Brilio.net - Lolos tes CPNS jadi impian banyak orang, tapi persaingannya memang ketat dan bikin grogi. Banyak peserta yang mencari cara agar bisa lulus, sampai-sampai ada yang percaya pada jimat keberuntungan. Padahal, kunci lulus tes CPNS bukan di situ, melainkan strategi belajar yang tepat sekaligus persiapan secara matang.

Melansir dari laman Liputan6, pada seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS 2023, petugas Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Timur sempat menemukan beragam jimat usai penggeledahan badan kepada para peserta seleksi CPNS.

Ada beragam jenis jimat dan aji-aji yang ditemukan misalnya jenis rajah, gulungan kertas yang ditulis huruf tertentu, garam, hingga bunga kantil yang dibungkus kain putih. Menilik anggapan masyarakat yang masih percaya pada hal-hal mistis, brilio.net sempat mengonfirmasi ke pejabat di Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Pada hasil wawancara dengan pengawai BKN tersebut, ditemukan bahwa fenomena klenik atau barang yang berbau mistis memang selalu ada selama penyelenggaraan seleksi CPNS. Biasanya peserta seleksi tertangkap CCTV atau bahkan oleh petugas pengawas seleksi.

"Di setiap daerah pasti ada, ada yang bawa garam, ada yang bawa kalung aneh-aneh. Biasanya muncul juga cahaya-cahaya aneh yang muncul di kamera CCTV penyelenggara," ungkap Ayu kepada tim brilio.net.

Penggunaan jimat ataupun klenik memang tak bisa dipungkiri pasalnya masih dipercaya masyarakat dapat memberikan rasa percaya diri menghadapi ujian, perlindungan, maupun membawa keberuntungan bagi si pemilik.

Padahal untuk lulus CPNS, tidak butuh hal-hal semacam itu, namun dengan strategi belajar yang cerdas seperti memahami jenis soal hingga manajemen waktu yang baik. Bahkan, dengan pendekatan yang terencana, peluang lulus jadi lebih besar.

Nah, supaya makin yakin ketika menghadapi ujian CPNS tanpa jimat, yuk simak caranya yang telah brilio.net lansir dari berbagai sumber, Jumat (25/10).

Cara cerdas lulus tes CPNS tanpa jimat.

Cara cerdas lulus tes CPNS tanpa jimat © 2024 brilio.net

foto: freepik.com/freepik

1. Pahami struktur dan materi tes.

Sebelum mulai belajar, penting banget untuk memahami struktur sekaligus materi tes CPNS. Tes ini biasanya terdiri dari beberapa bagian, seperti Tes Kemampuan Dasar (TKD), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Intelegensi Umum (TIU). Setiap bagian punya jenis soal yang berbeda-beda, jadi kamu perlu tahu apa saja yang harus dipersiapkan.

Dengan memahami materi yang diujikan, kamu bisa fokus belajar pada poin-poin penting yang sering muncul. Coba cari tahu soal-soal tahun sebelumnya atau ikuti simulasi tes untuk menambah pemahaman. Biasanya materi tes CPNS tersebar diberbagai platform mulai dari Google, media sosial seperti TikTok, Instagram, dan YouTube. Saat ini telah banyak konten kreator edukasi yang membagikan pengalaman tips hingga materi tes CPNS.

2. Buat rencana belajar yang terstruktur.

Setelah tahu apa yang harus dipelajari, langkah selanjutnya yakni membuat rencana belajar yang terstruktur. Tentukan berapa lama waktu yang bisa kamu sisihkan setiap harinya untuk belajar. Misalnya, bagi waktu untuk setiap bagian tes, seperti TWK, TIU, dan TKP, agar semua aspek tercover.

Cobalah untuk mempelajari setiap materi secara bertahap, jangan terburu-buru, lalu jangan lupa sisipkan waktu istirahat agar tidak terlalu jenuh. Dengan rencana yang baik, kamu bisa belajar dengan lebih fokus dan terarah.

Pastikan kamu persiapan jauh-jauh hari misalnya enam bulan sebelum ujian ataupun satu tahun sebelumnya. Semakin dalam pemahaman mu terkait materi maka semakin tinggi peluang lulus kamu.

3. Gunakan sumber belajar yang tepat.

Menggunakan sumber belajar yang tepat bisa sangat memengaruhi hasil belajar. Cari buku atau materi online yang sesuai dengan kurikulum tes CPNS. Selain itu, banyak platform belajar yang menyediakan simulasi tes dan video pembelajaran yang bisa membantu kamu memahami konsep dengan lebih baik. Jangan ragu untuk bergabung dalam forum maupun grup belajar, karena diskusi dengan orang lain bisa memberi perspektif baru serta meningkatkan pemahaman kamu.

4. Sering berlatih soal.

Latihan soal menjadi cara terbaik untuk mempersiapkan diri menjelang tes. Dengan berlatih soal-soal, kamu bisa lebih terbiasa dengan tipe dan format soal yang akan dihadapi. Cobalah untuk mengerjakan soal setiap hari, baik dari buku maupun platform online, serta pastikan untuk mengoreksi jawabanmu. Cara ini akan membantumu mengetahui di mana kelemahanmu lalu memperbaikinya sebelum hari H. Ingat, semakin sering berlatih, semakin percaya diri kamu saat ujian.

5. Kelola waktu dengan baik saat tes.

Saat tes, manajemen waktu jadi kunci untuk bisa menjawab semua soal. Biasakan untuk membaca sekaligus memahami soal dengan cepat, lalu prioritaskan soal yang lebih mudah terlebih dahulu. Jangan terjebak pada satu soal yang sulit, karena bisa membuatmu kehabisan waktu. Jika sudah menjawab semua soal yang mudah, baru kembali ke soal yang lebih sulit. Dengan mengatur waktu dengan baik, kamu bisa memaksimalkan jumlah soal yang terjawab.

6. Jaga kesehatan fisik dan mental.

Kesehatan fisik dan mental juga memegang peranan penting dalam persiapan tes. Jangan lupakan istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, serta berolahraga secara teratur. Selain itu, jangan terlalu stres dengan persiapan ujian. Cobalah untuk melakukan aktivitas yang kamu suka untuk menjaga suasana hati tetap positif. Dengan tubuh maupun pikiran yang sehat, kamu akan lebih siap menghadapi tes CPNS.

7. Percaya diri dan jangan ragu.

Yang terakhir, penting untuk memiliki rasa percaya diri saat mengikuti tes. Hasil belajar yang maksimal harus diimbangi dengan sikap percaya diri. Ingat, semua usaha yang sudah kamu lakukan akan terbayar saat kamu berada di ruang ujian. Jangan biarkan rasa gugup menguasai, tetap tenang dan fokus. Ketika percaya diri, kamu bisa menjawab soal dengan lebih baik serta efektif.