Brilio.net - Menulis surat pribadi mungkin sudah jarang dilakukan di era digital seperti sekarang. Namun, surat pribadi tetap memiliki keistimewaan tersendiri. Surat yang ditulis dengan tangan atau bahkan diketik dengan sentuhan pribadi, masih bisa memberikan kesan mendalam.

Dalam surat pribadi, kamu bisa mengekspresikan perasaan, berbagi cerita, atau sekadar menyapa teman lama dengan cara yang lebih hangat dan formal sesuai kaidah bahasa Indonesia. Surat pribadi juga memiliki banyak variasi tema, tergantung pada konteks dan kepada siapa surat itu ditujukan. Ada surat untuk keluarga, teman, sahabat, atau bahkan guru.

Setiap tema memiliki gaya bahasa dan penyampaian yang berbeda, meski semuanya tetap sesuai dengan aturan baku penulisan surat. Brilio.net akan memberikan 20 contoh surat pribadi yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Dari surat untuk teman lama, ucapan selamat, hingga surat terima kasih, semuanya disajikan dengan bahasa yang sederhana namun tetap sesuai kaidah.

Yuk, cek contoh-contoh surat pribadi berikut ini yang brilio.net himpun dari berbagai sumber, Jumat (20/9).

Contoh surat pribadi berbagai tema.

20 Contoh surat pribadi berbagai tema © 2024 brilio.net

foto: freepik.com

1. Surat untuk sahabat lama.
Tema: Menyapa dan mengenang masa lalu

Kepada Sahabatku, Rina,

Halo, Rin! Apa kabarmu di sana? Rasanya sudah lama sekali sejak terakhir kali kita bertemu. Aku ingat sekali momen-momen kita waktu di sekolah, apalagi saat kita sering nongkrong bareng di kantin sambil curhat soal tugas. Semoga suatu hari nanti kita bisa bertemu lagi dan mengenang masa-masa itu. Jaga kesehatanmu ya!

Sahabatmu,
Ana.

2. Surat untuk orang tua.
Tema: Ucapan terima kasih

Ayah dan Ibu yang tersayang,

Aku ingin mengucapkan terima kasih atas semua yang sudah Ayah dan Ibu berikan selama ini. Setiap langkah yang aku jalani hingga saat ini, tak lepas dari bimbingan dan cinta kalian. Terima kasih sudah selalu ada untukku, dalam suka maupun duka.

Anakmu,
Budi.

3. Surat untuk teman seperjuangan.
Tema: Menyemangati dalam masa sulit

Untuk Bayu,

Hai, Bay! Aku dengar kabar tentang masalah yang sedang kamu hadapi, dan aku ingin bilang kalau aku selalu ada buat kamu. Jangan menyerah, ya! Hidup memang kadang sulit, tapi aku yakin kamu bisa melewatinya. Tetap semangat, Bro!

Salam hangat,
Deni.

4. Surat untuk kekasih.
Tema: Ungkapan cinta

Untuk Dinda,

Dinda, terima kasih sudah selalu ada di sisiku. Setiap hari bersamamu adalah anugerah yang indah. Aku selalu bersyukur bisa mengenalmu dan menjadi bagian dari hidupmu. Semoga kita selalu bisa bersama dan saling mendukung, apapun yang terjadi.

Dengan penuh cinta,
Rangga.

5. Surat untuk guru.
Tema: Ucapan terima kasih atas bimbingan

Kepada Ibu Guru Sari,

Ibu, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala bimbingan yang telah Ibu berikan. Tidak hanya ilmu, tetapi juga pelajaran hidup yang begitu berarti bagi saya. Semoga Ibu selalu sehat dan diberkati dalam setiap langkah.

Muridmu,
Alia.

6. Surat untuk saudara.
Tema: Mengajak bertemu

Kepada Kak Yudi,

Kak, sudah lama kita tidak kumpul-kumpul keluarga lagi. Bagaimana kalau kita adakan acara makan malam bersama akhir pekan ini? Aku yakin pasti akan seru bisa berkumpul lagi dan berbagi cerita. Aku tunggu kabarnya ya, Kak.

Adikmu,
Lita.

20 Contoh surat pribadi berbagai tema © 2024 brilio.net

foto: freepik.com/studiogstock

7. Surat untuk teman di luar kota.
Tema: Menanyakan kabar

Untuk Rani,

Hai, Ran! Apa kabarmu di sana? Sudah lama sekali sejak kamu pindah ke kota lain. Aku kangen mendengar cerita-cerita serumu. Kapan kamu bisa pulang? Kita harus kumpul lagi seperti dulu.

Sahabatmu,
Maya.

8. Surat untuk teman sekelas.
Tema: Mengajak belajar bersama

Untuk Rina,

Hai, Rin! Ujian akhir sebentar lagi, nih. Gimana kalau kita belajar bareng? Biar lebih seru dan bisa saling bantu mengerjakan soal-soal. Kabarin aku ya kalau kamu setuju.

Salam,
Sinta.

9. Surat untuk nenek.
Tema: Ucapan rindu

Nenek tersayang,

Nek, aku kangen sama nenek! Sudah lama rasanya sejak aku berkunjung ke rumah. Semoga nenek selalu sehat ya. Aku janji, akhir bulan ini aku akan pulang dan kita bisa ngobrol-ngobrol lagi.

Cucu yang sayang nenek,
Dina.

10. Surat untuk teman yang sedang sakit.
Tema: Doa untuk kesembuhan

Untuk Lia,

Lia, aku dengar kamu sedang kurang sehat. Aku ingin menyampaikan doa dan harapan agar kamu segera sembuh. Jangan lupa jaga pola makan dan istirahat yang cukup ya. Aku tahu kamu orang yang kuat!

Salam sayang,
Rika.

11. Surat untuk guru lama.
Tema: Mengenang masa-masa belajar

Kepada Pak Agus,

Pak, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam atas semua pelajaran yang dulu Bapak berikan. Banyak nilai-nilai yang Bapak ajarkan masih saya pegang sampai sekarang. Semoga Bapak sehat selalu.

Murid yang selalu hormat,
Reza.

12. Surat untuk tetangga.
Tema: Ucapan selamat atas kelahiran anak

Kepada Bu Rini,

Saya dengar kabar bahagia bahwa anak Ibu baru saja lahir. Saya ucapkan selamat yang sebesar-besarnya. Semoga tumbuh menjadi anak yang sehat dan membanggakan.

Salam hangat,
Tetangga, Lina.

13. Surat untuk teman kerja.
Tema: Memotivasi di saat sibuk

Untuk Eko,

Hai, Eko! Gimana kerjaan akhir-akhir ini? Aku tahu kita sama-sama lagi sibuk, tapi jangan sampai stres ya. Ayo, kita semangat sama-sama, nanti kalau sudah selesai bisa jalan-jalan bareng lagi.

Salam semangat,
Toni.

20 Contoh surat pribadi berbagai tema © 2024 brilio.net

foto: freepik.com

14. Surat untuk sahabat dekat.
Tema: Curhat masalah pribadi

Kepada Rani,

Rin, aku lagi punya banyak pikiran akhir-akhir ini. Rasanya hidup begitu berat. Aku tahu kamu selalu punya cara buat bantu aku keluar dari masalah, jadi aku harap kita bisa ketemu buat ngobrol.

Sahabat setia,
Tika.

15. Surat untuk orang tua pacar.
Tema: Ucapan terima kasih atas kunjungan

Kepada Bapak dan Ibu,

Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kunjungan kemarin. Rasanya senang sekali bisa bertemu dan ngobrol panjang lebar. Semoga di lain kesempatan, kita bisa bertemu lagi.

Salam hormat,
Rian.

16. Surat untuk teman di luar negeri.
Tema: Menyampaikan kabar terbaru

Untuk Andi,

Hai, Di! Gimana kabarmu di sana? Sudah lama kita nggak saling berkabar. Di sini aku baik-baik saja, kerjaan lancar, dan keluarga juga sehat. Semoga kamu juga dalam keadaan yang baik di sana.

Salam hangat,
Beni.

17. Surat untuk adik.
Tema: Menyemangati ujian

Kepada Adikku, Sari,

Sar, aku tahu ujian sudah dekat dan kamu pasti sedang belajar keras. Aku ingin kamu tetap semangat dan jangan terlalu tegang. Kakak yakin kamu pasti bisa melewati ini dengan baik.

Salam sayang,
Kakak.

18. Surat untuk mantan guru.
Tema: Menyampaikan kabar setelah lulus

Kepada Bu Retno,

Bu, saya ingin menyampaikan kabar bahwa saya sudah lulus kuliah dan sekarang sudah bekerja. Semua pencapaian ini tak lepas dari peran Ibu sebagai guru yang selalu membimbing saya dengan sabar. Terima kasih, Bu!

Murid yang berterima kasih,
Fitri.

19. Surat untuk sahabat yang berjauhan.
Tema: Kerinduan

Untuk Indah,

Indah, aku kangen banget sama kamu! Rasanya aneh sudah setahun kita nggak bertemu. Semoga suatu hari nanti kita bisa bertemu lagi dan ngobrol sampai larut malam seperti dulu.

Sahabatmu,
Maya.

20. Surat untuk pasangan.
Tema: Ungkapan perasaan

Untuk Yang Tersayang,

Aku ingin bilang kalau setiap hari bersamamu adalah kebahagiaan buatku. Terima kasih sudah selalu ada dan mendukungku dalam segala hal. Aku bersyukur bisa memiliki kamu dalam hidupku.

Dengan penuh cinta,
Danang.