukkan bagi para lulusan cumlaude; penyandang disabilitas; dan putra-putri Kalimantan.

8. Kementerian Keuangan

Kementerian Keuangan resmi membuka formasi untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024. Jumlah formasi yang dibuka mencapai 1.230 jabatan.

Formasi-formasi tersebut terbagi menjadi dua kebutuhan, yakni kebutuhan umum dan kebutuhan khusus. Formasi untuk kebutuhan khusus dikhususkan untuk mereka yang lulus kuliah dengan predikat cumlaude; penyandang disabilitas; dan putra-putri Papua, serta Kalimantan.

Dikutip dari pengumuman resmi Kemenkeu, secara detail formasi tersebut dibuka di beberapa unit kerja yang ada. Berikut ini merupakan daftarnya.

· Sekretariat Jenderal (SETJEN) 6 formasi

· Inspektorat Jenderal (ITJEN) 14 formasi

· Direktorat Jenderal Pajak (DJP) 607 formasi

· Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) 435 formasi

· Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) 5 formasi

· Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) 38 formasi

· Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) 88 formasi

· Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) 3 formasi

· Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) 5 formasi

· Badan Kebijakan Fiskal (BKF) 11 formasi

· Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) 13 formasi

· Lembaga National Single Window (LNSW) 5 formasi

9. Sekretariat Kabinet dan Kementerian Sekretariat Negara

Sekretariat Kabinet dan Kementerian Sekretariat Negara membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 426 formasi. Dikutip dari situs Setkab, 426 formasi terdiri dari 303 formasi tenaga teknis dan 3 formasi tenaga kesehatan. Mereka akan ditempatkan di Kementerian Sekretariat Negara. Kemudian, sisanya 120 formasi tenaga teknis yang akan ditempatkan di Sekretariat Kabinet.

10. OIKN

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) membuka 600 formasi pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024. Pendaftaran ini dijadwalkan telah buka pada 20 Agustus dan akan ditutup pada 6 September 2024.

Pada CPNS 2024, OIKN akan membuka dua jalur, yakni jalur umum dan jalur khusus. Jalur khusus diisi oleh peraih predikat cumlaude, penyandang disabilitas, dan putra/putri kalimantan dan jalur umum adalah jalur sesuai seleksi normal.

11. Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (KemenPUPR) yang dipimpin oleh Basuki Hadimuljono kembali membuka lowongan kerja terbaru bagi Warga Negara Indonesia untuk bergabung sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2024.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 293 Tahun 2024 yang ditetapkan pada 2 Juli 2024, Kementerian PUPR memerlukan tenaga profesional untuk mengisi posisi jabatan fungsional.

"Pengadaan CPNS Kementerian PUPR Tahun 2024, terbagi atas kebutuhan jabatan fungsional; tenaga medis sebanyak 6.385 kebutuhan dan tenaga kesehatan sebanyak 3 kebutuhan," tulis Kementerian PUPR dalam pengumuman Nomor 05/PENG-Mn/2024, dikutip Kamis (21/8/2024).

Adapun proses pendaftaran dibuka sejak 20 Agustus dan akan ditutup pada 2 September 2025. Sama seperti beberapa instansi lainnya, Kementerian PUPR juga membuka kategori khusus bagi pelamar disabilitas, diaspora, serta putra-putri Papua dan Kalimantan, dan lulusan terbaik atau cumlaude.