Brilio.net - Sebentar lagi, Indonesia akan merayakan HUT RI yang ke-79 pada 17 Agustus 2024. Biasanya masyarakat akan merayakannya dengan mengadakan berbagai perlombaan untuk memeriahkan suasana dan memperkuat rasa kebersamaan.

Biasanya sebelum mengadakan kegiatan tersebut, panitia akan menyiapkan segala sesuatunya. Termasuk soal dana. Selain menggunakan dana kelurahan, biasanya panitia akan berusaha mencari sumber dana yang lain. Seperti sponsor ataupun meminta sumbangan masyarakat dengan mengajukan proposal.

Seorang netizen membagikan postingan dirinya yang baru saja menerima proposal dari RT setempat. Dari proposal tersebut, ia cukup kaget dengan rincian dana yang tertera. Kisahnya bisa dilihat lewat video TikTok dengan akun @reineo.

Pria ini tentu menerima proposal tersebut. Namun sebelum memberikan sumbangan, tentunya ia akan melihat rincian dana yang tertera di proposal. Sehingga ia bisa tahu berapa jumlah uang yang dibutuhkan dan nantinya akan digunakan buat apa.

"Barusan dapat proposal dari RT setempat, dan hal yang membagongkan adalah," tulisnya dilansir brilio.net pada Rabu (7/8).

proposal perayaan 17 Agustus © TikTok

foto: TikTok/@reineo

Namun betapa terkejutnya ia setelah membuka halaman selanjutnya. Di sityu tertera anggaran dengan nominal yang tak biasa. Bahkan pada urutan pertama ada kerupuk dan juga tali rafia untuk lomba makan kerupuk. Namun, anggaran untuk lomba tersebut mencapai Rp500 ribu.

"Kerupuk yang dipakai kira-kira kerupuk Palembang yang diekspor kah?" tulisnya kaget.

Tidak cuma itu, ada juga lomba bakiak yang merupakan salah satu permainan tradisional dengan menggunakan kayu panjang. Cara bermainnya, tim dari beberapa orang harus berjalan bersama dengan kaki yang terikat kepada bakiak tersebut.

Tampak bakiak adalah permainan sederhana dan peralatannya gampang dibuat. Namun dalam proposal tertera, anggaran untuk pertandingan tersebut memakai uang sebanyak Rp700 ribu. Tidak cuma itu, ada juga perlombaan-perlombaan lain di mana keseluruhannya menggunakan uang sebanyak Rp2,5 juta.

"Bakiak Rp700 ribu mungkin dengan kayu mahoni buatnya," katanya lagi.

Proposal ini lantas menjadi viral dan mengundang perhatian netizen. Banyak yang tentunya mencurigai terkait rincian dana tersebut. Tidak sedikit yang sampai menyebut tindakan ini merupakan indikasi melakukan korupsi.

proposal perayaan 17 Agustus © TikTok

foto: TikTok/@reineo

"Efek diajarin sama pusat ya bawahnya jadi ikut-ikutan. Yang pusat sekalinya diciduk cukup berperilaku sopan, bebas," kata akun @fazrianaji.

"Tapi sayang nggak masuk logika untuk aku yang tinggal di desa," tulis akun @harumi_jayanti.

"Mungkin pakai kerupuk yang ukuran jumbo semampan itu. Berusaha positif thinking tapi nggak bisa," ujar akun @natz1415.

"Negara sudah merdeka 79 tahun, tapi masih uang rakyat sendiri yang dipakai guna ulang tahun negeri ini. Hahaha lucu sekali," komentar akun @azizrafiq.