Brilio.net - Lagu Fix You merupakan salah satu karya paling ikonik dari band rock asal Inggris, Coldplay. Dirilis pada 2005 sebagai single dari album studio ketiga mereka "X&Y", lagu ini dengan cepat menjadi favorit para penggemar dan mendapat pengakuan global. Liriknya yang menyentuh dan melodi emosional telah menggugah hati jutaan pendengar, menjadikannya sebuah klasik abadi.

Chris Martin, vokalis Coldplay, menulis lagu ini terinspirasi dari pengalaman pribadinya. Konon, Fix You diciptakan sebagai bentuk penghormatan kepada istrinya, Gwyneth Paltrow, yang sedang berduka atas kematian ayahnya. Lirik lagu ini menjadi pengingat bahwa bahkan di saat-saat tergelap, kita masih bisa menemukan secercah harapan dan penyembuhan.

Namun, di balik kesedihan itu, ada pesan harapan yang kuat. Lagu ini mengajak kita untuk tetap berjuang meski dalam keadaan terpuruk. Fix You mengingatkan bahwa selalu ada cahaya di ujung terowongan, dan kita bisa bangkit kembali dengan dukungan orang-orang terdekat.

Melalui lagu ini, Coldplay berhasil menggambarkan perasaan universal tentang kehilangan dan perjuangan untuk bangkit kembali. Arti lagu Fix You bukan hanya tentang kesedihan, tapi juga tentang kekuatan cinta dan dukungan dalam menghadapi masa-masa sulit.

Arti lagu Fix You dari Coldplay ini telah menyentuh hati banyak orang di seluruh dunia. Kedalaman makna dan kekuatan emosinya membuat lagu ini tetap relevan hingga saat ini, bahkan setelah hampir dua dekade sejak perilisannya.

Berikut brilio.net rangkum arti lagu Fix You dari Coldplay dari berbagai sumber pada Selasa (20/8).

Makna lagu Fix You dari Coldplay.

arti lagu fix you coldplay © 2024 Instagram

foto: Instagram/@coldplay

Lirik 'Fix You' mengangkat tema harapan, ketahanan, dan kekuatan transformatif dari cinta serta dukungan. Inti dari lagu ini berkisar pada tema-tema kasih sayang yang tulus, memberikan dukungan di saat-saat sulit, dan belajar dari kesalahan masa lalu.

Dilansir dari Smooth Radio, Gwyneth Paltrow mengungkapkan bahwa Chris Martin, vokalis Coldplay, menulis lagu ini dengan dirinya sebagai inspirasi. Tujuannya adalah untuk membantu Paltrow melewati masa-masa sulit setelah kematian ayahnya.

Hubungan Martin dan Paltrow mulai berkembang pada 2002, tak lama setelah ayah Paltrow, aktor Bruce Paltrow, meninggal dunia.

Dalam sebuah wawancara di The Howard Stern Show pada 2015, Paltrow berbagi lagu Fix You merupakan lagu dari Chris untuknya yang tengah kehilangan sang ayah.

"Fix You bercerita tentang usaha Chris untuk membantu saya bangkit kembali setelah ayah saya meninggal. Saya rasa itu sangat manis," ungkapnya.

Martin dan Paltrow menikah pada 2003 dan dikaruniai dua anak sebelum akhirnya berpisah pada 2014. Dalam wawancara dengan USA Today, Chris Martin menjelaskan inspirasi di balik lagu tersebut adalah ayah mertuanya.

"Ayah mertua saya, Bruce Paltrow, membeli sebuah keyboard besar tepat sebelum dia meninggal. Belum ada yang pernah menyalakannya," ungkapnya.

Menurutnya, keyboard hadiah dari sang ayah mertua adalah hadiah terbaik. Seluruh nada lagu Fix You berasal dari keyboard tersebut.

"Saya menyalakannya, dan ada suara luar biasa yang belum pernah saya dengar sebelumnya. Semua lagu ini mengalir dari satu suara itu," imbuhnya.

Arti lirik lagu Fix You dari Coldplay.

arti lagu fix you coldplay © 2024 Instagram

foto: Instagram/@coldplay

When you try your best but you don't succeed
Saat kau berusaha sebaik-baiknya namun kau tak berhasil
When you get what you want but not what you need
Saat kau dapatkan yang kau inginkan namun tak kau butuhkan
When you feel so tired but you can't sleep
Saat kau merasa begitu lelah namun tak bisa terlelap
Stuck in reverse
Selalu terbayang masa lalu

And the tears come streaming down your face
Dan air mata mengalir di wajahmu
When you lose something you can't replace
Saat kau kehilangan sesuatu yang tak tergantikan
When you love someone but it goes to waste
Saat kau mencintai seseorang namun bertepuk sebelah tangan
Could it be worse?
Adakah yang lebih buruk dari itu?

Lights will guide you home
Cahaya 'kan mengantarmu pulang
And ignite your bones
Dan menyulut belulangmu
And I will try to fix you
Dan aku kan berusaha membenahimu

And high up above or down below
When you're too in love to let it go
Saat kau terlalu cinta dan tak bisa melepaskannya
But if you never try you'll never know
Namun jika tak pernah mencoba kau takkan pernah tahu
Just what you're worth
Betapa berharga dirimu

Tears stream down your face
Air mata mengalir di wajahmu
when you lose something you cannot replace
Saat kau kehilangan sesuatu yang tak tergantikan
Tears stream down your face
Air mata mengalir di wajahmu
And I
Dan aku

Tears stream down your face
Air mata mengalir di wajahmu
I promise you I will learn from my mistakes
Janjiku padamu aku kan belajar dari kesalahanku
Tears stream down your face
Air mata mengalir di wajahmu
And I
Dan aku