Brilio.net - Untuk mendukung gaya hidup berkelanjutan yang bersinergi untuk para pelaku usaha lokal, Brightspot bersama Tokopedia dan Shop Tokopedia menghadirkan Taman Brightspot 2024 yang berlokasi di Urban Forest Cipete. Acara ini menghadirkan pengalaman eksplorasi karya jenama lokal yang berbeda dengan memberikan nuansa piknik di alam di tengah hingar-bingar perkotaan.

Founder Brightspot Market dan Future 10, Anton Wirjono mengungkapkan Taman Brightspot 2024 ini ingin memberikan pengalaman praktik bisnis berkelanjutan, dari inovasi sinergi antara e-commerce lokal dan pasar fisik, hingga bekerja sama dengan inisiatif lokal dalam pengelolaan sampah acara.

“Hal ini mempertegas komitmen kami dalam bisnis berkelanjutan dan dukungan terhadap usaha lokal. Menawarkan pilihan berakhir pekan berbeda yang lebih hijau untuk kaum urban dengan konsep piknik di tengah hiruk pikuk kota,” kata Anton.

Program ini merupakan kali kedua dalam pelaksanaan Brightspot dengan konsep piknik di Urban Forest Cipete. Lokasi ini kembali dipilih karena memberikan pengalaman alam yang menyegarkan di tengah kesibukan kota. Taman Brightspot menawarkan pengalaman menikmati akhir pekan yang asri dan teduh. Dengan lokasinya yang strategis memungkinkan interaksi, kolaborasi, dan inspirasi yang produktif di antara komunitas dan pelaku industri kreatif lokal.

Sementara itu Hilda Kitti selaku Integrated Marketing Country Business Partner Tokopedia dan ShopTokopedia mengatakan, Tokopedia dan ShopTokopedia mengatakan, inovasi digital seperti e-commerce lokal, tren gaya hidup berkelanjutan yang mempromosikan pemilihan produk dari jenama lokal tidak hanya memberikan manfaat lingkungan dan ekonomi, tetapi juga mendukung pertumbuhan UMKM. Sinergi antara pasar fisik dan e-commerce sangat penting untuk kelangsungan UMKM.

"Tokopedia dan ShopTokopedia, selalu berupaya mempermudah kehidupan masyarakat, khususnya pencinta produk buatan brand lokal, dengan berkolaborasi dan memberikan berbagai fitur yang memudahkan pengguna dalam bertransaksi online, demi sekaligus mendukung ekosistem UMKM di Indonesia,” kata Hilda Kitti.

Sebelumnya, di Brightspot Mall, Signature Time membuat sebuah alat ukur psikologis distorsi kognitif dalam bentuk instalasi yang membantu anak-anak muda untuk mengenali dirinya sendiri. Karakter yang mencirikan keraguan mereka diwakili dengan musik bertema 80an.

“Di Taman Brightspot kali ini, dengan alat ukur yang sama, kami mau terus nyegerin lagi semangat mereka, bahwa keraguan dalam diri itu bukan sebuah hambatan tapi sebuah loncatan, dan itu mereka yang nentuin sendiri,” ujar Dimitrij Kartalaksana selaku Consumer Engagement Manager dari Signature Time.

istimewa istimewa

foto: istimewa

Signature Time menyiapkan kembali sebuah alat ukur psikologis melalui instalasi Path of Passion. Nantinya, mereka yang hadir akan dapat merasakan jenis-jenis distorsi kognitif mereka dalam bentuk minuman. “Bukan cuma minuman, kami juga mengajak Brookland Coffee dan Illustrator, Reza Maulana, untuk berkolaborasi. Kami percaya, Path of Passion bisa membuka jalan buat para anak muda untuk terus berkarya, ngerjain yang mereka suka, dan selalu bisa Rasakan Nikmatnya Hidup," yakin Dimitri.

Keterjangkauan dan kenyamanan akses ke Taman Brightspot 2024 adalah hal yang sangat diperhatikan. Dengan letaknya yang strategis, tersedia berbagai pilihan transportasi, termasuk MRT Jakarta yang memberikan kemudahan pergerakan bagi para pengunjung.

MRT Jakarta (Perseroda) berkomitmen menyediakan layanan transportasi MRT yang mudah diakses, sehingga memungkinkan pengunjung Taman Brightspot 2024 untuk mengeksplorasi dan memanfaatkan potensi kreatif kota ini.

Sementara itu, BCA kembali menjadi mitra perbankan resmi untuk Taman Brightspot 2024. Hal ini menegaskan komitmen BCA dalam mendukung pelaku usaha kreatif lokal.

Taman Brightspot 2024 juga menjalin kemitraan dengan inisiatif lokal yang menekankan keberlanjutan dalam bisnis. Antara lain, Waste4Change, Nooveleum (perusahaan greentech yang berfokus pada partisipasi aktif dalam menjaga lingkungan melalui daur ulang minyak jelantah bekas), hingga Boolet (gerakan yang berfokus pada penyelesaian masalah sampah di Indonesia melalui pembangunan ekosistem ekonomi sirkular).

"Kali ini, kami menghadirkan 40 merek lokal terkurasi yang merupakan merchant Tokopedia dan Shop Tokopedia untuk brand retail. Kami turut mengkurasi 90 brand kuliner lokal untuk menemani suasana piknik urban. Pada minggu pertama dan kedua akan ada perbedaan tenant kuliner, untuk pengalaman explore kuliner dari tenant lokal yang lebih banyak lagi. Kami berharap Taman Brightspot 2024 bisa memperkuat sinergi antara e-commerce dan pasar fisik, yang akan menguntungkan lingkungan, ekonomi, serta memperkuat memperkuat fondasi bagi pertumbuhan bisnis lokal dan kesejahteraan komunitas," pungkas Anton Wirjono.

Tahun ini, Taman Brightspot akan diselenggarakan selama enam hari, yaitu pada 26-28 Juli 2024, dan pada 2-4 Agustus 2024. Para pengunjung bisa datang tanpa dipungut biaya alias gratis dan tidak menggunakan aplikasi.