Brilio.net - Belum lama ini warganet dihebohkan dengan fenomena "Live Khodam". Mulai dari media sosial X, Instagram, hingga TikTok ramai membahas tentang cek khodam.

Hal ini dilatarbelakangi dari beberapa akun media sosial seperti di TikTok dan Instagram, yang melakukan live cek khodam. Alhasil, banyak warganet yang tertarik menyaksikan live tersebut, hingga membuat booming jagat maya. Dikarenakan banyak yang mulai tertarik dengan live khodam ini, maka nggak heran bila beberapa akun melakukan cara serupa untuk menghibur para pengguna lainnya.

Sebagian besar masyarakat Indonesia sendiri masih mempercayai tentang gaib atau hal mistis. Ini sebabnya konten live cek khodam ramai ditonton orang. Banyak yang ingin mengetahui khodam apa yang mengikutinya. Tidak sedikit pula warganet yang penasaran dengan khodam mereka.

Cara kerja live cek khodam cukup sederhana. Kamu hanya perlu menuliskan nama di kolom komentar. Apabila beruntung dan nama kamu terbaca oleh kreator live, maka dia akan mengecek khodam yang ada dalam diri kamu. Lantas apa sih khodam itu hingga membuat banyak orang tertarik ingin mengetahuinya? Berikut brilio.net lansir dari berbagai sumber, Jumat (21/6).

Apa itu khodam?

Apa itu khodam, ciri, dan cara ceknya © 2024 brilio.net

foto: Freepik.com

Bagi beberapa orang mungkin nggak asing dengan istilah 'khodam'. Terlebih bagi masyarakat pedesaan Tanah Air sering kali mendengar istilah ini. Tak jarang pula ada segelintir orang yang masih mempercayai adanya khodam.

Menyadur dari "Master Khodam: Seni Berkomunikasi dengan Khodam Diri dan Orang lain" (2019) oleh Nur Prabawa Wijaya, secara etimologi, Khodam berasal dari bahasa Arab yang artinya pembantu, pengawal atau penjaga. Konsep ini digambarkan sebagai bagian dari diri manusia, yang tercipta secara alamiah atau proses tertentu, dan bersemayam di bawah alam bawah sadar.

Pada prinsipnya, khodam akan membentuk sosok kepribadian yang ada dalam diri seseorang. Selain itu, ada juga yang mengartikan khodam sebagai sesuatu yang berkaitan dengan makhluk gaib atau jin. Tak sampai disitu saja, khodam dimaknai sebagai suatu hubungan antara manusia dengan jin, sehingga orang yang memiliki khodam dianggap mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi dengan makhluk gaib.

Alasan khodam jadi fenomena yang ramai dibincangkan bukan sekadar hiburan semata, tetapi bagi beberapa orang percaya khodam bisa memperlancar kepentingan duniawi, yang kemudian diartikan sebagai sosok pendamping manusia.

Ciri-ciri orang yang memiliki khodam.

Apa itu khodam, ciri, dan cara ceknya © 2024 brilio.net

foto: Freepik.com

1. Punya pola pikir yang lebih dewasa.

Anak yang memiliki khodam diyakini memiliki pemikiran yang lebih dewasa, sehingga diperlakukan berbeda dari anak seusianya yang lebih bijaksana dan dewasa.

2. Memiliki kepekaan batin.

Orang yang memiliki khodam cenderung memiliki kepekaan secara batin. Mereka mampu merasakan sesuatu yang berada di sekitarnya, seperti kemampuan untuk melihat hal yang tak kasat mata.

3. Kemampuan melihat masa lalu.

Tak jarang, orang yang punya khodam memiliki kemampuan untuk melihat masa lalu yang telah terjadi. Sebab, khodam ialah makhluk yang sudah ada sejak lama dan tidak bisa dimusnahkan namun bisa diturunkan. Tak heran bila seseorang yang punya khodam pendamping akan bisa melihat masa lalu.

4. Punya rasa penasaran yang tinggi.

Ketika memiliki kepekaan batin, kamu cenderung punya rasa penasaran yang tinggi terkait bangunan bersejarah atau bahkan kisah-kisah dibalik peristiwa tersebut.

5. Punya tanda khusus.

Umumnya orang yang memiliki khodam memiliki tanpa khusus secara fisik. Misalnya ada bercak hitam atau coklat di bagian tubuh tertentu.

6. Memiliki rasa hormat yang tinggi terhadap keluarga.

Adanya khodam dalam diri seseorang memengaruhi sifat dari pemiliknya. Terlebih khodam para leluhur, maka nggak heran bila mereka selalu menghormati serta menghargai jerih payah yang telah dilakukan oleh para pendahulunya.

Cara cek khodam yang viral di Medsos.

Apa itu khodam, ciri, dan cara ceknya © 2024 brilio.net

foto: Vercel.app

Cara cek khodam yang viral di Medsos sekadar hiburan semata dan tidak bisa dijadikan rujukan nyata. Untuk mengecek khodam milik kamu, bisa dilakukan melalui website berikut:

1. Buka laman website: https://check-your-khodam.vercel.app/.

2. Selanjutnya, kamu masukan nama kamu dalam kolom "masukan namamu di sini", kemudian klik check.

3. Tunggu beberapa saat, laman akan terbuka dan menampilkan siapakah sosok kodam yang ada dalam dirimu.

4. Program cek khodam ini bisa diulangi lagi dengan memilih opsi "ulangi".

Itulah cara sederhana cek khodam yang bisa kamu lakukan. Walau banyak yang meyakini khodam adalah sosok pendamping yang memperlancar setiap kegiatan di dunia. Namun, perlu diingat bahwa hanya kepada Tuhan Yang Maha Esa-lah setiap manusia bergantung.