Brilio.net - Namanya perasaan nggak ada yang bisa ditebak. Datangnya pada siapa dan kenapa selalu saja menjadi misteri. Tapi percaya nggak sih kalau sebuah pertemuan yang terjadi terus-menerus bisa menimbulkan rasa nyaman.

Apalagi disela pertemuan tersebut kamu dan sahabat selalu berbagi banyak hal. Mulai dari pengalaman sehari-hari, curhatan dari hati ke hati, atau bahkan aktivitas yang dilakukan bersama seringkali menimbulkan benih-benih cinta.

Nah, buat kamu yang lagi bingung bagaimana cara menyampaikan isi hati ke sahabat, mungkin gombalan bahasa Jawa ini jadi langkah jitu untuk menggaet hatinya.

Nggak perlu khawatir, pasalnya gombalan bahasa Jawa bikin baper untuk sahabat ini dilengkapi dengan artinya kok. Jadi setiap orang bisa gunakan gombalan bahasa Jawa bikin baper untuk sahabat ini.

Tanpa menunggu lagi, yuk simak ulasan lengkap 55 gombalan bahasa Jawa bikin baper untuk sahabat, cara unik ungkapkan perasaan seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (27/7).

Gombalan bahasa Jawa bikin baper untuk sahabat, cara unik ungkapkan perasaan.

Gombalan Bahasa Jawa bikin baper untuk sahabat © 2024 freepik.com

foto: freepik.com

1. "Aku ora perduli awakmu elek opo ayu, sing penting awakmu sahabatku sak lawase." (Aku tidak peduli kamu jelek atau cantik, yang penting kamu sahabatku selamanya.)

2. "Urip iki koyo dene kembang, nanging kowe sing dadi pupuk sing nggawe urip iki luwih endah lan wangi." (Hidup ini seperti bunga, tapi kamulah pupuk yang membuat hidup ini lebih indah dan harum.)

3. "Nek ora ono kowe, uripku koyo sego liwet tanpo trasi, hambar lan ora ono rasane." (Kalau tidak ada kamu, hidupku seperti nasi liwet tanpa terasi, hambar dan tidak ada rasanya.)

4. "Kowe iku koyok kopi pahit, nanging malah nggawe uripku luwih manis lan semangat." (Kamu itu seperti kopi pahit, tapi justru membuat hidupku lebih manis dan bersemangat.)

5. "Aku ora butuh sayur asem, sing penting kowe tetep asem ning uripku, nggawe kabeh luwih seger." (Aku tidak butuh sayur asem, yang penting kamu tetap asem dalam hidupku, membuat segalanya lebih segar.)

6. "Nek ora ono kowe, uripku koyo sate tanpo bumbu kacang, kurang jos lan ora nyamleng." (Kalau tidak ada kamu, hidupku seperti sate tanpa bumbu kacang, kurang jos dan tidak nikmat.)

7. "Kowe iku koyok gula jawa, nggawe uripku tambah legi lan nggawe aku kangen terus." (Kamu itu seperti gula jawa, membuat hidupku tambah manis dan membuatku selalu rindu.)

8. "Aku ora butuh es teh, sing penting kowe tetep nyegerin atiku saben dino." (Aku tidak butuh es teh, yang penting kamu tetap menyegarkan hatiku setiap hari.)

9. "Urip iki pancen angel, nanging luwih angel nek ora ono kowe ning sisihku." (Hidup ini memang sulit, tapi lebih sulit kalau tidak ada kamu di sisiku.)

10. "Kowe iku koyok sambel terasi, nggawe uripku tambah sedep lan nambah nafsu makan." (Kamu itu seperti sambal terasi, membuat hidupku tambah sedap dan menambah nafsu makan.)

11. "Aku ora butuh rawon, sing penting kowe tetep dadi bumbu ning uripku, nggawe kabeh luwih enak." (Aku tidak butuh rawon, yang penting kamu tetap jadi bumbu dalam hidupku, membuat segalanya lebih enak.)

12. "Kowe iku koyok gethuk, nggawe uripku tambah kenyal lan ora gampang nyerah." (Kamu itu seperti gethuk, membuat hidupku tambah kenyal dan tidak mudah menyerah.)

13. "Nek ora ono kowe, uripku koyo soto tanpo suwiran ayam, kurang lengkap lan ora mantep." (Kalau tidak ada kamu, hidupku seperti soto tanpa suwiran ayam, kurang lengkap dan tidak mantap.)

14. "Kowe iku koyok tempe mendoan, nggawe uripku tambah gurih lan ora ono bosene." (Kamu itu seperti tempe mendoan, membuat hidupku tambah gurih dan tidak ada bosannya.)

15. "Aku ora butuh bakso, sing penting kowe tetep dadi pentol ning uripku, nggawe kabeh luwih berasa." (Aku tidak butuh bakso, yang penting kamu tetap jadi pentol dalam hidupku, membuat segalanya lebih berasa.)

16. "Kowe iku koyok rujak cingur, nggawe uripku tambah seger lan ora monoton." (Kamu itu seperti rujak cingur, membuat hidupku tambah segar dan tidak monoton.)

17. "Nek ora ono kowe, uripku koyo tahu petis tanpo petis, kurang jos lan ora nyamleng." (Kalau tidak ada kamu, hidupku seperti tahu petis tanpa petis, kurang jos dan tidak nikmat.)

18. "Kowe iku koyok nasi uduk, nggawe uripku tambah wangi lan nggawe aku betah neng omah." (Kamu itu seperti nasi uduk, membuat hidupku tambah wangi dan membuatku betah di rumah.)

19. "Aku ora butuh es dawet, sing penting kowe tetep nyejukno atiku saben wektu." (Aku tidak butuh es dawet, yang penting kamu tetap mendinginkan hatiku setiap waktu.)

20. "Kowe iku koyok pecel lele, nggawe uripku tambah nikmat lan ora ono bosene." (Kamu itu seperti pecel lele, membuat hidupku tambah nikmat dan tidak ada bosannya.)

21. "Nek ora ono kowe, uripku koyo gado-gado tanpo bumbu kacang, kurang lengkap lan ora enak." (Kalau tidak ada kamu, hidupku seperti gado-gado tanpa bumbu kacang, kurang lengkap dan tidak enak.)

22. "Kowe iku koyok es cendol, nggawe uripku tambah seger lan nggawe aku pengen terus njupuk." (Kamu itu seperti es cendol, membuat hidupku tambah segar dan membuatku ingin terus mengambil.)

23. "Aku ora butuh sate kambing, sing penting kowe tetep dadi bumbu kecap ning uripku, nggawe kabeh luwih manis." (Aku tidak butuh sate kambing, yang penting kamu tetap jadi bumbu kecap dalam hidupku, membuat segalanya lebih manis.)

24. "Kowe iku koyok nasi goreng, nggawe uripku tambah berasa lan ora ono bosene." (Kamu itu seperti nasi goreng, membuat hidupku tambah berasa dan tidak ada bosannya.)

25. "Nek ora ono kowe, uripku koyo sop buntut tanpo buntut, kurang lengkap lan ora mantep." (Kalau tidak ada kamu, hidupku seperti sop buntut tanpa buntut, kurang lengkap dan tidak mantap.)

26. "Kowe iku koyok srengenge sing nyinari uripku, nggawe kabeh dadi cerah lan kebak semangat." (Kamu itu seperti matahari yang menyinari hidupku, membuat segalanya menjadi cerah dan penuh semangat.)

Gombalan bahasa Jawa bikin baper untuk sahabat, menginspirasi dan menyentuh hati.

Gombalan Bahasa Jawa bikin baper untuk sahabat © 2024 freepik.com

foto: freepik.com

27. "Sak suwene iki, kowe wis dadi kanca sing paling cedhak karo atiku." (Selama ini, kamu sudah menjadi teman yang paling dekat dengan hatiku.)

28. "Aku matur nuwun wis gelem dadi kanca sing setya, senajan aku duwe akeh kurange." (Aku berterima kasih sudah mau menjadi teman yang setia, meskipun aku punya banyak kekurangan.)

29. "Karo kowe, urip iki rasane luwih entheng lan kebak karo kabungahan." (Bersamamu, hidup ini rasanya lebih ringan dan penuh dengan kebahagiaan.)

30. "Aku ora iso mbayangke urip tanpo kowe, mergo kowe wis dadi bagian sing penting banget." (Aku tidak bisa membayangkan hidup tanpa kamu, karena kamu sudah menjadi bagian yang sangat penting.)

31. "Kowe iku koyok lintang sing padhang ing wengi sing peteng, nggawe uripku luwih cerah." (Kamu itu seperti bintang yang terang di malam yang gelap, membuat hidupku lebih cerah.)

32. "Aku matur nuwun wis gelem ngrungokke kabeh ceritaku, senajan kadang ora penting." (Aku berterima kasih sudah mau mendengarkan semua ceritaku, meskipun terkadang tidak penting.)

33. "Kowe iku koyok banyu sing nyegerni atiku ing wayah ketiga." (Kamu itu seperti air yang menyegarkan hatiku di musim kemarau.)

34. "Aku seneng bisa dadi awakmu apa anane, tanpa kudu ethok-ethok dadi wong liyo." (Aku senang bisa menjadi diriku apa adanya bersamamu, tanpa harus berpura-pura menjadi orang lain.)

35. "Guyon karo kowe iku nggawe aku lali karo masalah sing tak adhepi." (Bercanda denganmu itu membuatku lupa dengan masalah yang kuhadapi.)

36. "Kowe iku koyok omah sing iso tak baleni kapan wae, mergo kowe nggawe aku ngrasa aman." (Kamu itu seperti rumah yang bisa ku kembali kapan saja, karena kamu membuatku merasa aman.)

37. "Aku matur nuwun wis gelem dadi cahya ing wektu-wektu sing peteng." (Aku berterima kasih sudah mau menjadi cahaya di waktu-waktu yang gelap.)

38. "Bareng kowe, aku percaya nek keajaiban iku nyata lan iso kedadeyan." (Bersamamu, aku percaya bahwa keajaiban itu nyata dan bisa terjadi.)

39. "Tresnaku marang kowe iku ora mung sebatas asmara, nanging luwih jero saka kuwi." (Cintaku padamu itu tidak hanya sebatas asmara, tapi lebih dalam dari itu.)

40. "Meneng bareng kowe iku rasane luwih nyaman tinimbang ngomong karo wong liyo." (Diam bersamamu itu rasanya lebih nyaman daripada berbicara dengan orang lain.)

41. "Kowe nggawe aku wani ngimpi luwih dhuwur lan yakin nek kabeh bisa tak raih." (Kamu membuatku berani bermimpi lebih tinggi dan yakin bahwa semua bisa kuraih.)

42. "Kowe iku koyok pelangi sakwise udan, nggawe uripku luwih berwarna." (Kamu itu seperti pelangi setelah hujan, membuat hidupku lebih berwarna.)

43. "Bareng kowe, aku percaya nek isih akeh wong apik ning donya iki." (Bersamamu, aku percaya bahwa masih banyak orang baik di dunia ini.)

44. "Kowe nggawe aku nemu kekuatan sing ora tak ngerti nek aku duwe." (Kamu membuatku menemukan kekuatan yang tidak ku tahu bahwa aku punya.)

45. "Saben dina karo kowe iku koyok petualangan anyar sing nyenengake." (Setiap hari bersamamu itu seperti petualangan baru yang menyenangkan.)

46. "Aku matur nuwun wis gelem nampa aku apa anane, karo kabeh kekuranganku." (Aku berterima kasih sudah mau menerima aku apa adanya, dengan semua kekuranganku.)

47. "Kowe iku koyok pelukan sing anget ing wayah adhem." (Kamu itu seperti pelukan yang hangat di waktu dingin.)

48. "Bareng kowe, aku percaya nek ora ono sing ora mungkin ing donya iki." (Bersamamu, aku percaya bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.)

49. "Ing mripatmu, aku weruh bayangan awakku sing luwih apik." (Di matamu, aku melihat bayangan diriku yang lebih baik.)

50. "Kesalahan bareng kowe iku malah dadi pelajaran sing wigati." (Kesalahan bersamamu itu justru menjadi pelajaran yang berharga.)

51. "Kowe nggawe aku wani ngadhepi rasa wedi sing selama iki tak simpen." (Kamu membuatku berani menghadapi rasa takut yang selama ini kusimpan.)

52. "Aku matur nuwun wis gelem dadi panggonan kanggo sandar nalika donya iki krasa abot." (Aku berterima kasih sudah mau menjadi tempat untuk bersandar ketika dunia ini terasa berat.)

53. "Bareng kowe, aku percaya nek kekancan iku bisa ngalahke apa wae." (Bersamamu, aku percaya bahwa persahabatan itu bisa mengalahkan apa saja.)

54. "Ing guyon lan esemmu, aku nemu obat kanggo kabeh kesedihanku." (Dalam candaan dan senyummu, aku menemukan obat untuk semua kesedihanku.)

55. "Bareng kowe, aku ngrasa lengkap lan ora butuh apa-apa maneh ing donya iki." (Bersamamu, aku merasa lengkap dan tidak butuh apa-apa lagi di dunia ini.)