Brilio.net - Hari Santri Nasional adalah momen penting yang dirayakan oleh seluruh santri di Indonesia. Setiap tahunnya, perayaan ini tidak hanya menjadi ajang untuk mengenang jasa para santri dalam perjuangan kemerdekaan, tetapi juga untuk memperkuat peran santri dalam pembangunan bangsa. Tahun 2024 ini, Hari Santri kembali hadir dengan tema yang menarik dan penuh makna. Dalam artikel ini akan membahas tema Hari Santri 2024 dan menyediakan link download logo resmi yang bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan.

Sejak ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada 2015, Hari Santri Nasional diperingati setiap 22 Oktober. Penetapan ini bukan tanpa alasan, melainkan untuk mengenang Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh KH Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober 1945. Resolusi ini menjadi salah satu pemicu semangat perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah. Oleh karena itu, Hari Santri tidak hanya menjadi perayaan bagi kaum santri, tetapi juga bagi seluruh rakyat Indonesia yang menghargai perjuangan para pahlawan.

Tahun ini, perayaan Hari Santri diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan tema yang diusung, diharapkan seluruh elemen masyarakat, terutama para santri, dapat berkontribusi lebih dalam pembangunan nasional.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (14/10), yuk simak lebih lanjut mengenai tema Hari Santri 2024 dan bagaimana kamu bisa mendapatkan logo resminya.

Tema Hari Santri 2024.

tema hari santri 2024 Berbagai sumber

foto: kemenag.go.id

Dilansir brilio.net dari situs resmi kemenag.go.id, Senin (14/10), Kementerian Agama (Kemenag) telah mengeluarkan Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor SE 42 Tahun 2024 tentang Panduan Pelaksanaan Peringatan Hari Santri 2024.

Di dalamnya, Menteri Agama H Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) menyampaikan tema peringatan Hari Santri 2024 yaitu 'Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan'.

"Dalam peringatan Hari Santri tahun ini, kita merayakan semangat juang yang dinamis dan terus berlanjut menuju masa depan yang lebih baik. Tema Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan mengangkat makna yang dalam dan relevan dalam zaman ini," ujar Gus Yaqut dalam surat edaran pada Rabu (9/10), dikutip dari situs kemenag.

Gus Yaqut menjelaskan bahwa 'Menyambung Juang' adalah frasa yang berarti meneruskan semangat juang, sementara 'Merengkuh Masa Depan' yakni sebuah ungkapan yang memiliki arti bergerak bersama menuju sejahtera. Secara keseluruhan, tema ini menyimbolkan perjuangan berkelanjutan para santri dalam merengkuh masa depan yang sejahtera, dengan semangat, keberanian, dan nilai-nilai luhur yang selalu dijaga dan diteruskan.

Link download logo Hari Santri 2024.

Untuk mendukung perayaan Hari Santri 2024, Kementerian Agama telah merilis logo resmi yang dapat digunakan oleh masyarakat. Logo ini dirancang dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang diusung dalam tema tahun ini. Kamu bisa menggunakan logo ini untuk berbagai keperluan, seperti spanduk, poster, atau media sosial.

Untuk mendapatkan logo resmi Hari Santri 2024, kamu bisa mengunjungi situs resmi Kementerian Agama di kemenag.go.id. Di sana, kamu akan menemukan link download yang menyediakan logo dalam berbagai format, sehingga memudahkan kamu untuk menggunakannya sesuai kebutuhan. Pastikan kamu mengunduh dari sumber resmi agar mendapatkan logo dengan kualitas terbaik.

Atau kamu bisa klik disini (masukkan link : https://kemenag.go.id/informasi/informasi-hari-santri-tahun-2024)

Makna logo Hari Santri 2024.

tema hari santri 2024 Berbagai sumber

foto: kemenag.go.id

Dilansir brilio.net dari laman nu.or.id, Senin (14/10), logo Hari Santri 2024 adalah dua tali yang saling melilit dengan kombinasi warna hijau pine dan emas. Pada bagian atasnya terlihat lingkaran dengan warna merah.

Jika kamu perhatikan, dua tali yang saling melilit tersebut membentuk siluet santri yang sedang berlari. Bila kedua tali dilihat terpisah, akan membentuk huruf “s” dan “i” yang menjadi simbol Santri Indonesia.

Gus Yaqut menuturkan bahwa sosialisasi tema, logo, dan rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri 2024 dilaksanakan melalui situsweb, media sosial, spanduk, baliho, dan/atau standing banner.

"Seluruh pelaksanaan kegiatan Peringatan Hari Santri 2024 disesuaikan dengan kemampuan masing-masing serta mengedepankan prinsip kesederhanaan dan kekhidmatan," ujar Gus Yaqut, dikutip dari situs nu.or.id.

Terakhir, Menteri Agama juga mengajak seluruh masyarakat untuk memeriahkan peringatan Hari Santri 2024 dengan melakukan kegiatan zikir, shalawat, munajat, doa, dan kegiatan lainnya yang relevan dengan tema Hari Santri 2024.