Brilio.net - Pidato MC dalam acara pengajian memiliki peran yang sangat penting dalam mengatur jalannya acara. Sebagai MC (Master of Ceremony), tugas utamanya adalah untuk menyambut para tamu, mengarahkan acara, dan menjaga kelancaran jalannya kegiatan. Pidato MC dalam pengajian umumnya dimulai dengan sambutan hangat kepada para hadirin dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi.

Selain itu, pidato MC juga berfungsi untuk memperkenalkan dan mengundang para pembicara atau penceramah yang akan memberikan tausiyah atau ceramah agama. Dalam proses ini seorang MC perlu memiliki keterampilan berbicara yang baik, sehingga mampu menyampaikan informasi dengan jelas. Pidato MC juga dapat digunakan untuk memberikan pengarahan terkait aturan dan tata tertib acara.

Penyampaian teks pidato MC dalam acara pengajian yang baik harus memperhatikan beberapa hal penting. MC perlu memulai dengan sambutan yang hangat dan ramah kepada para hadirin. Gunakan kata-kata yang sopan dan mengundang, serta pastikan untuk mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan acara. Setelah itu, jangan lupa untuk memperkenalkan diri dengan singkat agar para hadirin merasa lebih akrab dengan MC.

Dalam penyampaian teks pidato MC, pastikan untuk menjaga nada bicara yang jelas dan bersemangat. Pidato harus disampaikan dengan tempo yang tepat, tidak terlalu cepat atau terlalu lambat, sehingga mudah dipahami oleh seluruh hadirin.

Gunakan intonasi yang variatif untuk menekankan poin-poin penting seperti ucapan terima kasih, pengenalan pembicara, atau pengumuman penting lainnya. Terakhir, jangan lupa untuk menyelipkan kata-kata motivasi atau doa kepada para hadirin, agar acara pengajian dapat berjalan dengan lancar dan penuh berkah. Dengan demikian, penyampaian teks pidato MC yang baik akan memberikan kesan yang positif dan menyenangkan bagi semua yang hadir dalam acara pengajian.

Jika kamu masih bingung bagaimana menjadi MC, tenang brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber Selasa (2/7), Teks pidato MC pengajian sederhana yang bisa menjadi referensi kamu untuk menjadi MC pengajian.

1. Contoh Teks MC Pengajian Nuzulul Quran

Teks pidato MC pengajian sederhana freepik.com

foto: freepik.com

Assalamualaikum wr.wb.

Asyahadualla ilaha illallh, wa asyhadu anna Muhammadarasulullah. Allohuma shalli ala Muhammad wa'ala ali syaidina Muhammad. Amma badu.

Yang pertama dan yang paling utama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Atas rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga pada hari yang berbahagia ini kita masih diberi kenikmatan iman dan Islam.

Kita dapat bertemu dan bersilaturahmi dalam acara pengajian akbar untuk memperingati Nuzulul Quran. Tak lupa sholawat serta salam tercurahkan kepada Nabi Besar kita, yakni Habbibana wa Nabiyana Muhammad SAW, yang sangat kita harapkan syafaatnya besok Yaumil Akhir, Allahumma amin!

Bapak-bapak, Ibu-ibu, hadirin sekalian yang saya hormati dan semoga dirahmati Allah. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya berdiri di sini ditugaskan sebagai pembawa acara dalam peringatan Nuzulul Quran.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Alquran merupakan salah satu dan satu-satunya mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW. Alquran diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril sebagai pedoman atau petunjuk bagi umat manusia di muka bumi ini. Agar jalan yang kita tempuh merupakan jalan yang lurus, jalan yang diridhai Allah SWT.

Untuk memanfaatkan waktu, langsung saja saya akan membacakan susunan acara pada acara malam hari ini yaitu sebagai berikut:

- Pembukaan
- Pembacaan ayat suci Alquran
- Sambutan
- Ceramah agama
- Pembacaan doa
- Penutup

Itulah susunan acara pada malam ini. Hadirin hadirat yang dirahmati Allah, untuk acara pertama yaitu pembukaan, marilah kita buka acara ini dengan membaca basmallah bersama-sama. Bismillahirrahmanirrahim.

Baiklah, acara yang kedua adalah pembacaan ayat suci Alquran, yang akan dibacakan oleh Saudara/Saudari/Bapak ......

Dengan hormat kepada Saudara/Saudari/Bapak......... kami persilakan.

Terima kasih kepada Saudara/Saudari/Bapak........

Demikian pembacaan ayat suci Alquran, semoga dilimpahkan rahmat dan hidayah serta amal baik bagi beliau yang membacakan dan juga kita yang mendengarkan. Amin!

Acara selanjutnya adalah sambutan yang akan disampaikan Ketua Masjid.....

Kepada Bapak....kami persilakan.

Terima kasih atas sambutannya semoga apa yang beliau sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Hadirin-hadirat yang dirahmati Allah, acara selanjutnya adalah ceramah agama yang akan disampaikan oleh Bapak Kyai H...

Kepada Bapak Kyai H... kami persilakan.

Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Kyai H....

Semoga apa yang beliau ucapkan dapat dilaksanakan oleh kita semua. Hadirin-hadirat yang dirahmati Allah, tidak terasa acara demi acara telah kita lewati. Sebelum menuju acara yang terakhir kita dahulukan dengan membaca doa.

Doa akan dipimpin oleh Bapak.....

Untuk acara terakhir adalah penutup. Hadirin-hadirat yang dirahmati Allah, untuk penutupan acara ini, marilah kita membaca hamdallah bersama-sama. Alhamdulillahirrabil'alamin.

Kini tibalah di akhir acara. Saya selaku pembawa acara mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada salah kata dalam membawakan acara ini. Terima kasih kepada hadirin semua atas segala perhatiannya.

Wassalamualaikum wr.wb

2. Contoh Teks MC Pengajian untuk Ibadah Haji

Teks pidato MC pengajian sederhana freepik.com

foto: freepik.com

Assalamualaikum Wr.Wb.

Pertama-tama mari kita bersama panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT, yang selalu senantiasa memberikan rizki dan rahmat kepada kita semua. Mudah-mudahan setiap derap langkah bisa membuahkan pahala bagi kita semua, bisa menjadi penghapus dosa dan mengangkat derajat di hadapan Allah SWT.

Tak lupa shalawat serta salam senantiasa kita curahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju zaman terang benderang seperti sekarang ini.

Namun sebelumnya, izinkan kami untuk menyampaikan susunan acara yang akan kita lalui bersama-sama, yaitu:

- Pembukaan
- Pembacaan kalam Ilahi oleh saudara Aria Suman Febriansyah
- Sambutan oleh Shohibul hajat, yaitu Bapak H. Muhammad Imaduddin
- Ceramah agama
- Istirahat
- Doa bersama
- Penutup

Untuk memulai acara kita kali ini, marilah tasyakuran ini kita buka bersama-sama dengan membaca basmalah.

Bismillahirrahmanirrahim.

Acara berikutnya adalah kalam Ilahi. Kepada saudara ..., waktu dan tempat kami persilahkan.

Pembacaan kalam Ilahi

Subhanallah, demikian tadi pembacaan kalam Ilahi oleh saudara ..... Kepada beliau dan kita semua yang mendengarkan, semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmatnya kepada kita semua, aamiin.

Acara berikutnya yaitu sambutan dari shohibul hajat. Kepada yang terhormat Bapak H. Muhammad Imaduddin, waktu dan tempat kami persilakan.

Sambutan

Demikian tadi sambutan dari beliau, Bapak H. Muhammad Imaduddin. Subhanallah, ternyata banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil. Marilah kita senantiasa tanamkan tekad dalam hati kita untuk berhaji. Insya Allah suatu hari nanti kita akan diberikan kesempatan untuk berangkat ke tanah suci.

Acara selanjutnya adalah ceramah agama oleh ..., kepada beliau, waktu dan tempat kami persilahkan.

Ceramah agama

Demikian tadi ceramah yang telah disampaikan, semoga dari apa yang tadi beliau sampaikan bisa menjadi penambah semangat agar kita juga bisa sampai ke tanah suci, aamiin.

Acara berikutnya yaitu istirahat, kepada para pemuda kami mohon kesediaannya untuk menyajikan makanan dan minuman kepada para tamu. Untuk mengisi acara istirahat, berikut ini akan kita tampilkan hiburan nasyid dari grup nasyid "As Sunah". Kepada nasyid As Sunah, waktu dan tempat kami persilakan.

Istirahat

Demikian tadi sesi istirahat dan kami berharap grup nasyid As Sunah tadi bisa menghibur para tamu sekalian. Acara berikutnya adalah doa bersama yang akan dipimpin oleh ... Kepada ..., waktu dan tempat kami persilahkan.

Doa bersama

Berhubung acara demi acara telah kita lalui bersama-sama, marilah kita tutup acara kita pada malam hari ini dengan membaca hamdalah.

Alhamdulillahirabbil alamin.

Sekian dari kami, terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3. Contoh Teks MC Pengajian Buka Puasa Bersama di Sekolah

Teks pidato MC pengajian sederhana freepik.com

foto: freepik.com

Bismillah

Assalamualaikum Wr.Wb

Yang terhormat Dr. Ahmad Faizal, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Makassar
Yang saya hormati seluruh guru SMAN 1 Makassar beserta jajarannya
Serta tidak lupa teman-teman dan alumnus SMAN 1 Makassar yang berbahagia
Puji syukur kehadirat Allah SWT, yang senantiasa selalu mencurahkan rahmat serta hidayahnya, sehingga kita semua bisa hadir kembali di sekolah tercinta kita ini guna melaksanakan buka puasa bersama.

Semoga dari acara kali ini dapat dijadikan sebagai acara rutin tahunan yang penuh berkah dan penuh kebahagiaan. Sebagai umatnya semoga kita selalu dapat diberikan sebuah istiqomah dalam menjalankan segala perintah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Hadirin rahimakumullah, sebelum kita memasuki acara pengajian dalam rangka buka puasa bersama ini, maka saya selaku pembawa acara akan membacakan susunan-susunan acara pengajian hari ini.

Pembukaan

Pembacaan lantunan Ayat-Ayat Suci Al-Qur'an yang akan dibacakan oleh saudara Ibrahim
Sambutan ketua pelaksana acara pengajian buka puasa bersama
Sambutan dari Kepala Sekolah SMAN 1 Makassar
Masuk sesi inti yakni Ceramah yang akan dibawakan oleh Ustaz Abdul Rahman S.Ag
Doa bersama yang akan di pimpin oleh Ustaz Riza Muhammad

Penutup

Akhirnya sampailah kita penghujung acara buka puasa bersama pada hari ini. Semoga dari diadakannya acara buka puasa bersama pada kali ini, dapat menghubungkan tali silaturrahmi sesama umat muslim menjadi lebih erat lagi.

Saya selaku pembawa acara pengajian buka puasa bersama ini, mohon undur diri dan mohon maaf apabila ada tutur kata yang kurang berkenan.

Demikian acara hari ini, atas nama panitia buka puasa bersama SMAN 1 Makassar, kami ucapkan minal aidizn wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin, sekian.

Wassalamualaikum Wr.Wb

4. Contoh Teks MC Pengajian TPA

Teks pidato MC pengajian sederhana freepik.com

foto: freepik.com

Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Yang terhormat para hadirin yang kami muliakan, Tuan Guru yang kami hormati, Dan seluruh jama'ah TPA yang kami cintai.

Alhamdulillah, segala puji hanya untuk Allah Subhanahu wa Ta'ala yang telah memberikan kita kesempatan untuk berkumpul di sini dalam rangka pengajian di Taman Pendidikan Al-Qur'an. Semoga Allah senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita mendengarkan dengan penuh khidmat dan khusyu' bacaan suci Al-Qur'an yang akan dibacakan oleh salah satu santri kita.

[Santri membaca beberapa ayat Al-Qur'an dengan tartil dan tajwid yang baik]

Marilah kita semua mengambil pelajaran dan hikmah dari ayat-ayat suci yang telah kita dengarkan. Semoga kita dapat mengamalkan ajaran-ajaran yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya, mari kita sambut dengan hangat Tuan Guru yang akan memberikan pelajaran agama pada acara pengajian kali ini. Beliau merupakan sosok yang telah berdedikasi dalam mendidik dan membimbing kita semua dalam memahami agama dengan lebih baik.

[Tuan Guru memberikan pelajaran agama dengan topik tertentu]

Terima kasih kepada Tuan Guru atas bimbingan dan ilmu yang telah diberikan. Semoga ilmu yang kita peroleh hari ini menjadi cahaya yang menerangi langkah kita dalam menjalani kehidupan.

Tak lupa, kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras untuk menyiapkan acara pengajian ini dengan baik.

Sebelum kita akhiri acara ini, mari kita tutup dengan doa bersama.

[Doa bersama]

Sekali lagi, terima kasih kepada semua yang telah hadir di acara pengajian TPA ini. Semoga kita senantiasa mendapatkan hidayah dan rahmat dari Allah SWT. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

5. Contoh Teks MC Pengajian Bulanan

Teks pidato MC pengajian sederhana freepik.com

foto: freepik.com

Assalamualaikum Wr.Wb

Alhamdulillaahi robbil 'aalamiin, wabihi nasta'inu 'alaa umuriddunya waddiin. Wassholatu wassalamu 'alaa asyrofil mursaliin, wa 'alaa aalihi wa sohbihi ajma'iin. Amma ba'du.

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang dengan segala karunianya yang masih memberikan kita nikmat iman, islam dan ikhsan sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di acara spesial yang sudah kita tunggu-tunggu ini.

Yang kedua marilah kita ucapkan shalawat serta salam kepada junjungan Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah menuju zaman yang terang benderang seperti sekarang ini.

Selamat datang dalam kajian bulanan majelis taklim Annur pada bulan Agustus 2023, hari Ahad yang berbahagia ini. Bersama saya Siti Aminah yang akan memandu majelis taklim ini yang bertajuk "Cara Menasehati Anak Zaman Sekarang".

Sebelum kita melangkah pada inti acara, alangkah baiknya kita memulai majelis taklim ini dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yang akan dibawakan oleh ukhti Munirah.

Semoga pembacaan tilawah tadi membawa berkah untuk kita semua. Selanjutnya mari kita dengarkan uztazah Ramlah untuk memberikan sesi tausiahnya kepada kita semua.

Itulah tadi tausiah yang dibawakan uztazah Ramlah, terima kasih untuk uztazah. Selanjutnya kita beranjak pada acara terakhir yaitu pembacaan doa oleh Ibu Fatma, dengan hormat saya persilakan.

Baik, demikianlah kajian bulanan majelis taklim Annur pada bulan ini, semoga apa yang kita lakukan pagi ini bernilai ibadah di sisi Allah SWT. Saya Siti Aminah pamit undur diri,

Wassalamualaikum Wr. Wb