Brilio.net - Bill Gates, salah satu pendiri Microsoft, dikenal sebagai pembaca yang rakus. Miliarder yang saat ini menjadi orang terkaya kesembilan di dunia ini sering berbagi rekomendasi buku favoritnya di media sosial. Bill Gates sering terlibat dalam berbagai proyek sosial, menyadari peran penting komunitas dalam saling membantu.

Tema ini menginspirasi daftar bacaan terbarunya yang ia bagikan di situs webnya. Gates menemukan "benang merah yang menghubungkan semuanya" yaitu ide tentang pelayanan kepada orang lain.

Berikut adalah empat buku yang direkomendasikan Bill Gates yang dapat mengubah cara pandang Anda:

  1. How to Know a Person oleh David Brooks

    Buku ini ditulis oleh penulis best-seller New York Times, David Brooks. Brooks membahas pentingnya membangun hubungan yang lebih dalam dengan orang-orang di sekitar kita dengan membuat mereka merasa terlihat dan diakui. Dalam buku ini, Brooks menggabungkan bidang psikologi, ilmu saraf, filsafat, sejarah, dan pendidikan untuk membantu pembaca menjadi lebih pengertian dan perhatian terhadap orang lain. Bagi Gates, buku ini lebih dari sekadar panduan untuk percakapan yang lebih baik; ini adalah cetak biru untuk cara hidup yang lebih terhubung dan manusiawi.

  2. The Women oleh Kristin Hannah

    Berlatar belakang Perang Vietnam, buku ini menceritakan kisah Frances McGrath, seorang perawat Angkatan Darat AS, yang harus beradaptasi dari medan perang yang berdarah ke rumah yang penuh dengan sentimen anti-perang. Gates menyebut buku ini sebagai "penghormatan yang indah kepada sekelompok veteran yang layak mendapatkan lebih banyak apresiasi atas pengorbanan luar biasa yang mereka lakukan."

  3. Brave New Words oleh Sal Khan

    Gates telah lama berbicara tentang manfaat kecerdasan buatan (AI), dan rekomendasinya terhadap Brave New Words menunjukkan keyakinannya bahwa AI akan meningkatkan standar pendidikan dan menjembatani kesenjangan antara guru yang terlalu banyak bekerja dan tutor yang terlalu mahal. Buku ini ditulis oleh Salman Khan, pendiri Khan Academy, yang menerima hibah USD1,5 juta dari Bill & Melinda Gates Foundation pada tahun 2010. Gates menulis, "Sal berargumen bahwa AI akan secara radikal meningkatkan hasil bagi siswa dan pengalaman guru, serta membantu memastikan semua orang memiliki akses ke pendidikan kelas dunia."

  4. Infectious Generosity oleh Chris Anderson

    Sebagai kurator TED, Chris Anderson memiliki akses langsung ke pemimpin-pemimpin dunia yang paling inspiratif. Dalam Infectious Generosity, Anderson menyajikan koleksi dari pidato-pidato paling berpengaruh, dengan fokus pada pentingnya kemurahan hati manusia. Gates mengatakan, "Anderson menawarkan rencana bagaimana setiap orang—termasuk individu, pemerintah, dan bisnis—dapat mendorong lebih banyak kemurahan hati. Ini bukan hanya tentang memberikan uang; dia berargumen bahwa kita perlu memperluas definisi kemurahan hati. Jika Anda ingin membantu menciptakan dunia yang lebih adil tetapi tidak tahu harus mulai dari mana, Infectious Generosity adalah untuk Anda."

Dengan membaca buku-buku ini, Anda tidak hanya akan mendapatkan wawasan baru tetapi juga akan terinspirasi untuk berkontribusi lebih banyak kepada masyarakat.