Brilio.net - Sarwendah kini menghadapi tantangan baru sebagai orang tua tunggal setelah Pengadilan Agama Jakarta Selatan mengabulkan gugatan cerainya dengan Ruben Onsu secara verstek pada 24 September 2024. Hak asuh ketiga anak mereka, Betrand Peto, Thalia, dan Thania jatuh ke tangan Sarwendah.

Dalam peran barunya sebagai single parent, Sarwendah tidak hanya harus memikirkan bagaimana mengasuh ketiga anaknya. Ia juga memastikan mereka belajar bertanggung jawab, terutama dalam hal keuangan.

Saat berbincang dengan Kiky Saputri dalam sebuah podcast di YouTube, Sarwendah secara terbuka mengungkapkan bagaimana ia mengatur uang jajan untuk putranya, Betrand Peto atau akrab disapa Onyo. Sarwendah mengatakan bahwa Onyo diberi uang jajan setiap bulan, bukan harian seperti anak-anak pada umumnya.

"Nggak sehari sih, aku kasih dia bulanan," ungkapnya dikutip brilio.net dari kanal YouTube Kiky Saputri Official, Selasa (15/10).

Sarwendah ungkap jatah bulanan Betrand Peto © berbagai sumber

foto: YouTube/Kiky Saputri Official

Kiky yang penasaran langsung bertanya soal jumlah uang jajan tersebut.

"Bulanan? Berapa Ci? Seharga motor?" tanya Kiky dengan nada bercanda.

Sarwendah langsung membantah anggapan itu. Menurutnya, uang jajan yang diberikan kepada Onyo setara dengan Upah Minimum Regional (UMR) Jakarta, yaitu sekitar Rp 5 juta.

"Nggak (seharga motor) lah, maksudnya aku itu bulanan yang udah pasti gitu, terus misalnya dia ada job-job lain atau apa, itu udah duit pegangannya dia sendiri," jelas Sarwendah.

"Pokoknya udah UMR lah uang jajannya dia," jelasnya.

Sarwendah ungkap jatah bulanan Betrand Peto © berbagai sumber

foto: Instagram/@betrandpetoputraonsu

Uang tersebut, lanjut Sarwendah, hanya digunakan untuk jajan sehari-hari. Tidak termasuk keperluan lain seperti bensin atau biaya e-tol.

"Dan menurut aku uang jajannya dia nggak termasuk bensin, e-tol, apapun itu kagak ada, buat jajannya dia doang," katanya.

Wanita 35 tahun ini ingin putranya belajar tanggung jawab dengan mengelola uang jajan yang diberikan. Melalui cara ini, ia berharap Onyo dapat memahami pentingnya manajemen keuangan sejak dini.

"Aku ngajarin dia gimana cara manage duit dulu, jadi dia tanggung jawab dengan uang dia dulu gitu lho," paparnya.

Meski begitu, Sarwendah mengizinkan putranya untuk mengakses uang tambahan dari pekerjaannya, sehingga Onyo dapat mengatur keuangannya sendiri. Dengan memberikan keleluasaan ini, ia ingin anaknya memahami bahwa semua penghasilan adalah haknya dan mendorongnya untuk bertanggung jawab atas keputusannya.

"Nah kalau misalnya di luar itu kan ya dia mau minta duit yang dia syuting atau apa ya dia bisa ambil sendiri, kan itu juga semua ATM di dia, haknya dia," ujar Sarwendah.

Sarwendah ungkap jatah bulanan Betrand Peto © berbagai sumber

foto: YouTube/Kiky Saputri Official

Sarwendah berharap Onyo dapat belajar mengelola uangnya dengan bijak dan bertanggung jawab. Ia menekankan bahwa jika orang lain bisa hidup dengan jumlah uang yang sama, Onyo pun seharusnya mampu mengatur keuangannya sendiri.

"Jadi ya terserah dia, cuma ini udah, Onyo pikirkan sendiri, masak orang lain bisa hidup dengan segini, Onyo nggak bisa, aku cuma kayak gitu kadang," pungkasnya.