Brilio.net - Selebgram bernama Lula Lahfah tengah menjadi buah bibir di jagat dunia maya. Perempuan berusia 25 tahun ini mendapat kecaman karena membawa pod atau rokok elektrik saat menunaikan ibadah umrah di Tanah Suci. Dia bahkan sempat diteriaki 'haram' oleh anak-anak di Madinah.

Awalnya, Lula Lahfah menceritakan pengalaman tak terduganya lewat Instagram Story. Saat itu dirinya tengah jalan-jalan di Madinah. Namun, tiba-tiba ada anak-anak yang meneriakinya dengan kata-kata 'Haram'.

"Aku tb tb diteriakin gitu sama anak kecil haram haram! haram," ujarnya seperti dikutip brilio.net dari akun TikTok @_milliecat.

Lula Lahfah kaget bukan main karena baru pertama kali mengalami kejadian seperti itu. Usut punya usut, dia diteriaki haram karena memegang rokok elektrik di Madinah.

"terus aku bingung kenapa kok aku dibilang haram, ternyata karena aku pegang pod aaa," ujarnya.

Lula Lahfah pegang pod di Tanah Suci © berbagai sumber

Lula Lahfah pegang pod di Tanah Suci
TikTok/@_milliecat

Sahabat Awkarin ini mengaku bahwa dia tidak tahu bahwa di Tanah Suci pemakaian rokok elektrik sangat jarang sehingga bagi orang lokal tersebut tampak haram. Lula Lahfah juga menegaskan bahwa dirinya hanya memegang pod bukan tengah menghisap.

"Aku tu cuma megang nggak hisap. Aku nggak tahu kenapa dibilang haram, tapi ternyata dikasih tau ada orang disitu rokok pods atau gitu-gitu jarang jadi dibilang haram," jelasnya.

Kendati demikian, penjelasan Lula Lahfah tersebut malah memunculkan emosi warganet. Lula dinilai tak bisa menghargai serta menganggap remeh ibadah umrah. Terlebih dia malah tertawa-tawa daripada introspeksi diri saat diperingatkan anak-anak tersebut.

"Lu umrah ke tanah suci tuh pake attitude, ga nge pod selama disana emg bikin lo mati?" komentar @_zakizuk

"nalar nya ga sampe emang kak? masa bawa gituan ke tempat ibadah," kata @tihdumpiee

"woy lah banyak org mati matian pen umroh dengan niat ibadah, lah lu bukannya ibadah malah ngepod," @secc2_rilll

"dah haram di tegur malah ngakak mana dipost di media rip otak waras," kata @melqueeenn

"Definisi mempermalukan diri sendiri..!! Trus gak malu loh mbaknya sampe ditegur anak kecil. Anak kecil aja tau perbuatan lu salah, gak BERADAB!! Minimal hargai hijab yg lagi lu pake, kalo lu gak bisa harga ibadah lu di tanah suci," tulis @ayukhoirunita

Usai mendapat cibiran dari netizen, Lula Lahfah pun memberikan klarifikasi. Dia meminta maaf dan mengakui apa yang dilakukannya tidak terpuji dan terkesan kurang menghargai Tanah Suci. Lula juga menyebut, kejadian ini menjadi pengalaman berharga bagi dirinya.
 
"Aku nggak tahu. Maaf ya ini jadi pembelajaran banget," tulis Lula dalam unggahan terbarunya di Instagram Story.

Lula kemudian menceritakan kronologi sebenarnya agar tak menimbulkan kesalahpahaman. Meski mengaku tak menggunakan pod di area dalam ataupun pelataran masjid, melainkan di luar jalanan dan ruko-ruko, dia tetap tak membenarkan perilaku khilafnya tersebut.
 
"Aku mau ngasih tahu juga kejadiannya, aku nggak ngepod di dalam atau plataran masjid. Kejadiannya di ruko ruko gitu, tapi ini juga tidak menjustifikasi perbuatan aku," tuturnya.

Lula Lahfah pegang pod di Tanah Suci © berbagai sumber

Lula Lahfah pegang pod di Tanah Suci
Instagram/@lulalahfah

Lebih lanjut, Lula Lahfah yang baru pertama kali menjalankan umrah merasa mendapatkan banyak pelajaran dari perjalanan ibadahnya ini. Dia pun mengucapkan rasa terima kasihnya kepada warganet yang telah memberikan peringatan dan pembelajaran kepadanya tentang hal-hal yang tidak diketahuinya.

"Alhamdulillah ini umroh pertama aku dan belajar banyak banget dari sini. Makasih buat semuanya yang udah ngingetin yaaa," tandasnya.