Brilio.net - Isu mengenai Pasukan Berani Mati Jokowi semakin viral di dunia maya. Belakangan kelompok ini dikabarkan akan mengadakan aksi damai pada tanggal 22 September 2024 di Jakarta sekaligus apel akbar untuk mengawal masa kepemimpinan Jokowi yang sebentar lagi berakhir. Kabar ini menimbulkan berbagai spekulasi tentang siapa mereka dan apa yang menjadi tujuan dari aksi tersebut.

Sejumlah pemberitaan menyebutkan Pasukan Berani Mati Jokowi diperkirakan akan berkumpul sekitar 20.000 orang. Namun hingga saat ini belum ada informasi pasti terkait pasukan tersebut. Kabarnya, Pasukan Berani Mati Jokowi ini dipimpin oleh Sukodigdo Wardoyo. Akan tetapi, belum ada informasi pasti terkait sosok Sukodigdo ini.

Belakangan diketahu, aksi Pasukan Berani Mati Jokowi yang diadakan di Patung Kuda, Jakarta Pusat terpantau batalkan. Pasalnya hingga saat ini belum ada satupun yang muncul di kawasan tersebut. Artinya isu aksi tersebut hanya isapan jempol belaka.

Lantas siapakah pasukan berani mati Jokowi ini? Yuk simak ulasan lengkapnya, brilio.net sadur dari berbagai sumber, Senin (23/9)

Apa itu Pasukan Berani Mati Jokowi?

Pasukan berani mati Jokowi © 2024 brilio.net

foto: presidenri.go.id

Adanya pasukan berani mati Jokowi ini awalnya disampaikan Amien Rais. Menyadur dari kanal YouTube Amien Rais Official akan menyebutkan ada apel akbar yang akan diikuti paling tidak 20.000 pasukan berani mati Jokowi.

Kabarnya, pasukan pembela Jokowi bakalan datang dari berbagai penjuru Indonesia. Lebih jauh dijelaskan dalam video berjudul "AKSI BVN*H DIRI JKWI #jokowi" yang pertama kali tayang pada 9 September 2024 tersebut, menjelaskan bahwa pasukan tersebut yang dipimpin Sukodigdo Wardoyo memiliki tujuan atau komitmen untuk menjaga Jokowi maupun keluarganya dari anasir jahat yang hendak menjatuhkan Jokowi dari kekuasaannya.

Pada unggahan dari sumber yang sama, Amien Rais juga turut menampilkan informasi dengan judul "Pasukan Berani Mati Pembela Jokowi Akan Mengadakan Apel Akbar September Ini". Meski demikian, tidak ada informasi lebih lanjut terkait apa itu Pasukan Berani Mati Jokowi.

Usai unggahan dari YouTube Amien Rais Official beredar, publik pun kembali digemparkan dengan isi ceramah Rizieq Shihab yang memberikan himbauan agar berhati-hati di tanggal 22 September 2024. Pasalnya ada kelompok yang dinamakan Pasukan Berani Mati Jokowi tersebut menggelar aksi dengan jumlah mencapai 20.000 orang di Patung Kuda Jakarta maupun beberapa lokasi lainnya.

Lebih jauh pada kanal YouTube Hersubeno, dimana Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Letjend Purn Gatot Nurmantyo menilai adanya isu “Pasukan Berani Mati Bela Jokowi” itu hoax sebab kepolisian, Menkopolhukam, Presiden RI tidak memberikan penjelasan terkait hal tersebut.

Terlepas dari kabar tersebut, masyarakat seharus tidak termakan kabar yang belum tentu kebenarannya. Selain itu, pemerintah sendiri perlu memberikan kejelasan terkait informasi yang viral di media sosial.