Brilio.net - Proses pendaftaran CPNS 2024 mengalami beberapa kendala, salah satunya akses e-materai yang seringkali error hingga pelamar tidak bisa submit pendaftaran seleksi CPNS 2024 padahal tenggat deadline pendaftaran sudah mepet.

Alhasil, BKN melalui laman media sosialnya mengumumkan memperpanjang proses pendaftaran hingga tanggal 10 September 2024 dan penggunaan materai bisa materai tempel atau menggunakan e-materai. Melalui keputusan ini harapannya akses para pelamar CPNS 2024 dapat berjalan dengan lancar.

Namun, yang menjadi polemik lainnya apakah materai tempel ditimpal dengan tanda tangan atau tidak. Mengingat ketentuan e-materai yang tidak boleh ditindih oleh tanda tangan. Lantas bagaimana penggunaan kedua materai untuk berkas CPNS 2024 ini?

Nah, supaya memperjelas kebingungan kamu, berikut brilio.net akan mengulik cara penggunaan e-materai dan materai tempel yang dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/9).

Cara penggunaan e-materai pada dokumen berkas CPNS 2024

Cara penggunaan e-materai & materai tempel untuk berkas CPNS 2024 © 2024 brilio.net

foto: meterai-elektronik.com

1. Akses laman https://meterai-elektronik.com, login dengan akun yang terdaftar

2. Klik “Beli e-Meterai”, pilih jumlah e-meterai yang dibutuhkan, klik “Beli” Pada bagian konfirmasi, lakukan pengecekan kembali detail pembelian, klik “Lanjutkan”

3. Pilih metode pembayaran menggunakan QRIS, scan barcode tersebut Jika pembayaran berhasil, tekan "Refresh Tab" browser, akan muncul pemberitahuan pembelian “berhasil”

4. Klik “Lihat Kuota” untuk melihat detail pembelian Klik menu “Kuota e-Meterai”, pastikan jumlah e-Meterai kamu sesuai dengan yang telah dibeli Untuk mengunduh bukti pembelian, kamu bisa mengklik tombol “Download”.

5. Selanjutnya, buka menu Pembubuhan, klik "Pembubuhan Dokumen"

6. Klik perintah "Saya Mengerti" Siapkan dokumen yang sudah ditanda tangani, pastikan format dokumen PDF minimal versi 1.6.

7. Upload dokumen. Lalu posisikan e-materai di samping tanda tangan. Pastikan e-materai tidak menimpa tanda tangan atau objek lainnya.

8. Klik menu periksa riwayat pembubuhan lalu cek status dan klik "Download”. Setelah itu, klik link yang diberikan lalu masukkan ke tab baru di browser, otomatis akan terdownload.

Cara penggunaan materai tempel pada dokumen berkas CPNS 2024

Cara penggunaan e-materai & materai tempel untuk berkas CPNS 2024 © 2024 brilio.net

foto: Liputan6.com/Faizal Fanani

1. Beli materai 10.000 asli. Pastikan dokumen yang kamu punya bersih dan tidak ada noda satupun.

2. Cetak dokumen yang dibutuhkan lalu tempel materai dengan basahi bagian belakang materai dengan sedikit air atau lem.

3. Tempelkan materai (materai tidak boleh menutupi tulisan pada dokumen atau tanda tangan).

4. Setelah itu, scan file tersebut lalu unggah dokumen di laman persyaratan SSCASN dengan memilih jenis "Materai Konvensional atau Materai Tempel"

5. Klik simpan. Pastikan materai diletakkan di sebelah kiri tanda tangan dan tanda tangan mengenai sedikit atau sebagai materai tempel. Ingat materai tidak boleh menutupi nama pelamar ya.