Brilio.net - Saat tengah berbelanja, kira-kira selain kualitas produk dan harga barang, apa saja yang kamu pertimbangkan lagi? Yap, pelayanan dan interaksi. Menciptakan ikatan emosional dan interaksi pelanggan lebih personal dalam setiap momen belanja, rupanya penting bagi sebuah ritel.

PT MAP Aktif Adiperkasa distributor brand sepatu global New Balance juga menganggap hal tersebut sangatlah penting. Untuk memperkuat eksistensinya di Indonesia, kini dibuka gerai berkonsep baru “Uncommon Common”. Konsep ini. diimplementasikan untuk pertama kalinya di Indonesia di New Balance Grand Indonesia Lantai 3, Jakarta.

Martina Harianda Mutis, General Manager Brand Marketing Sports MAP Active mengungkapkan konsep Uncommon Common ini merupakan salah satu cara untuk memberikan pengalaman baru kepada para pelanggan.

"Kami mengubah mindset di mana bila dulu membeli sepatu hanya soal transaksional. Sekarang lebih dari itu, menemukan sepatu yang paling pas jadi pengalaman personal dalam mengekspresikan gaya dan karakter diri sendiri." Ucapnya dikutip brilio.net dari keterangan press release, Jumat (13/9).

Ia juga mengungkapkan, di gerai ini lebih fokus untuk berinteraksi dengan pelanggan. Hal itu untuk memberikan ruang bagi setiap pelanggan dalam menemukan karakter dan gaya otentiknya, sehingga pada akhirnya dapat saling menginspirasi satu sama lain.

Meski beberapa tahun terakhir banyak gerai yang mengutamakan konsep belanja mandiri, seperti berbelanja online. Namun ternyata berdasarkan riset dari Retail Touch Points, 47%* ditemukan bahwa konsep gerai dengan pengalaman berbelanja berbeda yang memberikan lebih banyak kesempatan interaksi bersama pelanggan, lebih diminati.

konsep

foto: dok. New Balance

Hal ini salah satunya dikarenakan adanya perubahan adaptasi gaya hidup. Para pegiat ritel juga melihat bahwa konsep yang mengedepankan interaksi antarmanusia juga menjadi pilihan utama para pelanggan.

Sebagai informasi, gerai dengan konsep “Uncommon Common” pertama kali diperkenalkan di gerai New Balance London Stratford, kemudian diikuti oleh gerai New Balance di Boston yang dibuka pada tahun 2023. New Balance di Grand Indonesia yang mengusung konsep serupa memiliki desain interior berwarna putih dengan aksen ornamen kayu, menciptakan suasana yang modern dan nyaman.

Produk-produk yang ditampilkan di sini dipilih secara khusus, termasuk koleksi terbaru yang cocok untuk semua orang, mulai dari pelari hingga pecinta fashion.

“Kami berharap gerai dengan konsep baru ini dapat memenuhi kebutuhan para pengunjung yang ingin mengeksplorasi karakter dan gaya personal mereka. Melalui konsep baru ini kami akan terus berinovasi dan menyediakan footwear serta apparel yang dapat digunakan oleh semua pelanggan dalam rutinitas keseharian mencapai mimpi mereka,” tutup Martina.