Brilio.net -  

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMANIKA) Universitas Muhammadiyah Magelang mengajak pelajar dan mahasiswa untuk unjuk gigi. Kali ini, gelaran MONALESA Vol 3 menantang mereka yang kreatif untuk saling adu kreatif di bidang pariwisata dan Public Relation (PR).

MONALESA Vol 3 mengangkat tema “Tourism”. Peserta akan diajak untuk mengeksplor dan mengeksekusi kreativitas dalam menggambarkan kehidupan manusia, suasana, dan emosi yang terkait dengan pariwisata. Nah, dalam event tahunan ini, akan ada dua lomba yaitu fotografi dan PR Crisis.

Lomba fotografi terbuka untuk siswa/i SMK/SMA/Sederajat di wilayah Eks-Kedu dengan subtema "Living in Borobudur". Peserta ditantang untuk mengungkap sisi lain dari pariwisata daerah tersebut dengan ide-ide yang kreatif. Peserta dibebaskan untuk mengabadikan momen dan keindahan kehidupan di sekitar Candi Borobudur dengan cara yang kreatif dan inspiratif.

istimewa istimewa

foto: istimewa

Untuk lomba PR Crisis, mahasiswa/i dari seluruh Indonesia bisa bergabung. Ajang ini memilih subtema "Towards a Sustainable Tourism Village Supporting Borobudur Super Priority Destination". Peserta ditantang untuk mengembangkan strategi PR Crisis yang kreatif dan inovatif untuk menangani krisis yang dapat terjadi di desa wisata berkelanjutan di sekitar Candi Borobudur.

Selain beradu kreativitas, peserta akan mendapatkan pengalaman berharga. Peserta juga akan mendapatkan kesempatan untuk mempublikasikan karya, mendapatkan hadiah dan sertifikat penghargaan. Tak lupa, peserta juga bisa memperluas jaringan dan koneksi di bidang fotografi dan PR.

istimewa istimewa

foto: istimewa

Untuk mengikuti lomba PR Crisis, peserta hanya perlu menginvestasikan Rp 100 ribu. Registrasi dibuka dari 1 Juli - 25 Juli 2024. Karya bisa dikirim pada 21 Juli - 25 Juli 2025. Akan ada pula Workshop online yang digabung bersama pengumuman finalis pada 1-2 Agustus 2024. Nantinya, presentasi lomba CSR akan diadakan pada 9 Agustus 2024. Terakhir, Awarding Night akan digelar pada 9 Agustus 2024. 

Menariknya, lomba fotografi tidak dipungut biaya sama sekali. Periode pendaftarannya dibuka dari 1 Juli - 31 Juli 2024. Lombanya akan dihelat pada 8 Agustus 2024. Pengumuman pemenang akan diadakan pada 9 Agustus 2024.