Brilio.net - Saaih Halilintar mendadak menjadi sorotan dari para penyayang burung karena konten di akun TikTok-nya. Anggota keluarga Gen Halilintar itu dianggap membahayakan kehidupan burung karena keputusannya melepasliarkan.

Konten video itu awalnya merekam Saaih yang sedang jogging di pinggir jalan. Adik dari Atta Halilintar itu kemudian berhenti di depan toko yang menjual burung peliharaan. Saaih kemudian mengeluarkan selembar uang Rp50 ribu untuk membeli burung jenis lovebird yang memiliki warna kombinasi kuning dan hijau.

Setelah membeli, Saaih kemudian melepaskan burung lovebird itu ke alam bebas. Aksi Saaih Halilintar itu kemudian viral dan dibanjiri komentar bernada hujatan. Warganet mengkritik tindakan Saaih, karena burung jenis lovebird biasa hidup di dalam kandang dan tidak terbiasa hidup di alam bebas.

klarifikasi Saaih lepas love bird © berbagai sumber

foto: TikTok/@saaihalilintar

Atas tindakannya yang memicu kontroversi itu, Saaih justru menanggapinya secara positif dan tenang. Dia mengaku sengaja melakukannya dengan alasan kasihan pada burung itu.

"Itu karena lebih ke kasihan sih sama burungnya," ujar Saaih saat menjadi bintang tamu di acara FYP.

Ia merasa kerap kasihan ketika melihat burung-burung yang ada di dalam sangkar. Baginya, burung seharusnya terbang bebas di alamnya.

"Jujur ya aku itu pencinta animal banget. Jadi kasihan aja ngelihat burung di dalam sangkar," ungkapnya.

klarifikasi Saaih lepas love bird © berbagai sumber

foto: Instagram/@saaihalilintar

Sementara itu, Irfan Hakim yang juga pencinta hewan turut mengomentari viralnya pemberitaan tentang Saaih Halilintar yang melepaskan lovebird ke alam bebas. Menurut pria 48 tahun, niat Saaih sebenarnya baik, tapi keputusan melepas lovebird yang tidak sesuai dengan habitatnya kurang tepat.

Suami Della Sabrina Indah Putri ini pun memberikan pemahaman untuk Saaih Halilintar. Ia mengatakan burung asal Afrika ini tidak boleh sembarang dilepas begitu saja ke alam bebas.

"Niatan dari Saaih itu sangat bagus, karena agar burung bisa terbang bebas dengan semestinya. Namun, yang dilepas oleh Saaih adalah burung lovebird. Di mana, burung itu tidak bisa dilepaskan di Indonesia tetapi harus dilepaskan di habitat aslinya. Untuk lovebird itu berasal dari Afrika tepatnya di Madagaskar," jelas Irfan.

klarifikasi Saaih lepas love bird © berbagai sumber

foto: Instagram/@irfanhakim75

Adik ipar Aurel Hermansyah tersebut mengakui memang kurang mengetahui perihal lovebird tidak boleh dilepas ke alam bebas. Namun, sebelum melepaskan burung tersebut, ia mengaku sudah lebih dulu bertanya dengan orang yang menjualnya.

"Aku sebenernya nggak tahu tapi aku tanya sama orang penjualnya ini boleh dilepas nggak, kata dia aman kalau mau dilepas," jawab Saaih.

Lalu, Irfan Hakim menjelaskan kembali kalau lovebird tidak bisa sembarangan dilepaskan ke alam liar. Alasannya karena bisa membahayakan burung itu sendiri dan lingkungan hewan di sekitarnya.

"Intinya bukan karena burung harus disangkar tapi memang ada beberapa burung yang harus disangkar. Gue punya burung yang nggak bisa terbang dari lahir tapi dia tetap punya hak untuk bisa terbang," tandas sang presenter.