Brilio.net - Wells Fargo sebuah perusahaan bank terbesar nomor tiga di Amerika Serikat memecat lebih dari 12 karyawanya, setelah penyelidikan internal mengungkap adanya praktik tidak etis di tempat kerja, menurut pengajuan ke Otoritas Pengaturan Industri Keuangan.

Dikutip dari Forbes.com, praktik tidak etis yang ditemukan adalah adanya karyawan yang memalsukan aktivitas pekerjaan mereka menggunakan Mouse Jigglers. Saat pekerjaan jarak jauh meningkat selama pandemi, karyawan beralih menggunakan mouse jigglers untuk memberi kesan seolah-olah mereka sedang aktif menggunakan komputer.

Tanpa pengawasan langsung dari perusahaan, gadget yang menipu ini secara otomatis menggerakkan kursor mouse secara berkala, mengelabui perangkat lunak pemantauan karyawan agar seolah mereka bekerja secara produktif. Kejadian ini tentu membuat sejumlah perusahaan ketar-ketir, mengingat teknologi yang harusnya membantu justru bisa dipakai untuk tujuan yang tidak benar.

Lalu pertanyaannya, apa itu Mouse Jiggler? Bagaimana cara mendeteksi karyawan yang menggunakan Mouse Jiggler?

Apa itu Mouse Jiggler?

Pengertian mouse jigglers © 2024 Freepik.com

Pengertian mouse jigglers
© 2024 Freepik.com/berbagai sumber

Brilio.net menyadur dari Timedoctor.com, Rabu (3/7) mouse jigglers atau disebut juga penggerak tetikus, dirancang untuk menjaga komputer desktop atau laptop tetap dalam mode aktif. Alat ini menggerakkan kursor secara otomatis setiap beberapa detik dan mencegah perangkat menunjukkan status siaga atau masuk mode tidak aktif.

Mouse Jigglers bekerja pada cara yang berbeda. Bisa saja berupa gadget atau perangkat keras yang dicolokkan langsung ke PC. Namun, bisa juga berupa aplikasi perangkat lunak yang mensimulasikan aktivitas mouse.

Mouse jiggler telah menjadi hal yang umum di kalangan pekerja jarak jauh, terutama sejak maraknya Work From Home (WFH). Karyawan mungkin memilih untuk menggunakan mouse jiggler karena berbagai alasan, termasuk meninggalkan tempat kerja dalam jangka waktu yang lama.

Cara menggunakan mouse jiggler dan jenis-jenisnya.

Pengertian mouse jigglers © 2024 Instagram

Pengertian mouse jigglers
© 2024 Instagram/berbagai sumber

1. Perangkat penggerak mouse.

Versi perangkat keras dari mouse jiggler adalah sebuah benda kecil yang dapat ditempatkan di bawah mouse. Benda tersebut akan bergerak untuk memicu sensor optik mouse untuk menciptakan ilusi gerakan mouse. Dalam kebanyakan kasus, perangkat ini bekerja dengan cara dicolokkan ke sumber daya eksternal. Kelebihannya adalah sulit dikenali karena tidak terhubung langsung ke desktop atau laptop.

Meskipun sulit terdeteksi, ia tetap memiliki kelemahan. Pekerja yang ingin mengelabui atasannya harus meletakkan mouse pada perangkat untuk mengaktifkannya, yang mengharuskan mereka mengingat untuk melakukannya.

Untuk menghindari langkah ekstra ini, beberapa karyawan jarak jauh lebih memilih penggerak tetikus bertenaga USB saat bekerja dari rumah. Perangkat ini langsung terhubung ke desktop dan laptop dan berjalan secara otomatis, sehingga layar komputer tetap aktif. Meskipun perangkat USB ini lebih mudah digunakan, mereka juga lebih mudah dideteksi dan dicegah.

2. Aplikasi mouse jigglers.

Selain itu, ada juga mode yang menggunakan perangkat lunak atau aplikasi. Aplikasi tersebut diprogram untuk menggerakkan kursor mouse secara otomatis pada waktu yang telah ditetapkan. Sebagian besar, aplikasi dalam kategori ini memiliki opsi penyesuaian yang memungkinkan pengguna memilih kerangka waktu dan gerakan tertentu. Terkadang termasuk menekan tombol pada keyboard.

Jika sudah menggunakan perangkat lunak, pekerja tidak perlu lagi menggunakan perangkat eksternal. Meski beberapa aplikasi memiliki fitur yang dapat membantu menyembunyikan perangkat lunak tersebut, biasanya mudah bagi atasan untuk mendeteksi penggunaannya.

Meski atasan mengetahui komputer tetap hidup saat bekerja jarak jauh, mouse jigglers ini tidak dapat menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, teknologi tersebut tidak dapat menanggapi panggilan atau pesan yang masuk ke komputer.

Cara mendeteksi apabila karyawan menggunakan mouse jiggler.

Pengertian mouse jiggler © 2024 Instagram

Pengertian mouse jigglers
© 2024 Instagram/berbagai sumber

Berikut tiga cara untuk mengenali perangkat dan aplikasi mouse jiggler, dirangkum dari Timedoctor.com:

1. Memantau aplikasi dan perangkat yang terpasang di komputer kerja.

Cara termudah untuk menghindari masalah pengelabuan kegiatan kerja adalah, dengan mencegah karyawan memasang aplikasi atau perangkat yan tidak sah pada PC atau komputer yang kantor sediakan. Jika pelarangan dirasa tidak etis, maka setidaknya kamu bisa memantau aplikasi dan perangkat yang dipasang.

Beri tahu mereka bahwa perangkat dan aplikasi yang mengontrol input mouse tidak diperbolehkan di tempat kerja. Komunikasikan dengan jelas langkah-langkah yang akan kamu ambil jika menemukan seseorang menggunakan alat-alat ini.

2. Meminta karyawan untk merespons dalam jangka waktu tertentu.

Mencegah pemasangan program yang tidak sah pada perangkat karyawan dapat membantu menghilangkan pergerakan tetikus. Namun, hal itu juga dapat menyulitkan mereka jika harus memasang perangkat lunak yang memang dibutuhkan.

Sebaliknya, pertimbangkan pendekatan manual yang membantu kamu membangun kepercayaan dengan karyawan. Minta karyawan menanggapi pesan Slack (semacam aplikasi chat), panggilan video, atau aplikasi obrolan dalam jangka waktu tertentu.

Walau mouse jiggler dapat membuat karyawan tampak sedang bekerja, tetapi teknologi ini tidak dapat melakukan tugas yang lebih rumit seperti mengklik tombol, menanggapi pesan, atau menjawab panggilan.

3. Gunakan perangkat lunak pemantauan karyawan.

Untuk pendekatan yang lebih komprehensif dalam memantau perilaku karyawan, gunakan perangkat lunak pelacakan.

Perangkat lunak ini dapat memantau waktu aktif dan waktu senggang saat karyawan sedang bekerja. Meskipun perangkat lunak tersebut tidak mencatat penekanan tombol, perangkat lunak tersebut melacak gerakan mouse dan aktivitas papan ketik.