Brilio.net - Pernikahan Aditya Zoni dan Yasmine Ow yang telah dibina sejak tahun 2021 kini telah resmi berakhir. Pengadilan Agama (PA) Cibinong, Jawa Barat secara resmi mengabulkan gugatan cerai Yasmine Ow terhadap Aditya Zoni pada 24 September 2024 lalu.

Pasca perceraian, hak asuh anak semata wayang mereka jatuh ke tangan Yasmine Ow. Meski demikian, Aditya Zoni mengaku ikhlas dan tetap bersyukur atas keputusan tersebut.

Aditya Zoni memiliki satu permintaan khusus terkait anak mereka yang bernama Zen. Ia berharap Zen tetap tinggal di Indonesia dan tidak pindah kewarganegaraan.

"Yang penting Zen masih tetap tinggal di Indonesia. Itu aja sih yang saya minta karena memang Zen anak Indonesia, orang Indonesia, lahir di Indonesia. Jadi yang saya minta jangan pindah kewarganegaraan sih," ungkap Aditya, dikutip brilio.net dari TikTok @lambe_kiss pada Selasa (15/10).

Aditya Zoni ikhlas hak asuh anak jatuh pada Yasmine Ow, ajukan satu permintaan pada mantan istri

foto: Instagram/@real_aditya1

Aditya Zoni menerima keputusan hak asuh Zen yang jatuh ke tangan mantan istrinya. Ia tetap bersyukur karena Yasmine tidak membatasi akses Aditya untuk bertemu dengan anaknya.

Aktor tersebut menyadari pentingnya peran ayah dalam tumbuh kembang Zen. Ia berharap tetap dapat memberikan didikan kepada putranya meski tidak tinggal bersama.

"(Hak asuh) jatuh di tangan ibunya, tapi nggak apa-apa. Yang penting dari pihak Yasmine tidak ada membatasi. Alhamdulillah, itu yang saya syukuri. Gimana pun juga, Zen butuh didikan dari bapaknya," tutur Aditya.

Aditya Zoni tidak keberatan jika Zen sesekali berkunjung ke Malaysia. Ia memahami bahwa Malaysia juga merupakan kampung halaman Zen dari pihak ibunya.

Aktor tersebut mengizinkan anaknya untuk berlibur ke Malaysia dalam jangka waktu tertentu. Ia menganggap hal tersebut sebagai bagian dari hubungan Zen dengan keluarga besarnya.

"Yasmine nggak balik ke Malaysia. Tapi kan kalau di Malaysia ada keluarganya juga, rumahnya juga. Kalau Zen balik ke Malaysia juga nggak apa-apa kan kampungnya dia. Seminggu, dua minggu, sebulan nggak apa-apa di Malaysia," jelas Aditya.

Aditya Zoni menerima keputusan perceraian dengan lapang dada. Ia menyadari bahwa dirinya dan Yasmine tetap memiliki tanggung jawab sebagai orang tua Zen.

Keduanya sepakat untuk tetap memberikan kasih sayang kepada anak mereka meski sudah berpisah. Aditya berkomitmen untuk menjalankan perannya sebagai ayah dengan baik.

Aditya Zoni ikhlas hak asuh anak jatuh pada Yasmine Ow, ajukan satu permintaan pada mantan istri

foto: Instagram/@yxsmine.ow

"Alhamdulillah sudah selesai juga kita, keputusan dari hakim kita akhirnya bercerai. Kita memutuskan untuk memisahkan diri dulu, karena menurut saya kami berdua tetap orang tua dari Zen. Jadi kita wajib dan harus memberikan kasih sayang kepada Zen," ungkap Aditya.

Aditya Zoni dan Yasmine Ow memutuskan untuk tidak membuat perjanjian tertulis terkait pengasuhan Zen. Mereka sepakat untuk menjalankan pengasuhan bersama secara fleksibel tanpa aturan yang mengikat.

Keduanya ingin memastikan Zen tetap bisa bertemu kedua orang tuanya kapan saja. Aditya diberi keleluasaan untuk menemui dan mengajak Zen bermain sesuai dengan jadwalnya.

"Sempet waktu itu kita mau merencanakan perjanjian, tapi setelah dipikir-pikir dengan surat-surat doang, gitu. Jadi nggak usahlah, nggak usah ada peraturan. Mau ketemu kapan aja silakan, mau bawa Zen kapan aja silakan," jelas Aditya.

Meski jadwalnya padat dengan syuting, Aditya Zoni tetap berusaha meluangkan waktu untuk Zen. Ia memanfaatkan momen kebersamaan dengan anaknya semaksimal mungkin.

"Main bareng sih, kalau misalkan saya, saya kan lagi syuting. Jadi waktunya nggak terlalu banyak kayak kemarin-kemarin. Waktu ketemu Zen ya kita main bareng, kita tidur bareng," tutur Aditya.

Aditya Zoni menegaskan komitmennya untuk tetap memberikan nafkah kepada Zen. Ia menyadari tanggung jawabnya sebagai seorang ayah untuk memenuhi kebutuhan anaknya.

"Untuk nafkah pasti, karena itu kan tanggung jawab saya. Nafkah lahir dan batin buat Zen, ya," tutup Aditya.