Brilio.net - Umumnya ketika mendirikan rumah orang pasti memperhatikan berbagai aspek penting. Salah satunya mengenai tata letak rumahnya. Nah, bagi sebagian orang memiliki kepercayaan menata rumahnya dengan konsep fengshui.

Fengshui merupakan ilmu yang berasal dari Cina kuno yang telah dipraktekkan selama berabad-abad lamanya. Tujuannya untuk mengalirkan energi positif, keseimbangan, dan keharmonisan hidup yang diperoleh dari ruangan di rumah.

Secara harfiah, fengshui berarti "angin dan air". Angin melambangkan energi yang tak terlihat, sedangkan air melambangkan aliran energi tersebut. Orang yang menerapkan ilmu fengshui percaya bahwa setiap ruang memiliki energi yang unik, dan dengan menata ruang dengan benar dapat meningkatkan aliran energi positif dan meminimalkan energi negatif.

Nggak heran bila, beberapa orang menggunakan ilmu fengshui untuk menata rumah baik segi lokasi, penataan pintu, tempat kerja, kamar, bahkan pilihan warna barang dalam rumah pun diperhatikan. Lantas bagaimana cara menata rumah dengan fengshui?

Yuk simak ulasan lengkapnya, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (7/6).

Cara menata rumah dengan feng shui.

foto: freepik.com

Melansir dari prima.com, menata rumah dengan fengshui menciptakan keseimbangan dalam ruangan dan menyelaraskan potensi penghuninya untuk sukses dalam berbagai bidang kehidupan. Sebab, rumah menjadi cerminan penghuninya sehingga apabila tidak ditata dengan baik bisa memberikan energi negatif yang tercermin dalam kehidupan si pemilik rumah.

1. Penataan pintu rumah.

Bagi kepercayaan fengshui pintu punya nilai penting dalam hidup. Misal saja pada pintu masuk yang melambangkan kesempurnaan dan kekayaan dalam hidup. Ketika ingin menarik energi positif ke dalam rumah makan pintu masuk rumah sebaiknya memiliki tanaman hias yang indah. Pasalnya tamanan mewakili elemen kayu yang dikaitkan dengan pertumbuhan serta awal baru.

Selain itu pilihan warna pintu rumah juga perlu diperhatikan. Bila ingin mendatangkan kekayaan maka pintu rumah sebaiknya beri sentuhan warna ungu. Sebab warna pintu dipercaya membawa kekayaan bagi pemilik rumah.

2. Penataan lorong-lorong rumah.

Walau terkesan sepele, lorong rumah mewakili adanya peluang. Oleh karena itu ketika rumah memiliki lorong makan penting untuk ditata dengan baik. Tidak ada tumpukan barang supaya energi dapat bersirkulasi dengan baik. Jangan lupa, tata sepatu dalam lemari tertutup. Tujuannya, energi yang mengalir dalam rumah tidak mandek begitu saja.

Tips lainnya, kamu bisa meletakkan cermin yang indah disertai bunga di lorong rumah supaya mengaktifkan chi sehingga perpaduan antara cermin dan bunga-bunga segar memberikan nuasana energi positif rumah.

3.  Penataan dapur rumah.

Area ini bisa dibilang cukup penting penunjang keharmonisan dalam rumah. Dapur mewakili energi makanan dan keharmonisan bagi penghuninya sehingga perlu ditata dengan baik.

Bagi kamu penganut kepercayaan ilmu fengshui, sebaiknya tidak menempatkan bak cuci piring dan kompor secara berdekatan. Pasalnya bisa memicu pertengkaran antara pasangan, sebab cuci piring dan kompor ibaratkan air dan api yang selalu berbenturan.

Selain itu, penting untuk memperhatikan warna dapur. Utamakan hindari warna hitam dan merah sebab mendatangkan kebakaran dan banjir. Selanjutnya area kompor tidak ditempatkan dibawah jendela atau berhadapan langsung dengan pintu masuk. Sebab, menghadirkan petaka bagi para penghuninya.

4. Penataaan ruang tamu.

Ruang tamu dalam ilmu fengshui dipercaya mendatangkan kekayaan dan kesejahteraan dalam hidup. Oleh sebab itu, penataannya perlu diperhatikan sebaik mungkin. Upayakan tidak meletakkan lampu di sudut ruang tamu atau diagonal dengan pintu kamar.

Penataaan ruang tamu yang baik dengan tidak menata furnitur rumah yang menghalangi pintu. Selanjutnya atur posisi sofa utama ke dinding, tujuannya memberikan penyangga bagi penghuninya.

5. Penataaan kamar tidur.

Sebaiknya, kamar tidur memiliki warna netral dengan kepala tempat tidur menempel kediding. Penataan ini dilakukan agar penghuni rumah merasa nyaman dan tidur lebih nyenyak.

Kemudian, hal yang nggak kalah penting tempat tidur tidak boleh sejajar dengan pintu kamar. Sebaiknya tambahkan meja samping tempat tidur di kedua sisi tempat tidur untuk menciptakan keseimbangan.

6. Area kamar mandi.

Ternyata dalam ilmu feng shui kamar mandi juga jadi aspek penting. Pasalnya bila tidak dijaga kebersihannya bisa menandakan adanya kekayaan yang terkurang habis.

Supaya memberikan kesan positif, sebaiknya letakkan tanaman hijau seperti tanaman sirih gading, kala lili, atau anubias yang menambah kesegaran di area kamar mandi. Jangan lupa rutin bersihkan kamar mandi agar tidak mendatangkan energi negatif.

Apa saja prinsip utama fengshui.

foto: freepik.com

1. Prinsip yin dan Yang, yakni dua kekuatan yang berlawanan namun saling melengkapi dalam alam semesta. Fengshui berusaha untuk menyeimbangkan Yin dan Yang dalam suatu ruang.

2. Selanjutnya,ilmu  fengshui juga menggunakan lima elemen alam yaitu kayu, api, tanah, logam, dan air. Lima elemen ini mewakili berbagai aspek kehidupan sehingga bisa menyeimbangkan seluruh energi tadi.

3. Prinsip bagua, merupakan sebuah peta energi yang membagi ruang menjadi sembilan zona, masing-masing dengan makna dan energinya sendiri.

4. Arah penting dalam feng shui, karena arah tertentu diyakini membawa energi yang berbeda.

Manfaat fengshui.

foto: freepik.com

1. Fengshui diyakini dapat meningkatkan aliran energi positif dalam suatu ruang, yang dapat berdampak positif pada kesehatan dan kesejahteraan penghuninya.

2. Menarik rezeki yang membuat penghuninya bisa meningkatkan kekayaan.

3. Melancarkan proses menuju karier yang stabil.

4. Memperbaiki kondisi kesehatan.

5. Membuat hubungan sosial yang lebih harmonis.

6. Dilancarkan menemukan tujuan dan jodoh.

7. Bantu meningkatkan energi positif dan motivasi hidup.

8. Mencegah adanya masalah keuangan hingga mencegah dari gangguan hal-hal gaib.

9. Terhindar dari hubungan yang toxic dan tidak jujur.

10. Membantu tingkatkan kualitas hidup yang lebih baik.