Brilio.net - Kalimat merupakan unsur penting dalam komunikasi, baik lisan maupun tulisan. Dalam bahasa Indonesia, ada dua jenis kalimat yang sering digunakan, yaitu kalimat tunggal dan kalimat majemuk. Kalimat tunggal ialah kalimat yang hanya memiliki satu subjek dan satu predikat, sehingga lebih sederhana dalam strukturnya.

Sementara itu, kalimat majemuk terdiri dari dua klausa atau lebih yang terhubung, sehingga lebih kompleks. Dengan memahami contoh kalimat tunggal dan kalimat majemuk, kamu bisa menggunakannya secara efektif sesuai dengan kebutuhan komunikasi.

Perbedaan utama antara kalimat tunggal dan majemuk terletak pada jumlah klausa yang digunakan. Kalimat tunggal fokus pada satu ide, sedangkan kalimat majemuk menggabungkan beberapa ide dalam satu kalimat.

Nah, supaya lebih memahaminya simak 50 contoh kalimat tunggal dan kalimat majemuk yang dapat memperkaya pemahaman kamu tentang struktur kalimat ini seperti Brilio.net sadur dari berbagai sumber, Kamis (10/10).

Contoh kalimat tunggal dan kalimat majemuk

Contoh kalimat tunggal dan kalimat majemuk © 2024 freepik.com

foto: freepik.com/freepik

- Kalimat tunggal

1. "Anita membaca buku di perpustakaan setiap sore."

2. "Paman pergi memancing di danau yang terletak di luar kota."

3. "Ibu memasak makanan favorit ayah untuk makan malam."

4. "Adik sedang menggambar rumah dengan pensil warna baru."

5. "Burung-burung berkicau di pohon dekat jendela kamarku."

6. "Dia menulis surat untuk sahabatnya yang tinggal di luar negeri."

7. "Kami menunggu bus di halte selama lebih dari setengah jam."

8. "Petani memanen padi di sawah yang sudah menguning."

9. "Anak-anak bermain sepak bola di lapangan setiap sore."

10. "Ayah bekerja di kantor dari pagi hingga malam hari."

11. "Santi berlari dengan cepat saat mengikuti lomba lari di sekolah."

12. "Dia duduk di bangku taman sambil membaca novel kesukaannya."

13. "Ibu membeli buah-buahan segar di pasar pagi ini."

14. "Mereka menyaksikan matahari terbenam di pantai dengan penuh kekaguman."

15. "Mobil itu melaju dengan kecepatan tinggi di jalan tol yang lengang."

16. "Guru memberikan penjelasan tentang materi matematika di kelas."

17. "Kucing itu tidur nyenyak di sofa ruang tamu sepanjang hari."

18. "Dia sedang belajar untuk ujian akhir di perpustakaan kampus."

19. "Saudara perempuanku menanam bunga di kebun belakang rumah."

20. "Penonton bersorak gembira saat tim favorit mereka memenangkan pertandingan."

21. "Dia menonton film dokumenter tentang alam di saluran televisi nasional."

22. "Para nelayan berlayar ke laut sejak pagi buta untuk mencari ikan."

23. "Adik bermain boneka kesukaannya di kamar tidurnya setiap malam."

24. "Bapak sedang memperbaiki atap rumah yang bocor karena hujan deras."

25. "Saya menghabiskan waktu sore hari dengan membaca buku di teras rumah."

- Kalimat majemuk

26. "Ani belajar di ruang tamu, sementara adiknya menonton televisi di kamar."

27. "Aku sedang menulis laporan di kantor, tetapi temanku malah mengajak bercanda."

28. "Ayah memperbaiki sepeda, sedangkan Ibu menanam bunga di halaman."

29. "Dia ingin mengikuti kursus musik, namun waktunya terbatas karena pekerjaan."

30. "Kami bermain sepak bola di lapangan, kemudian kami pergi makan bersama."

31. "Mereka bersiap-siap untuk pergi ke acara pernikahan, tetapi hujan deras tiba-tiba turun."

32. "Sinta belajar matematika dengan giat, sementara Rina lebih fokus pada pelajaran seni."

33. "Aku ingin menghadiri konser itu, tetapi tiketnya sudah habis terjual."

34. "Dia memasak nasi di dapur, sementara suaminya mencuci piring di tempat cuci."

35. "Kami berencana pergi ke pantai, namun cuaca tidak mendukung."

36. "Mereka bekerja keras untuk menyelesaikan proyek, sehingga hasilnya sangat memuaskan."

37. "Aku memesan tiket pesawat, kemudian aku langsung mengemas barang-barangku."

38. "Budi mengendarai motor dengan hati-hati, tetapi dia tetap terlambat sampai ke kantor."

39. "Ibu membeli sayuran di pasar, sementara ayah menyiapkan bumbu di rumah."

40. "Aku sangat ingin ikut liburan ke Bali, tetapi aku tidak bisa mendapatkan cuti kerja."

41. "Kami menyelesaikan tugas kelompok bersama-sama, sehingga presentasi kami berjalan lancar."

42. "Dia membersihkan kamarnya dengan rajin, kemudian dia mengerjakan PR matematikanya."

43. "Aku ingin menonton film di bioskop, tetapi waktu yang tersedia sangat terbatas."

44. "Mereka merencanakan perjalanan ke luar negeri, namun visa mereka belum disetujui."

45. "Ayah sedang memperbaiki mobil di garasi, sementara kakakku mencuci motor di halaman."

46. "Aku belajar hingga larut malam, sehingga keesokan harinya aku terlambat bangun."

47. "Mereka bermain di taman bersama, tetapi kemudian hujan deras membuat mereka pulang lebih cepat."

48. "Dia berniat membeli sepatu baru, tetapi uangnya tidak cukup untuk membelinya."

49. "Aku ingin menghadiri acara itu, namun jaraknya terlalu jauh dari rumahku."

50. "Kami sedang menyiapkan pesta ulang tahun, sementara adik sedang membuat dekorasinya."