Brilio.net - Dalam kehidupan sehari-hari, kamu pasti ingin selalu mendapatkan keberkahan dan kemudahan dalam segala urusan, termasuk dalam hal rezeki. Salah satu ibadah sunnah yang sangat disarankan dan dipercaya dapat mendatangkan rezeki adalah sholat Dhuha. Ibadah ini merupakan amalan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana diriwayatkan dalam hadits dari Abu Hurairah RA (HR. Muslim).

Sholat Dhuha bukan hanya sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, tetapi juga dipercaya memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah membuka pintu rezeki. Dalam sebuah hadits qudsi, Allah SWT berfirman, "Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat shalat di awal siang (shalat Dhuha). Niscaya Aku akan mencukupi kebutuhanmu di akhir siang," (HR. Ahmad).

Jika kamu tertarik untuk mengamalkan ibadah sunnah ini dan ingin merasakan manfaatnya, wajib nih kamu tahu tata cara sholat Dhuha yang benar. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (29/8). Yuk, simak penjelasannya!

Pengertian dan hukum sholat Dhuha.

Tata cara sholat Dhuha freepik.com

foto: freepik.com

Sholat Dhuha adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu Dhuha, yaitu ketika matahari mulai naik kira-kira setinggi tombak (sekitar pukul 7 pagi) hingga menjelang waktu Dzuhur. Sayyid Sabiq dalam kitab Fiqh Sunnah menjelaskan, waktu yang paling utama untuk melaksanakan sholat Dhuha adalah ketika matahari mulai terasa panas, sekitar pukul 9 atau 10 pagi.

Hukum melaksanakan sholat Dhuha adalah sunnah muakkadah, yang berarti sangat dianjurkan. Meskipun bukan kewajiban, namun Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya untuk melaksanakan sholat Dhuha secara rutin. Dalam sebuah hadits, Abu Dzar RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Setiap ruas tulang dari kalian wajib bersedekah setiap paginya. Maka setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah kemungkaran adalah sedekah, dan cukup bagi seseorang (sebagai ganti dari semua itu) dengan melakukan dua rakaat shalat Dhuha." (HR. Muslim)

Sholat Dhuha memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah sebagai pengganti sedekah untuk seluruh persendian tubuh, pembuka pintu rezeki, dan sarana untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kamu untuk membiasakan diri melaksanakan sholat Dhuha secara rutin.

Tata cara sholat Dhuha 2 rakaat.

Tata cara sholat Dhuha freepik.com

foto: freepik.com

Sekarang, mari bahas tata cara melaksanakan sholat Dhuha dengan rinci. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Niat: Sebelum memulai sholat, niatkan dalam hati untuk melaksanakan sholat Dhuha. Lafaz niatnya adalah: "Ushalli sunnatadh dhuha rak'ataini lillahi ta'ala" yang artinya "Aku berniat sholat sunnah Dhuha dua rakaat karena Allah Ta'ala."

2. Takbiratul Ihram: Angkat kedua tangan setinggi telinga sambil mengucapkan "Allahu Akbar."

3. Membaca Surat Al-Fatihah: Setelah takbir, letakkan tangan kanan di atas tangan kiri di atas dada, lalu bacalah Surat Al-Fatihah.

4. Membaca Surat atau Ayat Al-Quran: Setelah membaca Al-Fatihah, bacalah surat atau ayat Al-Quran yang kamu hafal. Disunnahkan untuk membaca Surat Asy-Syams pada rakaat pertama dan Surat Ad-Dhuha pada rakaat kedua.

5. Ruku': Setelah membaca surat, lakukan ruku' dengan mengangkat kedua tangan setinggi telinga sambil mengucapkan "Allahu Akbar." Dalam posisi ruku', bacalah tasbih "Subhana rabbiyal 'azhimi wa bihamdihi" sebanyak 3 kali atau lebih.

6. I'tidal: Bangkit dari ruku' sambil mengucapkan "Sami'allahu liman hamidah," lalu berdiri tegak dan membaca "Rabbana lakal hamdu."

7. Sujud: Turun untuk sujud sambil mengucapkan "Allahu Akbar." Dalam sujud, bacalah tasbih "Subhana rabbiyal a'la wa bihamdihi" sebanyak 3 kali atau lebih.

8. Duduk di antara Dua Sujud: Bangkit dari sujud sambil mengucapkan "Allahu Akbar," lalu duduk di antara dua sujud. Bacalah doa "Rabbighfirli warhamni wajburni warfa'ni warzuqni wahdini wa 'afini wa'fu 'anni."

9. Sujud Kedua: Lakukan sujud kedua seperti sujud pertama.

10. Berdiri untuk Rakaat Kedua: Bangkit dari sujud untuk melaksanakan rakaat kedua sambil mengucapkan "Allahu Akbar."

11. Ulangi langkah 3-9 untuk rakaat kedua.

12. Tasyahud Akhir: Setelah sujud kedua pada rakaat kedua, duduklah untuk tasyahud akhir. Bacalah doa tasyahud, shalawat, dan doa-doa yang kamu inginkan.

13. Salam: Akhiri sholat dengan mengucapkan salam ke kanan dan ke kiri.

Dzikir setelah sholat Dhuha.

Tata cara sholat Dhuha freepik.com

foto: freepik.com

Setelah selesai melaksanakan sholat Dhuha, disunnahkan untuk berdzikir. Berikut adalah dzikir yang bisa kamu baca:

1. Membaca Istighfar: "Astaghfirullahal 'azhim" (Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung) sebanyak 3 kali atau lebih.

2. Membaca Tasbih: "Subhanallah" (Maha Suci Allah) sebanyak 33 kali.

3. Membaca Tahmid: "Alhamdulillah" (Segala puji bagi Allah) sebanyak 33 kali.

4. Membaca Takbir: "Allahu Akbar" (Allah Maha Besar) sebanyak 33 kali.

5. Membaca Tahlil: "Laa ilaaha illallah" (Tiada Tuhan selain Allah) sebanyak 10 kali.

Doa sholat Dhuha agar mendapat rezeki.

Setelah berdzikir, kamu bisa membaca doa khusus sholat Dhuha untuk memohon rezeki yang melimpah. Berikut adalah doa yang bisa kamu baca:

"Allahumma inna ad-dhuha-a dhuha-uka, wal baha-a baha-uka, wal jamala jamaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal 'ismata 'ismatuka. Allahumma in kana rizqi fis sama-i fa anzilhu, wa in kana fil ardhi fa akhrijhu, wa in kana mu'assaran fa yassirhu, wa in kana haraman fa thahhirhu, wa in kana ba'idan fa qarribhu, bi haqqi dhuha-ika wa baha-ika wa jamalika wa quwwatika wa qudratika, aatini ma atayta 'ibadakas shalihin."

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, kekuasaan adalah kekuasaan-Mu, dan perlindungan adalah perlindungan-Mu. Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu, keagungan-Mu, dan kekuatan-Mu. Berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hamba-Mu yang shalih." (HR. Thabrani)

Dengan melaksanakan sholat Dhuha secara rutin, berdzikir, dan berdoa dengan sungguh-sungguh, kamu telah berusaha untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon keberkahan rezeki. Ingatlah bahwa rezeki bukan hanya berupa materi, tetapi juga kesehatan, ketenangan hati, dan segala hal baik yang Allah SWT berikan kepadamu. Tetaplah istiqomah dalam beribadah dan berusaha, karena sesungguhnya Allah SWT maha mengetahui apa yang terbaik untuk hamba-Nya.