Brilio.net - Nama Xaviera Putri saat ini lagi hangat menjadi perbincangan publik di berbagai media sosial. Pasalnya, gadis ini tampil sebagai peserta tambahan di episode kedua Clash of Champions sebuah game show pendidikan yang diadakan oleh ruang guru. Peserta kegiatan itu diikuti oleh mahasiswa berprestasi dari berbagai universitas di Indonesia maupun luar negeri.

Banyak yang mengagumi penampilan Xaviera pada kegiatannya tersebut. Dengan kecerdasan yang ia punya, pertanyaan demi pertanyaan mampu dijawab dengan mudah. Bahkan belum selesai soal dibacakan, Xaviera susah langsung menekan lonceng.

ini sosok Xaviera di COC © Instagram

foto: Instagram/@xavieraaputri

Atas kepintarannya itu, lantas banyak yang penasaran siapa sebenarnya sosok Xaviera Putri ini. Mau tahu lebih lanjut? Simak artikel ini hingga selesai. Berikut sosok Xaviera yang dihimpun oleh brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (11/7).

1. Berusia 23 tahun

Wanita yang tampil menakjubkan di ajang COC tersebut memiliki nama lengkap Xaviera Putri Ardianingsih Listy. Ia lahir di Jakarta pada 26 Agustus 2001. Saat ini usianya telah menginjak 23 tahun.

2. Pendidikan Xaviera

Saat ini, Xaviera sedang menempuh pendidikan di Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST). Ia mengambil gelar ganda di jurusan Ilmu Komputer dan Manajemen Teknologi Bisnis. Diketahui, ia berkuliah melalui beasiswa dari pemerintah Korea Selatan.

Xaviera telah merantau ke Negeri Gingseng rupanya sejak 8 tahun yang lalu. Di umurnya ke-15, wanita ini memilih menempuh pendidikan SMA di Korea Science Academy of KAIST.

ini sosok Xaviera di COC © Instagram

foto: Instagram/@xavieraaputri

3. Aktif sebagai konten kreator

Sebelum terkenal karena aksi memukaunya di COC, Xaviera juga diketahui aktif sebagai konten kreator. Ia sering membagikan kehidupannya menjalani hari sebagai pelajar di Korea Selatan.

4. Adik dari Belva Devara pendiri Ruang Guru

Lebih jauh mengenal Xaviera, ternyata ia adalah anak bungsu dari tiga bersaudara. Siapa sangka, ia merupakan adik dari Sabrina Anggraini yang merupakan istri dari Belva Devara pendiri dari Ruang Guru.

5. Sederet prestasi Xaviera

Sebelum mengikuti COC, Xaviera memang dikenal dengan sosok yang berprestasi. Ia sejak kecil mengaku sudah gemar dengan matematika. Tidak juga di dalam negeri, ia juga sering mengikuti lomba-lomba di level internasional.

Diketahui, Xaviera merupakan pemenang pertama dalam DCAMP Global Starup Match tahun 2022. DCAMP sendiri merupakan startup inkubator terbesar di Korea Selatan. Selain itu, ia juga pernah memenangkan kompetisi di ajang SAP University Alliance Challenge tahun 2022.

ini sosok Xaviera di COC © Instagram

foto: Instagram/@xavieraaputri

Tentu tak hanya itu, Xaviera juga memenangkan International Debate: PIONEERS 2071 yang diselenggarakan oleh KAIST. Karena prestasi-prestasi tersebut, wajar bila sejak SMA sampai kuliah ia mendapat beasiswa. Terlebih pas lulus SMA, Xaviera mendapat Academic Honors yang hanya diberikan kepada lulusan-lulusan terbaik.

6. Penulis buku

Wanita berusia 23 tahun ini juga memiliki pengikut yang banyak di sosial medianya. Xaviera juga telah menerbitkan sebuah buku berjudul "Kimchi Confessions". Isi buku tersebut adalah menceritakan pengalamannya selama menjadi siswa SMA di Korea Selatan.

7. Kejar beasiswa karena tidak ingin menyusahkan orang tua

Xaviera mengaku, kecerdasannya saat ini ia dapatkan karena juga hasil kerja keras keluarganya. Kedua orang tua rela kerja siang malam hanya untuk membiayai pendidikan ia dan dua orang kakak. Hingga pada akhirnya, Xaviera menemukan cara mencari kesuksesan tanpa membuat orang tua susah lewat beasiswa.

"Orang tua aku tu jungkir balik banget buat kita, mereka bisa kerja pagi malem, dan uangnya itu selalu dipakai buat anak-anaknya," ujar Xaviera dalam podcast bersama Denny Sumargo.