Brilio.net - Belum lama ini pemerintah mengumumkan akan merilis aturan baru terkait subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) yakni jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) Pertalite dan jenis BBM tertentu JBT Solar Subsidi. Peraturan tersebut akan termuat dalam peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Imbas dari aturan terbaru ini, tidak semua masyarakat bisa membeli BBM Subsidi. Terutama yang memiliki kendaraan roda empat atau mobil. Namun, harus menunjukkan QR Code sebelum melakukan pengisian BBM bersubsidi seperti Biosolar maupun Pertalite di SPBU. Bila tidak memiliki QR Code, maka tidak bisa mengisi BBM menggunakan jenis subsidi.

Sejauh ini belum diinformasikan siapa saja yang berhak menggunakan BBM pertalite dan solar subsidi. Meski begitu, QR Code Mypertamina untuk pembelian BBM subsidi belum diwajibkan buat kendaraan roda dua atau sepeda motor. Tetapi wajib untuk kendaraan roda empat. Selain itu, kriteria penggunaan BBM subsidi ditentukan berdasarkan kapasitas mesin mobil atau Cubicle Centimeter (CC), yakni subsidi solar maksimal 2.000 CC, sedangkan BBM pertalite maksimal 1.400 CC.

Rencananya aturan ini akan diberlakukan pada 1 Oktober 2024, kemudian akan disosialisasikan pada September 2024 ini. Lantas bagaimana cara mendapatkan QR Code Pertalite? Yuk, simak cara daftar hingga syaratnya, brilio.net sadur dari laman Mypertamina, Jumat (6/9)

Cara daftar QR Code Mypertamina.

Cara dapat QR Code pertalite dari Pertamina © 2024 brilio.net

foto: subsiditepat.mypertamina.id

1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan: Foto KTP, foto STNK, foto kendaraan beserta Nomor Polisi-nya.

2. Buka situs link https://subsiditepat.mypertamina.id/ atau Code QR yang tersedia di buku panduan pendaftara pada laman tersebut. Inggat daftar menggunakan browser versi terbaru.

3. Klik menu daftar akun baru, ketika lakukan pendaftaran pastikan aku telah menelisik syarat serta ketentuan yang berlaku terkai pengguna BBM Subsidi, lalu klik tombol "Daftar Sekarang"

4. Setelah itu, isi data diri lengkap sesuai KTP. Kemudian masukkan nama lengkap, NIK, nomor ponsel, email, dan kata sandi

5. Periksa email. Pastikan email kamu aktif agar bisa melakukan aktivitasi.

6. Pada email klik tombol "Aktivasi Alamat Email" tujuannya. Usai teraktivasi, klik tombol "Masuk ke Akun" untuk melengkapi data diri.

7. Login ke Subsidi Tepat. Kemudian masuk menggunakan NIK dan kata sandi.

8. Usai login, kode verifikasi dari Subsidi Tepat akan terkirim secara otomatis ke email.

9. Selanjutnya, masukkan kode verifikasi yang sudah dikirim ke email untuk melanjutkan mengisi data diri.

10. Isi data diri dan domisili. Lengkapi data diri dan alamat sesuai petunjuk di form data diri. Pastikan juga foto KTP terlihat jelas dan dapat terbaca.

11. Setelah selesai mengisi data diri dan alamat, silakan lanjut mendaftarkan kendaraan kamu. Lanjut pilih jenis kendaraan.

12. Klik tombol Cek Data Unit usai memasukkan data kendaraan.

13. Unggah foto kendaraan.

14. Untuk kendaraan berbahan bakar Biosolar, perlu unggah foto STNK.

15. Jika lebih dari satu orang, kamu bisa masukkan data pengguna kendaraan lainnya.

16. Terakhir, data tersebut akan dicek verifikasinya dalam 14 hari. Hasil verifikasi akan dikirim ke email kamu.