Brilio.net - Tak lama lagi seleksi CPNS 2024 segera dibuka! Hal ini dipastikan oleh Pemerintah bahwa pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024. Proses pendaftaran dilakukan melalui online melalui link pendaftaran CPNS 2024 sscasn.bkn.go.id.

Tentu pembukaan pendaftaran CPNS ini menjadi angin segar bagi generasi muda. Sebab, berbondong-bondong untuk mengabdikan kepada negara. Adapun pembukaan jadwal CPNS 2024 dilaksanakan pada pertengahan atau akhir Juli 2024.

"Untuk pelaksanaan seleksi CASN tahun 2024, rencananya akan dilaksanakan mulai Bulan Juni atau Juli setelah instansi menerima Surat Keputusan Menteri PANRB tentang penetapan kebutuhan/formasi pegawai ASN," ungkap Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, disadur brilio.net dari Liputan6, Rabu (17/7)

Rekrutmen CASN 2024 ini tidak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yakni meliputi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Hanya saja jumlah formasi yang dibuka cukup besar baik ditingkat pemerintah pusat maupun di daerah.

Adapun jumlah formasi kebutuhan CASN tahun 2024 terdiri dari 1.289.824 formasi CASN 2024. Formasi tersebut terbagi menjadi 427.650 formasi instansi pusat dan 862.174 formasi instansi daerah, termasuk talenta digital yang akan ditempatkan di IKN dan pemerintah daerah.

Nah, bagi kamu yang ingin ikut CPNS sebaiknya mempersiapkan diri mulai dari list dokumen persyaratan hingga kesiapan mental menghadapi ujian nanti setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi. Yuk simak ulasan di bawah ini tentang dokumen, persyaratan, cara pendaftaran, hingga tips supaya lolos CPNS 2024, disadur dari berbagai sumber, Rabu (17/7).

Dokumen persyaratan.

Pendaftaran CPNS segera dibuka, ini jadwal, syarat, pendaftaran dan tips persiapan agar lolos © 2024 freepik.com

foto: freepik.com

1. Kartu keluarga (KK)

2. Pas foto berlatar belakang merah (scan dokumen maksimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg)

3. Swafoto (scan dokumen maksimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg)

4. KTP (scan dokumen maksimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg)

5. Ijazah + Serdik/STR (scan dokumen maksimal 800 Kb bertipe file pdf)

6. Transkrip Nilai (scan dokumen maksimal 500 Kb bertipe file pdf)

7. Surat Penugasan Guru untuk THK-2 (scan dokumen maksimal 500 Kb bertipe file pdf)

Selain itu, ada dokumen khusus yang diminta setiap instansi yang kamu pilih. Sebaiknya siapkan dokumen umum ini jauh-jauh hari.

Syarat daftar CPNS 2024.

Pendaftaran CPNS segera dibuka, ini jadwal, syarat, pendaftaran dan tips persiapan agar lolos © 2024 freepik.com

foto: freepik.com

Persyaratan CPNS 2024 ini diatur dalam Peraturan menteri PANRB Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil, persyaratan pendaftaran CPNS sebagai berikut:

1. Warga negara Indonesia yang memenuhi syarat sesuai peraturan masing-masing instansi selama batas usia yang dipersyaratkan terpenuhi.

2. Minimal usia 18 tahun dan maksimal 35 tahun atau maksimal 40 tahun bagi pelamar yang melamar jabatan dokter, dokter gigi, dokter pendidik klinis, dosen, peneliti, dan perekayasa.

3. Sehat jasmani dan rohani.

4. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih.

5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau dengan tidak hormat sebagai PNS/Prajurit TNI/Kepolisian Negara RI.

6. Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

7. Tidak berkedudukan sebagai CPNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota kepolisian.

8. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.

9. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan.

10. Sehat jasmani dan rohani sesuai persyaratan jabatan yang dilamar.

11. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.

Cara daftar CPNS 2024.

Pendaftaran CPNS segera dibuka, ini jadwal, syarat, pendaftaran dan tips persiapan agar lolos © 2024 freepik.com

foto: freepik.com

Cara daftar CPNS 2024, cukup mudah namun butuh pemahaman dan ketelitian dalam mengikuti prosedur pendaftaran. Berikut beberapa panduan cara daftar CPNS 2024 di sscasn.bkn.go.id, diantaranya:

1. Daftarkan akun.

- Buka laman resmi SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id/.

- Klik tombol 'Daftar' untuk memulai proses pembuatan akun baru. Formulir pendaftaran akan muncul di layar.

- Isi seluruh instruksi yang diminta pada laman pendaftaran. Mulai dari alamat email, nomor telepon, NIK, dan nomor KK. Pastikan semua data diisi dengan benar untuk menghindari kesalahan di kemudian hari.

- Verifikasi data. Ingat teliti seluruh data kembali supaya tidak ada kesalahan.

- Klik 'Proses Pendaftaran Akun' dan tunggu sampai informasi konfirmasi muncul di layar. Simpan informasi akun Anda untuk login di langkah berikutnya.

2. Login akun.

- Login ke akun SSCASN menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.

- Isi data diri yang diminta. Pastikan untuk mengunggah swafoto sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

- Setelah itu, periksa kembali data. Jika informasi yang diberikan sudah benar makan lanjut klik "Selanjutnya".

3. Pilih jenis formasi yang diinginkan.

- Pilih seleksi CPNS.

- Pilih formasi lulusan atau tingkat pendidikan yang dibuka.

4. Unggah dokumen yang diminta.

- Biasanya ada beberapa instansi yang minta kamu mengunggah dokumen persyaratan mulai dari ijazah, surat pernyataan dan lain-lain.

- Cek resume terlebih dahulu.

- Unggah dokumen. File yang diunggah tidak melebihi 1 MB atau sesuai yang diminta.

- Cetak kartu pendaftaran

Tips persiapan lolos CPNS.

Pendaftaran CPNS segera dibuka, ini jadwal, syarat, pendaftaran dan tips persiapan agar lolos © 2024 freepik.com

foto: freepik.com

1. Pahami alur dan jadwal seleksi. Supaya bisa mempersiapkan lebih dini.

2. Lakukan riset tentang formasi yang sesuai dengan kualifikasi, minat, dan bakat. Pastikan kamu memilih formasi yang tepat berdasarkan ijazah maupun persyaratan khusus yang ditetapkan.

3. Pelajari materi tes CPNS. Materi tes CPNS biasanya meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). Pelajari materi dari berbagai sumber, seperti buku, website, serta aplikasi belajar online.

4. Latihan mengerjakan soal-soal CPNS dari tahun sebelumnya. Hal ini dapat membantumu mengasah kemampuan menyelesaikan soal-soal ujian CPNS.

5. Pastikan kamu memiliki dokumen persyaratan yang lengkap dan benar, termasuk Kartu Keluarga, KTP, ijazah, transkrip nilai, pasfoto, swafoto, maupun dokumen lain yang dibutuhkan.

6. Susun rencana belajar yang terstruktur lalu tetapkan target yang jelas. Prioritaskan materi-materi yang dianggap sulit maupun tentukan bagian-bagian yang perlu dikuasai dengan baik.

7. Belajar secara teratur maupun jauh sebelum tanggal tes CPNS dilaksanakan, agar materi dapat terserap dengan baik. Ingat, jangan kebut semalam bisa-bisa menyesal.

8. Minta tips dan trik dari orang yang sudah berpengalaman tes CPNS.