Brilio.net - Kaesang Pangarep dan Erina Gudono baru saja mengadakan tasyakuran 7 bulanan dan tingkeban pada Sabtu (10/8). Acara tersebut digelar di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Dari sejumlah foto dan video yang dibagikan, acara mitoni kehamilan menantu Presiden Jokowi tersebut mengusung adat Jawa. Selain tema adat yang kental, kemewahan begitu terasa lewat dekorasi hingga penampilan si empunya acara.

Dalam acara yang berlangsung dengan khidmat tersebut, Erina mengenakan busana kebaya kutu baru bermotif floral yang cerah dipadu bawahan kain batik. Kebaya tersebut semakin istimewa dengan detail brokat di sepanjang kerah dan beberapa bagian kain.

mitoni Erina Gudono Selvi © berbagai sumber

foto: Instagram/@erinagudono

Rupanya busana Erina untuk acara mitoni tersebut merupakan hasil karya desainer Didiet Maulana. Tak heran bila Erina yang baby bump-nya semakin kentara di usia kehamilan 7 bulan sangat cocok dikenakan kebaya cantik ini.

Selain itu, yang membuat acara ini semakin spesial adalah kehadiran sejumlah selebriti Tanah Air yang turut memeriahkan suasana. Aurel Hermansyah, Beby Tsabina, Kiky Saputri, hingga Sabrina Chairunnisa terlihat hadir, memberikan sentuhan glamor pada acara yang sarat makna budaya ini.

mitoni Erina Gudono Selvi © berbagai sumber

foto: Instagram/@kikysaputrii

Namun, kemewahan dari mitoni Erina Gudono ini sangat berbeda dengan prosesi mitoni Selvi Ananda, istri dari putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming. Saat itu, mitoni Selvi digelar dengan sederhana.

mitoni Erina Gudono Selvi © berbagai sumber

foto: Liputan6.com

Pada tahun 2015, saat kehamilan Selvi Ananda memasuki usia 7 bulan, keluarga Jokowi memilih untuk menggelar acara mitoni di kediaman pribadi mereka di Solo. Tak ada dekorasi yang wah selain ornamen bunga penghias kediaman. Sebuah tenda berwarna putih juga dipasang di depan rumah Jokowi.

Tamu yang hadir pun terbatas, hanya keluarga inti presiden termasuk dua adik Gibran yaitu Kahiyang dan Kaesang. Ada pula kerabat dekat dan beberapa tokoh lokal seperti Wali Kota Solo terpilih saat itu, FX Hadi Rudyatmo, dan wakilnya, Achmad Purnomo.

mitoni Erina Gudono Selvi © berbagai sumber

foto: Liputan6.com

Meskipun sederhana, mitoni Selvi tetap kental dengan nilai-nilai tradisi Jawa yang dijunjung tinggi oleh keluarga. Selain sungkeman, prosesi upacara mitoni juga dilakukan dengan siraman, membelah kelapa muda, dan lainnya.