Brilio.net - Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam mengonsumsi buah. Salah satunya adalah chef ternama, Marini Putri membagikan unggahan video tengah memakan buah pepaya dengan biji serta kulitnya. Dia mengatakan bahwa kebiasaannya mengonsumsi pepaya dengan kulit dan biji.

Selain itu, artis ternama seperti Inul Daratista juga memiliki kebiasaan yang mirip. Dalam unggahan di akun TikTok @inuldaratista_fans memperlihatkan Inul tengah mengonsumsi pepaya dengan bijinya.

Namun tahukah kamu bahwa mengonsumsi biji pepaya memiliki segudang kesehatan untuk tubuh. Seperti diketahui, 100 gram biji pepaya kering menyediakan sekitar 558 kalori energi. Biji ini kaya akan protein, lemak, dan serat. Mereka juga mengandung vitamin dan mineral seperti zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, seng, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu saja, biji pepaya kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal seperti asam oleat. Biji pepaya juga mengandung polifenol dan flavonoid yang merupakan antioksidan kuat. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa biji pepaya bermanfaat untuk tubuh. untuk itu, kamu juga harus tahu bagaimana biji pepaya berdampak pada kesehatan manusia secara lebih mendalam, brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber Rabu, (10/7) 11 manfaat biji pepaya.

11 Manfaat biji pepaya untuk kesehatan

11 manfaat biji pepaya untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa Mengonsumsi biji pepaya rupanya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, lho. Untuk itu, kamu bisa mengetahui apa saja manfaat dari mengonsumsi biji pepaya sebagai berikut:

1. Antioksidan bagi tubuh

Perlu kamu ketahui bahwa biji pepaya mengandung polifenol, flavonoid, alkaloid, tanin, dan saponin. Zat-zat tersebut merupakan antioksidan yang kuat untuk tubuh. Sebagai contoh, antioksidan melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, Sehingga antioksidan mampu melindungi kamu dari berbagai penyakit.

2. Usus yang sehat

11 manfaat biji pepaya untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Selanjutnya, biji pepaya juga bisa berdampak baik untuk organ tubuh manusia, salah satunya adalah usus. Bukan tanpa alasan, biji pepaya mengandung banyak sekali serat di dalamnya. Sehingga biji akan mengatur pergerakan usus, membuang racun dari dalam tubuh, dan bahkan dapat melindungi usus secara menyeluruh. Salah satu contoh manfaat biji pepaya untuk usus adalah mengatasi sembelit.

Tidak hanya itu saja, biji pepaya juga mengandung karpain yang mampu membunuh bakteri dan parasit yang ada di dalam usus sehingga menjaga usus tetap sehat.

3. Membantu menurunkan berat badan

11 manfaat biji pepaya untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Biji pepaya kaya akan serat untuk tubuh sehingga menjaga pencernaan tetap lancar dan membantu membuang tubuh di dalam tubuh. biji pepaya juga mampu mengatur metabolisme tubuh dan mencegahnya untuk menyerap lemak. Hal inilah yang mencegah tubuh dari penyakit obesitas.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Selain bisa menurunkan berat badan, biji pepaya juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Alasan di baliknya adalah biji pepaya mengandung asam lemak tak jenuh tunggal seperti adam oleat. Asam lemak ini mengatur kadar kolesterol dengan mengurangi kolesterol jahat (kolesterol LDL). Selain itu, karena biji pepaya kaya akan sehat bisa membantu mengurangi kadar kolesterol dari dalam tubuh.

5. Khasiat anti kanker

Manfaat yang tak kalah ampuhnya dari biji pepaya adalah mencegah tubuh dari berbagai jenis kanker. Biji pepaya mengandung polifenol yang kuat untuk antioksidan kuat. Kandungan lain seperti isothiocyanate, yang menghambat pembentukan dan perkembangan sel kanker.

6. Nefroprotektif

Biji pepaya memiliki efek nefroprotektif yang dapat melindungi dan mendukung kesehatan ginjal. Berbagai kandungan nutrisi seperti antioksidan mampu melindungi sel-sel ginjal dari kerusakan oksidatif. Selain itu, biji pepaya memiliki antiinflamasi yang mengurangi peradangan dalam ginjal yang dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang.

7. Menjaga kesehatan kardiovaskular

Biji pepaya mampu melindungi jantung. Biji ini kaya akan berbagai antioksidan yang melindungi tubuh kamu dari kerusakan akibat radikal bebas. Biji pepaya juga mampu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol yang melindungi jantung dari gangguan penyakit jantung.

8. Mengurangi peradangan

Biji pepaya terbukti efektif dalam mengurangi peradangan. Biji pepaya mengandung vitamin C dan senyawa seperti alkaloid, flavonoid, dan polifenol. Semua senyawa ini menunjukkan sifat anti-inflamasi. Oleh karena itu, biji pepaya bisa mencegah dan mengurangi peradangan pada penyakit seperti asam urat, radang sendi dan lain sebagainya.

9. Baik untuk kesehatan kulit

11 manfaat biji pepaya untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Selain bermanfaat buat orang dalam, biji pepaya juga memiliki khasiat anti-penuaan. Biji pepaya menjaga elastisitas kulit kita dan dengan demikian mencegah timbulnya garis-garis halus dan kerutan.

10. Meredakan nyeri haid

11 manfaat biji pepaya untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Pepaya mengandung karoten dan zat ini penting dalam membantu tubuh mengatur produksi hormon yang dikenal sebagai estrogen. Meskipun biji pepaya dapat membantu mempercepat menstruasi dan juga meningkatkan frekuensinya, biji pepaya juga dapat membantu mengatasi kram menstruasi.

11. Mencegah diabetes

11 manfaat biji pepaya untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Terakhir, biji pepaya mampu mencegah diabetes. Biji pepaya bisa meningkatkan sensitivitas insulin pada sel-sel tubuh, sehingga membantu mengurangi resistensi insulin, suatu kondisi yang berhubungan dengan diabetes tipe 2.