Brilio.net - Mengonsumsi makanan yang manis secara berlebihan sangat buruk untuk kesehatan. Resiko mengonsumsi makanan manis bisa menyebabkan kegemukan sehingga memicu penyakit yang lebih serius. Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar 2018, prevalensi kegemukan di Indonesia mengalami peningkatan, dari 10,5 persen pada 2007 menjadi 14,8 persen pada 2013 dan 21,8 persen pada 2018. Sementara menurut hasil Survei Kesehatan Indonesia 2023, angka obesitas di Indonesia meningkat menjadi 23,4 persen.

Tidak hanya itu saja, berbagai penyakit bisa menghantui orang yang suka mengonsumi makanan manis, mulai dari gigi berlubang hingga diabetes dan jantung. Sebagai gambaran umum, menurut World Health Organization atau WHO pengidap diabetes di dunia sekitar 422 juta orang. Mayoritas pengidap diabetes tinggal di negara dengan penghasilan rendah dan menengah. Sementara kematian yang disebabkan oleh diabetes mencapai 1,5 juta kematian per tahunnya.

Penyakit lainnya yang disebabkan oleh makanan manis seperti penyakit jantung juga tidak bisa disepelekan. Berdasarkan Global Burden of Desease dan Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) pada 2014-2019 penyakit jantung menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Selain itu, data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 dan 2018 menunjukan tren peningkatan penyakit jantung yakni 0,5 persen pada 2013 menjadi 1,5 persen pada 2018.

Dari penjelasan di atas, kamu sudah dapat menyimpulkan bahwasannya mengonsumsi makanan manis sangat buruk bagi kesehatan. Maka dari itu, kamu harus membatasi makanan manis untuk kamu konsumsi. Untuk itu, kamu bisa menyimak penjelasan brilio.net yang merangkum dari berbagai sumber, Selasa (16/7) untuk kamu terapkan di keseharianmu.

6 Cara mengurangi kecanduan makanan manis

Mengurangi konsumsi makanan manis merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan. Kecanduan terhadap makanan manis dapat berdampak negatif pada berbagai aspek kesehatan, termasuk risiko obesitas, diabetes tipe 2, dan masalah kesehatan lainnya. Maka dari itu, kamu wajib mengetahui 6 cara mengurangi kecanduan makanan manis:

1. Makan makanan manis lebih sedikit

6 Cara mengurangi kecanduan makanan manis freepik.com

foto: freepik.com

Jika kamu menginginkan makanan yang manis dan tidak bisa menahannya, usahakan untuk mengonsumsinya lebih sedikit. Menurut webmd.com, kamu bisa membatasi makanan manis setidaknya 150 kalori. Dengan begitu, kamu bisa mengontrol makanan yang manis dengan manis. Jika kamu tidak bisa menghindari makanan dengan porsi yang banyak, usahakan untuk membagikan makanan tersebut dengan orang lain.

2. Pilih alternatif makanan pengganti

6 Cara mengurangi kecanduan makanan manis freepik.com

foto: freepik.com

Kamu bisa mengganti makanan yang mengandung banyak gula dengan buah-buahan. Selain rasa manisnya yang serupa, buah-buahan segar juga mengandung serat, vitamin, dan mineral sehingga baik untuk kesehatan dan mengontrol nafsu makan.

3. Cukupi asupan serat

6 Cara mengurangi kecanduan makanan manis freepik.com

foto: freepik.com

Mencukupi asupan serat setiap hari merupakan salah satu cara yang ampuh untuk menghentikan kecanduan makanan manis, lho. Kandungan yang terdapat dalam makanan seperti gandum, biji-bijian, kacang, buah dan sayuran dapat membuatmu kenyang lebih lama. Kamu bisa terhindar dari keinginan untuk mengonsumsi makanan manis secara terus-terusan.

4. Makan secara teratur

6 Cara mengurangi kecanduan makanan manis freepik.com

foto: freepik.com

Biasanya kamu makan saat benar-benar merasa lapar, mulai ubah pola makan seperti itu. Kamu bisa menjadwalkan makanan setiap hari lebih teratur seperti setiap 3–5 jam sekali. Namun perlu digaris bawahi, kamu harus membatasi porsinya. Manfaat makan secara teratur bisa membantu kamu untuk mengontrol nafsu makan sehingga kamu bisa mengendalikan keinginan untuk makan makanan manis.

5. Tidur yang cukup

6 Cara mengurangi kecanduan makanan manis freepik.com

foto: freepik.com

Supaya tubuhmu bisa tetap berenergi dan terbebas dari dorongan ngemil atau mengonsumsi makanan manis, kamu bisa menerapkan tidur sekitar 7–9 jam setiap harinya. Cara ini efektif untuk menghalau hasratmu untuk makan berlebih.

6. Kelola stres dengan baik

6 Cara mengurangi kecanduan makanan manis freepik.com

foto: freepik.com

Sebagian orang ketika stres akan sulit mengontrol nafsu makan dan ini bisa memperparah kondisimu. Supaya asupan harian gula kamu tetap dalam batas aman, cobalah untuk mengelola stres. Caranya bisa dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai, misalnya menonton film, berjalan-jalan, atau berolahraga.